Select Page

Hingga saat sekarang ini, bisnis alat tulis masih saja menjanjikan untuk dijalankan. Hal ini dikarenakan hampir semua kalangan masih membutuhkan yang namanya peralatan tulis, mulai dari buku, pena, bahkan yang lainnya. Hal inilah yang membuat jenis usaha yang satu ini cukup menjanjikan ketika ditekuni.

Membuka usaha yang menjual segala macam peralatan alat tulis dapat terkategori ke dalam usaha yang menguntungkan. Hal ini dapat dikaji dari orang yang membutuhkannya, mulai dari mahasiswa, sekolah, kantor, online shop, bahkan orang rumahan sekalipun. Sebab itu, dapat dipastikan bahwa usaha ini cukup menjanjikan dan tidak terkikis oleh tren.

Selain itu usaha jenis ini juga memiliki peluang lebih besar dalam mendatangkan penghasilan, karena barang yang diperdagangkan tidak bisa basi. Sebab itu, kerugian akibat barang tidak bisa dijual dalam jangka waktu dekat bisa dihindari. Tak sama dengan usaha kuliner yang mesti dijual dalam tempo dekat, jika tidak akan basi sehingga produk tidak bisa di jual kembali.

Mengenal Apa itu Usaha ATK

Gambar Usaha ATK Rumahan

Sebelum membahas lebih jauh tentang ATK, sebaiknya kita membahasa dulu tentang apa itu ATK? Bagi sebagian orang nama tersebut mungkin cukup asing, hal itu wajar karena ATK merupakan sebuah singkatan dari Alat Tulis Kantor. Namun ketika sudah mengetahui kepanjangannya, maka kamu pasti sudah mengerti arah usaha ini ke mana.

Sesuai dengan namanya, ATK (Alat Tulis Kantor) merupakan sebuah usaha yang menjual seluruh perlengkapan tulis perkantoran. Produk dari usaha ini biasanya berupa kelengkapan tulis seperti buku, pena, penggaris, kertas, pensil warna, hingga benda-benda kecil seperti klip.

Walaupun nama dari usaha ini berpatokan kepada kantor, bukan berarti konsumennya hanya sebatas orang kantoran. Konsumen dari usaha ini juga datang dari semua kalangan yang membutuhkan alat tulis, seperti mahasiswa, siswa, bahkan ibu rumah tangga.

Keuntungan Membuka Usaha ATK Rumahan

Peluang Usaha ATK Rumahan

Pada dasarnya usaha ATK ini dibagi ke dalam dua kategori yaitu kelas besar dan kelas rumahan. Untuk usaha kelas besar biasanya sudah bisa dikatakan sebagai grosiran dan tentu membutuhkan modal yang besar untuk menjalankannya.

Selain itu dalam kelas besar ini biasanya barang yang diperjualbelikan juga banyak dan terbilang lengkap. Berbeda dengan usaha ATK rumah yang kelasnya lebih kecil dan barang yang diperjualbelikan juga terbatas pada yang perlu saja.

Keuntungan dari menjalakan usaha ATK rumahan ialah tidak dibutuhkannya modal yang terlalu besar ketika mendirikan usaha. Selain itu, usaha jenis ini juga minim risiko karena produk yang dijual dapat bertahan lama. Sifat barang yang tahan lama inilah yang membuatnya sangat bagus dijalankan oleh pengusaha baru yang minim modal.

Bukan hanya itu, menjalankan usaha jenis ini juga tidak membutuhkan keahlian khusus. Selain bisa menghitung uang dan mengelolanya, pekerjaan pada usaha ini hanyalah sebatas membuka dan menutup toko saja. Sehingga membuat siapa saja dapat menjalankan usaha ATK ini.

Cara Menjalankan Usaha ATK Rumahan Agar Menuai Hasil Bagus

Jual beli alat tulis antor

Bagaimanapun dalam menjalakan usaha, tentu orang membutuhkan yang namanya keuntungan. Akan sia-sia sebuah usaha dijalankan ketika tidak dapat memberikan penghasilan bahkan mendatangkan kerugian. Semua orang yang membuka usaha tentu tidak menginginkan hal ini terjadi.

Sebab dari itu, yang namanya membuka sebuah usaha tentu perlu pengetahuan dasar dalam menjalakan usaha tersebut agar tidak merugikan. Sebab itu, berikut ini tips dan cara menjalankan usaha ATK rumahan supaya mendapatkan untung :

1. Pilihlah Lokasi Strategis

Dalam menjalankan sebuah usaha, menentukan lokasi toko merupakan hal wajib yang harus dipertimbangkan. Walaupun kamu berkeinginan membuka usaha sekelas rumahan, namun jika rumahmu jauh dari pemukiman dan tidak ada instansi di sana juga akan sulit.

Bagaimanapun juga, usaha alat tulis tetap membutuhkan konsumen yang produktif agar dapat berjalan. Sebab itu, sangat disarankan bagi kamu untuk mendirikan usaha jenis ini di lokasi yang padat penduduk. Setidaknya terdapat sebuah kantor atau sekolah di sana. Walaupun demikian, bukan berarti Anda tidak bisa menjalankan usaha ini ketika mendapatkan kondisi rumah yang kurang strategis.

Jika anda memiliki lokasi rumah yang kurang strategis dan tetap ingin membuka usaha jenis ini, maka solusi satu-satunya yang bisa dipakai ialah menjualnya secara online. Namun untuk dapat menjalakan usaha dengan cara tersebut, dibutuhkan keahlian tambahan dalam mempromosikan produk.

2. Kelengkapan Barang Jualan

Walaupun Anda membuka usaha sekelas rumahan, akan tetapi tetap pastikan bahwasanya barang yang Anda jual lengkap. Sekurang-kurangnya, toko yang dijalankan harus memiliki semua barang yang berkemungkinan cepat terjual, walaupun barang tersebut berjumlah sedikit.

Tujuannya agar saat pembeli datang, mereka bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan sehingga berkemungkinan akan kembali lagi. Soal jumlah barang yang ada, Anda dapat mengatasinya dengan cara membeli kembali ketika stok sudah mulai menipis atau habis.

Untuk usaha jenis ATK sendiri, barang yang Anda butuhkan setidaknya ada buku tulis, pulpen, pensil, penghapus, penggaris, kertas HVS, kertas polio, kwitansi, nota, meterai, dan Alan kecil lainnya.

3. Atur Waktu dan Jumlah Barang yang Dibeli

Dalam usaha rumahan yang notabene memiliki barang dengan kapasitas kecil, mengatur waktu dalam membeli barang serta jumlah yang akan dibeli merupakan kunci supaya usaha tetap terlihat hidup. Sebagai pemilik usaha, Anda harus bisa memperhitungkan kapan harus membeli barang kembali berdasarkan perputaran barang yang terjadi di toko.

Jika barang di toko Anda biasa habis dalam jangka waktu dua minggu, maka Anda harus melakukan pembelian barang dalam rentang waktu tersebut. Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh membeli barang dalam jangka waktu cepat. Jika barang memang sudah hampir habis,  maka segera lakukan pembelian. Hal terpentingnya jangan pernah membeli ketika barang di toko Anda benar-benar habis.

3. Penampilan Toko

Ketika membuka usaha yang berjualan sebuah barang, maka penampilan toko merupakan satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Penampilan toko berhubungan dengan bentuk dan barang yang Anda jual, supaya dapat diketahui orang lain yang berkemungkinan menjadi konsumen.

Ada beberapa orang yang memiliki sifat malas bertanya ketika ingin membeli suatu barang, sehingga mereka hanya akan membeli di toko yang terlihat jelas adanya barang yang akan dibeli. Sebab itu, dalam menyusun barang usahakan semua yang dijual dapat terlihat dari luar, agar orang tidak perlu bertanya ketika datang membeli.

Selain itu, penataan toko alat tulis kantor yang bagus juga dapat mengundang keinginan orang dalam membeli sesuatu. Contohnya saja ada pelanggan yang datang hanya untuk membeli buku, namun karena melihat pena yang dia inginkan, muncullah keinginannya dalam membeli barang tersebut walaupun pada saat itu dia belum membutuhkannya.

4. Tentukan Supplier yang Tepat

Apapun jenis usahanya, supplier merupakan kunci utama dalam menentukan sebuah harga. Jika mendapatkan supplier dengan harga barang tinggi, maka akan sulit untuk menentukan nilai jual barang. Sebab itu ketika ingin membuka usaha, kamu harus pintar-pintar dalam mencari supplier agar bisa menjual barang sesuai harga pasaran.

Kesalahan dalam memilih supplier akan membuat keuntungan dari barang yang Anda jual akan semakin sedikit. Jika menaikkan harga dan lebih mahal dari orang lain, bisa jadi pelanggan akan lari dari toko Anda. Begitu pentingnya memilih supplier yang tepat ketika membuka sebuah usaha agar bisa berjalan dengan baik.

4. Ramah Pada Pembeli yang Datang

Ketika membuka usaha, adakalanya orang yang datang tidak membeli apa-apa karena barang yang mereka cari tidak ada. Walaupun demikian, Anda harus bisa bersikap ramah kepada semua pelanggan yang datang.. Dengan bersikap ramah inilah, pelanggan yang datang menjadi senang dengan pelayanan sehingga membuatnya berkeinginan untuk datang kembali di waktu mendatang.