Select Page

Tertarik mencoba bisnis online yang menguntungkan? Di sini, kami akan memberikan opsi bisnisnya. Mulai dari sektor barang, jasa, hingga produk digital.

Namun, sebelum memulainya Anda harus tahu dulu dengan jelas pengertian dari bisnis ini. Dengan begitu, usaha untuk mendapatkan uang dari jalan ini jadi lebih terarah dan berhasil.

Apa Itu Bisnis Online?

Sesuai dengan namanya, bisnis online merupakan sebuah usaha yang dijalankan secara online sehingga membutuhkan jaringan internet. Artinya, seluruh aktivitas bisnis mulai dari promosi, pelayanan terhadap konsumen, jual beli, hingga after-sales dilakukan secara online.

Apa Itu Bisnis Online

Penjual dan pembeli bertemu di toko-toko online dan saling bertransaksi melalui platform digital. Tidak ada tatap muka kecuali memang kedua belah pihak setuju untuk melakukannya.

Yang menarik, produk yang dijual di bisnis ini sangat beragam. Mulai dari barang, jasa, hingga item digital.

Selain itu, cakupan pasarnya juga sangat luas. Bila berjualan secara offline hanya bisa menjangkau tetangga dekat rumah, teman, atau orang dalam satu kawasan tertentu, berjualan secara daring bisa menjangkau pasar dalam hingga luar negeri.

Dengan kata lain, usaha semacam ini memiliki kans penghasilan yang lebih besar karena calon pembelinya lebih banyak. Maka dari itu, tak heran bila banyak orang yang mencoba menjalankannya di era digital seperti sekarang.

Terlebih lagi, modal yang diperlukan untuk membuka usaha ini juga sangat kecil dan sederhana. Anda hanya butuh HP, produk yang mau dijual, dan koneksi internet untuk menjalankannya.

Daftar Bisnis Online yang Menguntungkan Terbaru

Berikut ini adalah beberapa pilihan usaha online dari sektor barang, jasa, dan produk digital yang dapat Anda coba karena dapat menghasilkan cuan yang banyak:

1. Berjualan online barang yang laris

Ada beberapa barang yang bila dijual secara online akan menghasilkan banyak uang karena laris. Berikut ini adalah beberapa contoh jualan online yang laris di pasaran yang recommended untuk dicoba:

  • Busana dan perlengkapan muslim.
  • Pakaian pria dan wanita.
  • Pakaian bayi dan anak-anak.
  • Mainan anak.
  • Perlengkapan bayi.
  • Aksesoris gadget, dll.

Dengan memilih produk yang tepat, akan jauh lebih mudah buat pebisnis untuk menjual dagangannya sehingga memperoleh laba yang banyak dan stabil.

2. Menjadi influencer

Sudah bukan rahasia jika saat ini banyak sekali influencer yang sukses meraup uang dari konten yang mereka buat. Anda bisa menjadi salah satu influencer dengan memanfaatkan beberapa platform seperti Youtube, Instagram, atau media sosial lainnya.

Daftar Bisnis Online yang Menguntungkan Terbaru - Menjadi Influencer

Untuk memulainya, Anda tidak hanya butuh alat seperti HP untuk merekam dan aplikasi untuk mengedit foto dan video. Lebih dari itu, Anda juga butuh ide konten yang menarik supaya hasil karya tersebut dapat diterima serta disukai oleh masyarakat.

Setelah berhasil mendapatkan trafik atau engagement-nya tinggi, silakan pasang iklan pada konten tersebut. Caranya sangat beragam. Anda bisa mendaftar di Google Adsense, bisa juga bekerja sama dengan brand tertentu untuk menjadi sponsor konten Anda.

3. Membuka jasa penulis artikel

Jika keahlian merekam dan mengedit video bisa diarahkan ke konten di IG dan Youtube, maka keahlian menulis bisa dimanfaatkan dengan membuka jasa penulisan artikel.

Di era sekarang, jasa semacam ini amat diminati. Pasalnya, ada banyak pebisnis yang sudah merambah dunia online dan membuat website-nya masing-masing.

Demi memenangkan persaingan, mereka secara khusus menyewa jasa penulis artikel ber-SEO sehingga website-nya bisa masuk ke halaman pencarian atau bahkan bertengger di halaman pertama.

Semakin bagus posisi website-nya di halaman pencarian, maka trafik situs tersebut juga makin besar. Yang artinya akan menaikkan kans mendapatkan pengunjung dan pembeli.

Menariknya, jasa ini membutuhkan skill khusus, yakni menulis. Artinya, tidak sembarang orang bisa melakukannya. Meskipun mengerti SEO, jika mereka tidak punya keahlian menulis yang baik, maka klien juga tidak akan bisa menerimanya.

Maka dari itu, persaingan di bisnis ini masih belum begitu besar. Anda bisa menjalankannya sendiri atau membuka jasa bersama tim untuk meningkatkan pendapatan.

4. Jadi blogger

Keahlian menulis selain bisa dimanfaatkan untuk jasa juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan diri sendiri. Salah satu contohnya adalah dengan menjadi blogger.

Hanya saja, untuk memulai usaha ini Anda tidak hanya butuh skill menulis, tetapi juga pengetahuan tentang cara membuat blog dan mengelolanya.

Apabila blog yang dikembangkan sudah bertrafik, maka berikutnya Anda bisa memasang iklan seperti Google Adsense atau berafiliasi dengan beberapa platform yang menyediakan kesempatan periklanan.

5. Menjadi freelancer

Kami tahu ada banyak keahlian digital yang saat ini bisa dikembangkan. Masing-masing keahlian tersebut bisa dijual secara online.

Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk membuat desain grafis. Selain itu, masih banyak contoh lainnya seperti analis data, customer service, software development, dan yang lainnya.

Untuk menjadi freelancer, Anda bisa bergabung dengan beberapa situs freelance. Di sana, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang membutuhkan jasa Anda.

Contoh situs yang bisa dimanfaatkan adalah upwork, sribulancer, fiverr, projects, dan yang lainnya.

6. Menjadi penerjemah

Apabila Anda punya keahlian bahasa yang bagus, maka salah satu kesempatan yang dapat dicoba adalah menjadi penerjemah online. Ada banyak kesempatan yang terbuka lebar. Misalnya menjadi penerjemah buku, drama, hingga film.

7. Membuka kursus online

Belajar secara daring kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk itu, sangat wajar bagi Anda yang punya skill akademik di bidang tertentu untuk membuka les, bimbingan belajar, atau kursus.

Silakan identifikasi kemampuan terbaik yang bisa Anda ajarkan kepada orang lain. Manfaatkan media sosial untuk membuka bisnis bimbel online atau semacamnya.

8. Jualan digital produk

Ada beragam produk digital yang bisa Anda jual di internet. Misalnya, membuat software, ppt, gambar, video editing, desain, ebook, atau hal-hal serupa. Buatlah konten digital sesuai dengan keahlian yang dimiliki kemudian juallah.

Selain bisa menjual produknya secara langsung, Anda juga bisa membuka jasa sesuai dengan kemampuan tersebut.

Selain 8 contoh bisnis online yang menguntungkan di atas, masih cukup banyak pilihan usaha yang bisa Anda jalankan. Intinya, Anda harus tahu mau memulai dari mana kemudian menjalankannya secara serius agar berhasil.

Supaya lebih jelas, kami sudah merangkum beberapa tips tentang bagaimana memulai bisnis online yang mudah di bawah ini.

Begini cara memulai bisnis online

Begini cara memulai bisnis online

Di bawah ini adalah beberapa tips singkat yang bisa dilakukan untuk menjadi pebisnis secara daring:

  • Identifikasi produk apa yang mau dijual.
  • Lakukan riset pasar.
  • Cari tahu soal regulasi dan hukum berjualan online sesuai dengan pilihan produknya.
  • Memilih nama brand yang mudah diingat.
  • Bergabung di e-commerce.
  • Membuat website sendiri.
  • Tingkatkan pengunjung untuk masing-masing platform yang dipilih untuk berjualan.
  • Lakukan analisa dan evaluasi.

Agar bisnis online yang menguntungkan ini berhasil, Anda perlu rajin dan rutin melakukan promosi. Jangan hanya satu dua kali lalu bosan. Pastikan berusaha secara kontinu agar hasilnya juga kontinu.

Sumber:

Websitesetup.org. https://websitesetup.org/online-business-ideas/

Entrepreneur.com. https://www.entrepreneur.com/article/175242

Bigcommerce.com. https://www.bigcommerce.com/blog/how-to-start-online-business/