Select Page

Berbagai jenis usaha semakin menjamur di zaman yang terus berkembang ini. Mulai dari bisnis pakaian, produk teknologi hingga makanan dan juga minuman. Salah satu jenis usaha yang juga cukup ramai belakangan ini adalah usaha minuman termasuk jus buah. Namun, banyaknya kelemahan usaha jus buah yang ditemui oleh pelaku usaha jus buah membuat banyak orang menjadi mengurungkan niatnya untuk menjalankan bisnis yang satu ini.

Pada dasarnya, usaha jus buah tentulah memiliki kelemahan dan juga kelebihan. Untuk menghindari kerugian memang diperlukan strategi yang lebih jitu. Jika saat ini Anda sedang berencana untuk menjalankan bisnis jus buah, beberapa informasi tentang kelemahan usaha jus buah dalam artikel ini semoga bisa membantu Anda

Kelemahan Usaha Jus Buah

1. Kenaikan Harga Buah

Kenaikan harga memang bukanlah hal yang jarang terjadi di dunia industri makanan dan minuman. Namun, kenaikan harga buah bagi para pemilik usaha jus buah bisa menjadi sebuah masalah yang cukup mengganggu. Bayangkan jika setiap gelas jus buah yang Anda jual seharga 10 ribu lalu tiba-tiba terjadi kenaikan harga buah, tentu Anda harus menyiasati takaran buah yang akan digunakan. Bisa jadi, jumlah takaran buah yang dikurangi ini malah mengubah cita rasa buah yang sebelumnya.

2. Harga Gula Putih Naik

Gula putih menjadi salah satu bahan penting dalam campuran jus buah. Tentu akan menjadi sebuah masalah jika harga gula putih ini menjadi naik di pasaran. Beberapa pelaku usaha jus buah biasanya mengganti gula putih ini dengan sari gula.

3. Musim Hujan

Tak hanya persoalan harga bahan-bahan jus saja yang menjadi masalah rupanya. Cuaca terutama musim hujan juga sangat berpengaruh dalam menurunkan omset jualan jus buah ini. Tidak bisa dipungkiri cuaca dingin akan membuat banyak orang ogah untuk meminum jus buah. Pasalnya cuaca dingin hanya akan semakin terasa menyengat saat meminum minuman dingin. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membuka usaha lain selain berjualan jus buah.

Beberapa jenis usaha atau jualan yang bisa jalankan dan dibarengi dengan jualan jus buah ialah mie bakso, sop, soto, dan beberapa makanan atau jajanan pedas lainnya. Tak hanya makanan, Anda juga bisa menjual minuman hangat berupa susu hangat, kopi, ataupun teh.

4. Memerlukan Listrik

Kelemahan lainnya dalam menjalankan usaha jus buah ini memerlukan yang namanya listrik. Kebutuhan listrik ini untuk proses pembuatan jus lewat blender yang tentu saja membutuhkan daya listrik yang tidak sedikit. Terlebih jika usaha jus yang Anda jalankan termasuk ramai dari pagi hingga malam. Saat memiliki banyak pelanggan, Anda tentu memerlukan lebih dari satu blender. Dan hal ini tentu membutuhkan biaya listrik bulanan yang cukup besar.

5. Pasokan Buah

Ketika pasokan buah mengalami kendala alias tersendat maka tentu ini juga bisa mengurangi omset penghasilan harian Anda. Stok buah yang tersendat biasanya terjadi pada beberapa jenis buah musiman. Jika hal ini terjadi, beberapa pelanggan biasanya akan kabur dan mencari penjual jus buah yang lain.

6. Buah Busuk

Tidak bisa dipungkiri jika buah busuk juga mempengaruhi keuntungan usaha jus buah. Jika sudah begini maka tentu buah yang busuk tersebut harus dibuang. Beberapa jenis buah yang rawan busuk di antaranya ialah seperti buah naga, alpukat, tomat, pir dan juga wortel. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika membeli buah sesuai kebutuhan pasar konsumen Anda saja.

7. Jus Tidak Bisa Mengganti Makanan

Perlu Anda ketahui bahwa jus buah bukanlah alternatif utama dalam kategori makanan yang menyehatkan. Meskipun menyehatkan akan tetapi sari pati buah-buahan  tidak bisa dijadikan sebagai pengganti makanan. Beberapa jenis sayuran seperti bayam, kangkung, dan sayuran lainnya yang sering dijadikan jus sayuran memiliki jumlah protein yang sederhana. Begitu halnya pada jus buah, oleh sebab itu, jus tidak bisa dijadikan pengganti makanan utama.

8. Jus Tidak Mampu Membersihkan Racun

Beberapa orang menganggap bahwa minum jus buah secara rutin akan membersihkan racun dalam tubuh. Sayangnya, pendapat ini tidak bisa dibenarkan pasalnya yang paling bekerja dalam membersihkan racun dalam tubuh adalah hati dan juga ginjal. Fakta ini tentu membuat banyak orang menjadi ogah untuk minum jus buah lagi.

9. Harus Mampu Bersaing Dengan Bisnis Minuman Lain

Tak hanya dari segi kesehatan, menjalankan usaha jus buah juga membutuhkan persaingan yang cukup ketat dengan jenis minuman lainnya. Seperti yang telah diketahui jika saat ini terdapat banyak usaha minuman kekinian yang semakin menjamur dan menggeser usaha jus buah ini. Beberapa jenis minuman tersebut di antaranya seperti boba, milkshake, kopi kekinian hingga teh kekinian.

Tidak bisa dipungkiri jika jenis minuman hits lebih memikat para anak-anak dan kaum anak muda. Selain karena lebih hits dan kekinian, minuman tersebut juga dirasa lebih cocok dinikmati dalam berbagai suasana. Jus buah masih dianggap sebagai jenis minuman biasa saja.

Kelebihan Usaha Jus Buah

1. Alternatif Nutrisi Untuk Tubuh

Meskipun banyak yang kontra tentang hal yang satu ini karena kandungan gula hingga susu kental manis di dalam jus buah hanya akan mengurangi nutrisinya, akan tetapi beberapa orang menyarankan untuk mengkonsumsi jus buah secara original. Agar khasiat jus buah lebih terasa maksimal maka akan lebih baik jika tidak menambahkan gula serta bahan pemanis lainnya. Olehnya itu, banyak pelaku usaha jus buah yang juga menyediakan opsi jus buah tanpa gula.

2. Kaya Antioksidan

Tak hanya sebagai alternatif nutrisi pada tubuh. Kehadiran antioksidan pada jus buah seperti vitamin A, C, dan E membuat tubuh lebih terlindungi dari radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh. Banyak orang yang mencari jus buah tak hanya karena urusan kesehatan. Beberapa orang juga membeli jus buah karena lebih praktis daripada mengolahnya sendiri di rumah. 

3. Cocok Untuk Semua Umur

Selain dari segi kesehatan, jus buah juga banyak dijual karena usaha yang satu ini dapat menyasar semua kalangan. Mulai anak-anak, remaja hingga orang tua pun gemar mengkonsumsi jus buah. Tentu target pasar yang menyasar semua lapisan masyarakat menjadi keuntungan tersendiri dalam mendatangkan banyak keuntungan.

4. Banyak Dicari Saat Cuaca Panas

Para penjual jus buah bisa mendatangkan omset yang fantastis saat cuaca panas atau musim kemarau tiba. Rasa panas dan gerah memang kadang perlu didinginkan lewat minuman dingin seperti jus buah. Tak heran jika jus buah banyak diburu saat cuaca sedang panas-panasnya.

Tak hanya itu saja, jus buah juga banyak dicari untuk mengganti cairan pada tubuh. Kebanyakan orang membutuhkan asupan jus buah karena baru saja mengkonsumsi minuman yang berdehidrasi tinggi seperti alcohol, soda dan juga kopi.

Nah, demikianlah informasi tentang kelemahan usaha jus buah serta kelebihan menjalankan usaha jus buah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda.