Select Page

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi menyebabkan peluang usaha yang bisa dijalankan semakin banyak. Salah satunya adalah peluang usaha jasa ekspedisi. Pada prinsipnya, jasa ekspedisi dapat diartikan sebagai bisnis yang bergerak di bidang pengiriman barang yang lebih dikenal dengan sebutan kargo. 

Bisnis jasa ekspedisi di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup tinggi seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan e-commerce. Data di tahun 2020 menunjukkan nilai yang cukup fantastis untuk nilai transaksi e-commerce, yaitu mencapai Rp. 266,3 triliun.  Angka yang luar biasa ini menunjukan bahwa bisnis jasa ekspedisi memiliki peluang yang cukup menjanjikan, jika dijalankan dengan sungguh-sungguh dan profesional. Tidak heran jika banyak orang beralih ke bisnis jasa ekspedisi.

6 Alasan Mengapa Peluang Usaha Jasa Ekspedisi Sangat Besar

jasa delivery

Nah pada kesempatan ini, saya akan menyebutkan beberapa alasan mengapa peluang usaha jasa ekspedisi sangat besar. Berikut ulasannya :

1. Bisnis yang Selalu Banjir Pesanan di Momen Tertentu

Negara Indonesia merupakan negara yang dihuni oleh berbagai macam suku, agama dan tradisi. Oleh karena itu tidak heran jika terdapat beberapa momen yang harus dirayakan secara besar-besaran. Seperti hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha, dan lain sebagainya.

Hal ini juga berdampak besar pada bisnis jasa ekspedisi yang akan semakin banjir pesanan dan akan terus bersinar di momen-momen penting tersebut. Melihat momen-momen penting ini, tidak heran jika perusahaan e-commerce memanfaatkannya dengan menerapkan beberapa strategi bisnis. Salah satunya adalah dengan menyediakan promo besar-besaran, sehingga pembeli semakin banyak.

Tentunya barang-barang yang dibeli tersebut mesti dikirimkan ke konsumen. Nah, dalam kondisi seperti ini, dibutuhkan jasa ekspedisi untuk mengantarkan barang-barang tersebut ke alamat setiap konsumen.

2. Transaksi jual beli Online Shop Semakin Tinggi

Gambar Peluang Usaha Jasa Ekspedisi

Semenjak munculnya gaya baru dalam bertransaksi yaitu jual beli Online Shoping atau Home Shopping, banyak masyarakat yang beralih dari sistem konvensional seperti mendatangi toko secara langsung menjadi sistem online dengan hanya menggunakan smartphone. Terlebih lagi di masa pandemi seperti sekarang ini di mana hampir 100% kegiatan dilakukan di dalam rumah masing-masing. 

Kondisi seperti ini tentunya merupakan peluang usaha jasa ekspedisi yang perlu dimanfaatkan sebaik mungkin. Pasalnya, pengiriman barang kepada konsumen pastinya membutuhkan jasa ekspedisi tertentu untuk mengirimkannya.

3. Masih Belum Ada Teknologi yang Dapat Menggeser Pamor Bisnis Ekspedisi

Seperti dijelaskan pada bagian sebelumnya bisnis jasa ekspedisi menjadi salah satu pilihan sangat cukup menjanjikan apabila dijalankan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Bahkan, usaha jasa ekspedisi saat ini telah menjadi pesaing berat perusahaan besar di bidang pengiriman seperti perusahaan Pos Indonesia.

Keuntungan menjalankan bisnis ekspedisi disebabkan oleh banyak faktor, di antaranya adalah karena belum ada teknologi yang dapat mengirimkan barang dari satu lokasi ke lokasi lain secara cepat dan efisien dibandingkan dengan jasa ekspedisi barang. 

Bahkan, instansi ternama bernama International Franchise Association mengungkapkan kalau peluang bisnis jasa ekspedisi merupakan bisnis yang akan terus mengalami kemajuan besar hingga sepuluh tahun ke depan. 

Satu tantangan besar yang dapat menggeser bisnis jasa ekspedisi yaitu lahir teknologi yang lebih canggih yang mampu memindahkan barang secara singkat yang dikenal dengan teleportasi. Namun ini hanya prediksi belaka, belum ada informasi valid yang mengaminkan tentang adanya teknologi teleportasi ini.

4. Prospek Fee Hingga Mencapai Angka 20-30% Per Satuan Barang

Jasa pengiriman barang atau bisnis ekspedisi menjadi salah satu solusi terbaik bagi Anda yang ingin meningkatkan pendapatan namun juga tidak ingin meninggalkan pekerjaan yang lama.

Bisnis ekspedisi menjadi sangat menguntungkan dengan kisaran keuntungan mencapai 20-30% pada setiap barang yang dikirimkan. Hal ini merupakan bukti nyata akan besarnya peluang usaha jasa ekspedisi. Masa depan yang menjanjikan ini akan terus meningkat seiring dengan maraknya e-commerce yang menjamur di kalangan masyarakat Indonesia baik kalangan bawah, menengah bahkan atas. 

Tantangan terbesar bisnis ini sebenarnya cukup banyak, mulai dari harus mempunyai mitra bisnis, sistem pengemasan yang baik dan rapi hingga banyaknya pesaing bisnis serupa yang menyediakan promo yang lebih tinggi. 

Namun meski banyak tantangan dari instansi yang membuka bisnis yang bergerak di bidang yang sama yaitu jasa ekspedisi, diperkirakan semua bisnis serupa tidak akan pernah mengalami kejadian buruk seperti sepi pelanggan dan kebangkrutan.  

5. Bisnis yang Tidak Memakan Modal Besar dan Ribet

Seringkali kita temui banyak orang yang tidak mau memulai bisnis karena terkendala modal bisnis yang besar dan pengetahuan yang kurang. Sering juga kita menjumpai banyak orang yang sudah membangun bisnis yang mengeluarkan banyak modal, namun hasil yang didapat tidak seberapa. Akhirnya, bisnis tersebut mengalami kerugian dan penurunan, bahkan berhenti di tengah jalan. 

Oleh karena itu dengan hadirnya bisnis penyedia jasa ekspedisi menjadi sebuah solusi cepat dan cerdas bagi Anda yang mempunyai sedikit modal dan pengetahuan. Sebab, bisnis ini bersifat fleksibel dan pastinya tidak susah dijalankan oleh semua kalangan.

Menjalankan bisnis jasa ekspedisi tidak serumit yang dibayangkan. Pasalnya, modal setiap usaha yang utamanya adalah niat dan ketekunan. Dalam bisnis jasa ekspedisi yang terpenting adalah menjalin hubungan mitra dengan penyedia barang. Dengan adanya saling percaya antara penyedia barang dengan bisnis jasa ekspedisi yang dijalankan, maka keuntungan akan mengikuti.

Terlebih lagi karena bisnis jasa ekspedisi ini belum memiliki banyak pesaing alias tingkat persaingannya tergolong rendah, serta tidak mengharuskan untuk membangun kantor yang besar sebagai tempat menyimpan barang pesanan. Bahkan, rumah Anda sendiri bisa dijadikan gudang penyimpanan barang sementara.

6. Peluang Bermitra dengan Perusahaan E-Commerce

Berdasarkan ulasan di atas tentunya sudah tergambar bagi Anda akan besarnya peluang usaha jasa ekspedisi. Sebab, potensi pasarnya sangat besar dan terus berkembang seiring dengan meningkatnya aktivitas transaksi online.

Hanya saja perlu diingat bahwa usaha jasa ekspedisi merupakan bisnis yang tidak bisa berdiri sendiri dalam roda pertumbuhannya di dunia perdagangan online. Sebab, bisnis ini adalah satu bagian penting bernama perantara antara penyedia barang dengan penjual.

Oleh karena itu, pelaku usaha jasa ekspedisi harus menjalin hubungan kemitraan dengan perusahaan e-commerce yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat luas di Indonesia seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja agar Anda semakin mudah dalam meraup keuntungan.

Dengan adanya hubungan kemitraan yang baik antara perusahaan e-commerce dengan penyedia jasa ekspedisi, maka akan terjadi sistem yang dikenal dengan proses simbiosis mutualisme atau bahasa ilmiahnya adalah transaksi saling menguntungkan antara pihak satu dengan pihak lainnya. 

Demikianlah informasi terkait peluang usaha jasa ekspedisi di Indonesia pada saat sekarang ini. Besarnya peluang usaha tersebut seharusnya menjadi pendorong bagi Anda untuk bersemangat dalam membuka dan menjalankan usaha tersebut. Jika mampu mengelolanya dengan bersungguh-sungguh dan sabar, maka kesuksesan bukanlah hal yang sulit untuk Anda dapatkan.

%d bloggers like this: