Select Page

Pasar malam merupakan salah satu tempat hiburan yang banyak digemari oleh anak-anak. Keberadaan pasar malam ini menjadi kebutuhan karena berperan sebagai pusat hiburan. Biasanya pasar malam diadakan di alun-alun atau pusat kota yang sepanjang jalannya dilalui oleh banyak orang.

Karena itulah, berjualan mainan mainan anak-anak di pasar malam menjadi salah satu usaha yang tampak menggiurkan untuk dicoba. Pengunjung pasar malam yang rata-rata adalah orang yang sudah berkeluarga dan anak-aak, membuat usaha mainan di pasar malam sangat menjanjikan.

Mengingat pasar malam sering diadakan pada hari-hari tertentu, membuat kegiatan ini bisa dijalankan sebagai usaha sampingan. Jika Anda memiliki memiliki pekerjaan tetap di siang hari, Anda tetap bisa menjalankan usaha berjualan mainan anak-anak di pasar malam tanpa mengganggu pekerjaan tetap Anda.

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mulai Menjalankan Usaha Mainan Anak di Pasar Malam

Usaha mainan anak di pasar malam terbilang cukup aman dijalankan. Pasalnya. Usaha ini tidak memerlukan banyak modal untuk menjalankannya dan tidak ada barang yang bisa basi.

Jika barang yang diperjualkan tidak habis dalam satu malam, masih ada malam-malam selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk menjual barang tersebut. Hal ini juga menjadi usaha yang tidak menguras tenaga, karena tidak ada desak untuk melariskan barang yang ada.

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin memulai usaha mainan anak di pasar malam :

1.Pelajari Terlebih Dahulu Situasinya

Sebelum memulai usaha pada pasar malam, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari terlebih dahulu situasi pasar malam tersebut. Untuk mempelajari situasinya, Anda dapat mendatangi dulu pasar malam yang ingin dijadikan sebagai tempat usaha.

Cari tahu bagaimana cara berjualan di sana, berapa uang sewa, mainan apa saja yang sudah dijual, serta potensi yang bisa didapatkan. Karena pengunjung pada pasar malam sering tidak menentu, sebab itu orientasi sangatlah penting.

Walaupun pasar malam menjanjikan pengunjung yang ramai, bukan berarti pasar malam juga menjanjikan penjualan yang banyak. Ada kalanya pengunjung hanya datang untuk melihat-lihat saja. Oleh sebab itu, Anda harus bisa mencari tempat yang strategis untuk berjualan.

2.Konsisten Dengan Usaha yang Dijalankan

Kecenderungan pasar malam yang seperti sirkus, membuat pasar malam hanya berada di suatu tempat beberapa saat saja. Oleh karena itu, sebagai penjual mainan anak di pasar malam, Anda harus bisa konsisten agar usaha Anda cepat dikenal.

Jika Anda menjadikan pasar malam sebagai usaha rutin, tentunya Anda harus bisa berpindah-pindah tempat seperti yang lainnya. Namun jika Anda hanya pengusaha musiman di pasar malam, maka Anda harus konsisten dalam berjualan.

Pada awalnya, setiap usaha pasti belum dikenal oleh banyak orang. Sebab itu, konsisten dalam berusaha menjadi salah satu kunci untuk membuat usaha lebih dikenal. Ketika usaha Anda mulai dikenal, maka pembeli juga akan berdatangan.

3.Perhatikan Jenis Mainan yang Diperjualkan

Ketika ingin berjualan mainan di pasar malam, jenis mainan yang akan Anda dijual juga harus diperhatikan. Ada beberapa mainan yang bisa dijual, namun ada juga mainan yang bisa disewakan. Anda dapat menyediakan dua jenis mainan ini untuk menarik perhatian banyak orang.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan mainan apa saja yang sudah dijual oleh orang lain. Walaupun mainan tersebut sudah ada yang menjual, bukan berarti Anda tidak boleh menjualnya juga. Akan tetapi menjual mainan dengan variasi yang berbeda dapat meningkatkan tingkat penjualan.

Baca Juga : Analisa Usaha Ayam Joper 1000 Ekor

Jenis Mainan Anak yang dapat Dijual Dan Disewakan Pada Pasar Malam

Berbicara tentang mainan tersebut, berikut beberapa jenis mainan yang umum dijual dan disewakan di pasar malam :

1.Mainan Memancing Ikan

Permainan yang satu ini pada umumnya sangat ramai dikerumuni oleh anak-anak. Mainan ini biasanya disewakan dengan harga Rp 2.000 sampai dengan Rp 5000.

Konsep dari permainan ini adalah membebaskan anak-anak untuk memancing ikan mainan bermagnet pada kolam mini. Biasanya anak-anak yang mendapatkan ikan dengan jumlah tertentu akan diberikan hadiah. Akan tetapi ada juga penyedia permainan yang berbaik hati dan selalu memberi hadiah kepada anak yang menyewa mainannya.

2.Pasir Mainan

Ini adalah mainan berjenis pasir berwarna-warni yang cara bermainnya adalah dengan mencetak bentuk. Permainan ini juga menjadi salah satu permainan yang digemari oleh banyak anak-anak. Biasanya penjual mainan menyediakan bangku serta meja tempat anak-anak mencetak pasir mainan.

Berbeda dengan mainan memancing ikan, pasir mainan ini boleh dibawa anak pulang. Sedangkan untuk harganya sendiri, biasanya pasir mainan di pasar malam di patok dengan harga Rp 5.000

3.Odong-Odong Mini

Ini merupakan salah satu jenis permainan yang banyak digemari oleh anak-anak di pasar malam. Namun untuk dapat menyediakan permainan ini, Anda membutuhkan modal yang lumayan. Akan tetapi ketahanan dari mainan ini membuat modal yang dikeluarkan sepadan bahkan lebih.

Namun jika Anda memang tidak memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyewa odong-odong untuk disewakan kembali. Akan tetapi ada konsekuensi yang harus Anda tanggung ketika menyewa odong-odong, yaitu hasil yang didapatkan dibagi dua dengan pemiliknya.

Konsep permainan odong-odong mini ini ialah penjual menyediakan odong-odong berbentuk mobil-mobilan yang berjalan mengitari rel yang ada. Biasanya satu kali penyewaan odong-odong dihargai Rp 10.000.

4.Menjual Action Figure

Usaha mainan anak di pasar malam yang bisa dijadikan sampingan lainnya ialah menjual action figure. Karena karakter superhero banyak digemari anak-anak, membuat jenis mainan ini menjadi salah satu favorit yang banyak dibeli. Apalagi, harga grosir mainan action figure sendiri tergolong murah dan mudah didapatkan.

Jenis action figure yang banyak diminati oleh anak-anak ialah karakter manga Jepang, Avenger, superhero dan karakter fiksi lainnya. Anda dapat mendesain toko dengan lampu warna-warni untuk menarik perhatian anak-anak agar melihat mainan yang dijual.

5.Menjual Aneka Mainan Mobil-Mobilan

Mainan mobil-mobilan juga menjadi salah satu favorit bagi banyak anak-anak. Sebab itu, menjual mainan jenis ini di pasar malam menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Terlebih lagi harga grosir dari mainan mobil-mobilan ini tergolong murah sehingga bisa dijual kembali.

Ada banyak jenis mobil-mobilan yang bisa Anda jual di pasar malam. Namun mobil-mobilan yang bisa melaju dengan sendirinya menjadi daya tarik paling besar bagi anak-anak. Anda tidak perlu menjual mainan mobil-mobilan yang pakai remot, mainan yang bisa melaju dengan teknik pegas pun sudah cukup untuk membuat anak-anak ingin membelinya.

Itulah beberapa jenis usaha mainan anak di pasar malam Anda jalankan. Satu hal yang harus diketahui bahwa pasar malam merupakan tempat hiburan yang bertipe musiman. Sehingga,  pengunjung yang datang juga tidak konsisten selalu ramai.

Ada masanya pasar malam sangat minim pengunjung. Oleh sebab itu, usahakanlah untuk mulai menjual pada awal-awal pasar malam buka. Tujuannya agar usaha yang Anda jalankan  cepat mendapatkan pelanggan dan cepat pula dikenal oleh anak-anak.