Select Page

Sudah menjadi hal umum bahwa masyarakat Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang cepat menerima hal baru. Baru-baru ini muncul berbagai bisnis yang menjadi primadona khususnya di kalangan anak-anak muda yang mulai merintis usaha menengah ke bawah. Salah satu bisnis yang saat ini sedang viral adalah bisnis es buah 5000-an.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi terkait usaha es buah gocengan, mulai dari alasan mengapa memilih bisnis es buah, modal awal yang dibutuhkan, hingga prospek jangka panjang untuk pelebaran usaha.

Alasan Memilih Usaha Es Buah 5000-an

Segala sesuatu pasti ada alasannya. Itulah ungkapan yang sering kita dengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Sama halnya ketika kita memilih usaha es buah gocengan ketimbang usaha lain yang sudah mainstream alias biasa kita temui.

Pasti akan muncul banyak pertanyaan mengapa es buah produk yang Anda jual bukan produk lainnya yang lebih mahal. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini es buah menjadi produk yang cukup banyak peminatnya. Argumen sederhana untuk menjawab pertanyaan di atas adalah seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan di pasaran tradisional harganya bervariasi dari yang sedang hingga cukup mahal. Nah untuk dapat menikmati minuman es buah sejumlah orang harus membeli buah tersebut walau harga yang ditawarkan cukup mahal.

Dengan kehadiran es buah gocengan saat ini mampu mengatasi segala macam kerisauan Anda yang tidak ingin membuang uang cukup banyak hanya untuk menikmati minuman segar bernutrisi dari buah-buahan.

Modal Usaha Es Buah Gocengan

Usaha es buah 5000-an saat ini termasuk ke dalam usaha kreasi hidangan minuman yang cukup mudah dibuat oleh semua orang tanpa memerlukan peralatan yang mahal dan pengetahuan yang mendalam seputar minuman buah.

Berbicara mengenai modal awal usaha es buah gocengan terbilang murah dan segala macam peralatannya mudah didapat karena sudah tersedia di rumah-rumah serta bahan-bahan pembuatannya mudah didapatkan di sekitar lingkungan kita.

Ketika sudah memutuskan untuk memulai jalan baru dalam berbisnis, maka ada satu hal yang perlu Anda persiapkan adalah analisis STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) sebagai landasan utama dalam memulai bisnis baru. 

Segmentation merupakan tujuan atau target konsumen yang akan Anda tuju sebagai pembeli es buah gocengan yang akan Anda jalankan. Sebisa mungkin apabila penimat dari produk minuman es buah gocengan adalah seorang pria, wanita, anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan orang tua berusia lanjut, maka hal yang perlu Anda perhatikan adalah bahan baku pembuatan es buah gocengan tersebut haruslah bahan-bahan yang alami tanpa penguat rasa kimia berbahaya atau adiktif.

Hal ini tentu akan berdampak pada kualitas dan rasa yang diberikan. Jika menggunakan bahan aditif atau bahan bukan dari bahan alami seperti penguat rasa buah buatan, tentunya rasanya akan beda ketika menyentuh lidah. Lama-kelamaan rasa manis yang timbul akan terasa sedikit membuat mual bahkan berakibat sakit perut dan penyakit lain yang bisa saja berbahaya.

Maka mulailah dengan memilih bahan-bahan alami, seperti buah-buahan segar, bahan pendukung lainnya seperti susu, kental manis, coklat, gula dan bahan pelengkap lain agar rasa lebih bervariasi dan pastinya aman untuk dikonsumsi segala macam usia. 

Analisis Modal Awal Usaha Es Buah Gocengan

Gambar Usaha Es Buah 5000
Sumber Gambar : masfikr.com

Usaha es buah gocengan membutuhkan modal awal yang dibagi menjadi dua kelompok. Yaitu modal bahan dan modal alat-alat. Kedua modal ini dirasa sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis es buah gocengan. Buat Anda yang masih pemula dalam berbisnis es buah gocengan jangan khawatir karena kedua modal ini bisa didapatkan dengan cara yang mudah.

Alat pertama yang mesti Anda dapatkan adalah panci, centong, talenan atau alas tumpuan saat mengiris buah, kulkas atau alat pendingin lainnya, mangkok, dan tentunya pisau. Peralatan-peralatan ini tentunya mudah ditemukan di rumah masing-masing sehingga dapat meminimalisir pengeluaran biaya tambahan peralatan usaha es buah gocengan.

Kemudian modal lainnya yaitu bahan baku buah-buahan segar seperti pepaya, melon, nanas, semangka, nangka, anggur, strawberry, apel, jeruk, jeli kental manis, coklat, dan bahan baku lainnya yang tersedia di toko buah dan toko-toko minuman di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Nah untuk kemasan atau alat yang dijadikan wadah cukup menggunakan cup plastik yang mudah dibeli di toko-toko sekitar rumah Anda. Berikut adalah detail rincian modal bahan bakunya:

  • Harga Pepaya di pasaran berkisar dari harga Rp.7.000 hingga Rp. 8.000.
  • Harga Nanas di pasaran berkisar di harga Rp.10.000 hingga Rp. 12.000.
  • Harga Apel di pasaran berkisar di harga Rp.10.000 hingga Rp. 12.000.
  • Harga buah Pir di pasaran berkisar di harga Rp.10.000 hingga Rp. 15.000.
  • Harga buah Semangka di pasaran berkisar di harga Rp.15.000 hingga Rp. 20.000.
  • Harga buah Jeruk di pasaran berkisar di harga Rp.12.000 hingga Rp. 15.000.
  • Harga Jeli di pasaran berkisar di harga Rp.6.000 hingga Rp. 10.000.
  • Harga Susu Kental Manis per tiga sachet di pasaran berkisar di harga Rp.6.000 hingga Rp. 7.000.
  • Harga susu UHT per 2 liter di pasaran berkisar di harga Rp.18.000 hingga Rp. 20.000.
  • Harga Es Batu di pasaran berkisar di harga Rp.3.000 hingga Rp. 5.000.

Jadi total modal yang Anda persiapkan adalah berkisar dari Rp. 150.000 hingga Rp. 1.000.000 untuk satu kali produksi usaha es buah gocengan dengan perkiraan modal lainnya.

Untuk lebih menarik minat pembeli, Anda juga dapat menambahkan item lain sebagai daya tarik seperti menyediakan bonus, stiker dan merchandise lain yang cukup menambah minat siapapun yang melihatnya.

Marketing Usaha Es Buah Gocengan

Marketing atau ilmu pemasaran merupakan satu bagian penting dari segala bisnis yang dijalankan. Tentu Anda tidak mau kalau usaha es buah gocengan Anda harus macet di tengah jalan bukan?

Untuk menentukan harga jual produk es buah gocengan Anda harus menggunakan metode yang efektif. Salah satu metode yang diyakini mampu mengatasi permasalah ini adalah metode variable costing. Metode variable costing adalah satu rumpun ilmu yang sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam dunia perbisnisan usaha es buah.

Metode satu ini menjumlahkan modal awal dengan modal tambahan lainnya. Misalnya setiap kali Anda membutuhkan modal sekitar Rp. 150.000 serta menambahkan dengan biaya bonus lain, seperti biaya membuat stiker sebesar Rp. 8.000. selain itu Anda juga perlu menambahkan biaya lain seperti gaji karyawan setiap bulannya jika usaha es buah gocengan milik Anda di jalankan menggunakan perantara orang lain atau karyawan. Dengan menggunakan analisis metode variable costing ini, Anda tentu dapat memperkirakan segala macam biaya yang akan menjadi pengeluaran dalam bisnis es buah gocengan yang akan Anda jalankan.

Keuntungan dan Prospek Usaha Es Gocengan

Berbicara mengenai keuntungan yang akan Anda peroleh dalam menjalankan bisnis es buah gocengan, maka perlu Anda ketahui bahwa keuntungan menjalankan bisnis minuman es buah bisa dikatakan cukup menjanjikan apabila Anda mampu berinovasi dan menerapkan beberapa metode penting. Salah satunya adalah metode mau belajar dan berusaha melihat peluang besar.

Apabila Anda melihat peluang besar kedepannya, usaha minuman satu ini akan sangat menguntungkan bahkan melebihi apa yang Anda bayangkan. Hal ini tentu tidak terlepas dari ide-ide dan inovasi kreatif pengusaha dalam mengembangkan bisnis untuk menyajikan es buah murah dengan kualitas tinggi dan mampu bersaing dengan produk minuman lain yang sudah duluan dikenal masyarakat kekinian.

Es buah ternyata memiliki beragam jenis. Mulai dari es buah kuah jus, sop buah teler, es buah biasa, es buah campuran coklat, susu, strawberry bahkan bisa dikreasikan dengan minuman lainnya seperti es buah thai tea. Segala macam jenis es buah gocengan ini tentunya akan menambah minat pembeli agar tidak bosan-bosan dalam menikmati aneka macam dari olahan minuman buah.