Select Page

Aksesoris adalah perlengkapan atau perhiasan yang umumnya dipakai untuk melengkapi baju yang dikenakan agar penampilan menjadi lebih elok. Sebagian masyarakat bahkan menganggap bahwa beberapa macam aksesoris wajib untuk dimiliki terutama para ibu-ibu sosialita.

Maka dari itu, tak heran jika jualan aksesoris keliling memiliki banyak peminat yang sebagian besar dari kalangan kaum hawa. Namun demikian, banyak juga pria yang suka mengenakan aksesoris. Pria yang mengenakan aksesoris tersebut umumnya hanya tertarik pada beberapa jenis aksesoris sederhana dan peminatnya mungkin tidak sebanyak kaum hawa.

Kelebihan Usaha Jualan Aksesoris Keliling

Dalam artikel ini saya akan menjabarkan beberapa kelebihan yang bisa didapatkan saat menjalankan usaha jualan aksesoris keliling ini.

1. Jenis Aksesoris yang Bisa Dijual Beragam

Jenis-jenis aksesoris sangatlah beragam, mulai dari gelang, kalung, anting, ikat rambut, jepit rambut, hiasan pakaian, hiasan kerudung serta masih banyak lagi berbagai item kecil yang lain. Semua jenis aksesoris tersebut juga tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan harga yang bervariasi.

Dengan banyaknya pilihan aksesoris yang bisa dijual, tentu potensi untuk mendapatkan banyak keuntungan sangatlah besar. Sebab, orang-orang yang datang berbelanja aksesoris tentu memiliki kebutuhan jenis aksesoris yang berbeda. Karena Anda bisa menyediakan beragam aksesoris tersebut, berarti target pasar jualan aksesoris Anda semakin luas.

2. Memiliki Harga Terjangkau

Untuk harga yang dipatok untuk setiap item aksesoris dapat dikatakan cukup terjangkau,  sehingga tidak menjadi masalah bagi semua kalangan di segala usia. Misalnya saja, harga untuk 1 item ikat rambut umumnya  bisa dibeli dari agen dengan kisaran harga kurang dari Rp 10.000. Bahkan, ada pula beberapa item yang ditawarkan dengan harga dibawah Rp 1.000.

Dengan harga modal yang terjangkau, Anda tidak akan kesulitan untuk menjualnya kembali kepada konsumen dengan harga murah dan terjangkau.

3. Modal Untuk Membuka Usaha Jualan Aksesoris Tidak Terlalu Besar

Harga produk yang cukup terjangkau menjadikan modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha sangatlah minim. Dengan modal belanja di bawah 5 jutaan, Anda sudah dapat memperoleh berbagai macam item aksesori dan cukup untuk Anda jual kembali.

Sebuah usaha dengan modal awal sebesar 5 juta rupiah tergolong mudah dijalankan. Sebab, Anda bisa mendapatkan modal sebesar itu dengan mudah, tanpa harus meminjam di bank atau menjual beberapa barang milik Anda.

4. Keuntungan Relatif Besar

Walaupun membutuhkan modal yang cukup kecil, namun usaha jualan aksesoris keliling ini cukup menghasilkan. Sesuai dengan pengalaman saya selama 1 tahun terakhir berjualan aksesoris, keuntungan yang bisa didapatkan lumayan banyak.

Bayangkan saja, jika rata-rata penghasilan jualan aksesoris ini berkisar antara Rp 50.000 – Rp 100.000 dalam sehari, maka dalam sebulan bisa mendapatkan keuntungan bersih sebesar 1.500.000 rupiah hingga 3.000.000 rupiah.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari berjualan aksesoris bisa meningkat drastis di saat-saat tertentu, misalnya menjelang hari raya maupun musim panen.

5. Keperluan Sehari-hari

Aksesoris telah menjadi suatu barang yang umum dibutuhkan sehari-hari. Produk sepele misalnya jarum pentul, cemiti dan juga benda harian yang lain adalah produk yang memberikan keuntungan paling besar dari usaha ini. Sebab, produk tersebut hampir di cari setiap hari oleh para konsumen.

6. Fleksibel Serta Mudah untuk Dijalankan Secara Serius

Usaha ini sangat berpeluang untuk dijual dengan kombinasi aneka usaha yang lain, misalnya berjualan aksesoris yang dikombinasikan dengan usaha jualan alat tulis dan juga kosmetik. Ini menunjukkan jika usaha ini memang bisa dibilang praktis serta dapat dimulai bahkan dengan modal yang cukup terjangkau.

Nah, bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencoba usaha jualan aksesoris keliling seperti ini? Jika iya, berikut ini saya berikan beberapa tips jualan yang mungkin bermanfaat untuk Anda.

Tips Jualan Aksesoris Keliling

1. Mencari Agen Paling Besar

Ketika memutuskan untuk memulai jualan aksesoris, pastinya Anda akan membutuhkan agen sebagai tempat berbelanja. Pastikan Anda mencari agen paling besar, karena umumnya toko atau agen besar mempunyai koleksi aksesoris yang lebih bervariasi daripada agen kecil.

2. Memperhatikan Penawaran Harga dari Agen

Ketika pertama berbelanja, Anda juga perlu melakukan research atau penelitian untuk mengetahui penawaran harga dari masing-masing agen. Sebab ini akan sangat menentukan jumlah keuntungan yang nantinya akan Anda dapatkan.

3. Konsisten Berjualan

Hambatan paling besar ketika menjalankan usaha jualan aksesoris keliling ini adalah malas, terlebih ketika pasar kurang ramai serta keuntungan yang diperoleh tidak sebanding dengan harapan. Pastikan untuk tidak buka tutup, sebab ini dapat membuat pelanggan Anda berpindah ke penjual lain.

Perlu diingat, usaha apapun yang dijalankan tidak akan mendapatkan kesuksesan dalam waktu singkat secara instan. Butuh kesabaran, kesungguhan, sertai tidak pantang menyerah dalam menjalankannya.

4. Membedakan Harga Ecer dan Harga Oper

Tips berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu jika berjualan aksesoris di pasar, maka Anda harus mengetahui siapa yang membeli barang Anda. Jika yang membeli adalah seorang pemilik toko serta membeli dalam jumlah cukup banyak, tentunya Anda harus memberikan harga yang berbeda. Tujuannya tentu saja agar pemilik toko tersebut masih bisa memperoleh keuntungan ketika menjualnya kembali.

Meskipun nilai keuntungan yang Anda dapatkan saat menjual asesoris ke toko-toko di pasar tergolong kecil, tapi jauh lebih menguntungkan dibandingan menjualnya secara ecer. Tentunya dengan syarat Anda mampu mendapatkan beberapa pelanggan dari toko-toko aksesoris di pasar. Tapi ingat, pembelian masing-masing toko tersebut haruslah dalam jumlah banyak secara langsung.

5. Rajin Berbelanja

Umumnya kaum hawa sangat gemar dengan berbagai model aksesoris terbaru. Itulah salah satu alasan utama mengapa mereka sangat hobi berbelanja. Sebagai penjual, tentu Anda harus mampu menyediakan aksesoris yang mereka butuhkan.

Saat membeli aksesoris dari grosir atau eceran, jangan membeli banyak sekaligus. Sebab, model aksesoris tergolong mudah berganti sesuai musim yang sedang trend. Akan lebih baik jika Anda berbelanja dalam jumlah yang cukup dan barang dagangan Anda sering berganti daripada anda berbelanja banyak yang akhirnya tersimpan dan menjadi ketinggalan dari segi model.

Jika model aksesoris tersebut ketinggalan karena lama tersimpan, tentu Anda akan kesulitan untuk menjualnya kembali meskipun sudah memasang harga semurah mungkin. Pasalnya, kaum hawa sangat memperhatikan trend aksesoris yang mereka pakai.

6. Manfaatkan Promosi Online

Meskipun fokus Anda adalah offline dengan cara jualan aksesoris keliling, bukan berarti Anda mesti mengabaikan metode penjualan dan promosi secara online. Sebab, bisa saja penjualan besar justru Anda dapatkan dari berjualan secara online.

Selain itu, berjualan secara online tidak akan menganggu usaha jualan secara offline yang Anda jalankan. Sebab, yang perlu Anda lakukan hanyalah mempromosikan usaha tersebut melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp, dan lain sebagainya.

Berdasarkan ulasan di atas, tentu sudah tergambar bagi Anda akan kelebihan menjalankan usaha jualan aksesoris keliling. Sehingga. Usaha ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin memulai usaha dengan penghasilan yang menjanjikan.

%d bloggers like this: