Select Page

Usaha kemitraan Home industri bukanlah satu hal yang baru pada saat sekarang. Sudah banyak orang yang menjadi pelaku dari usaha semacam ini untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Apalagi usaha sejenis ini memberikan keuntungan yang tidak sedikit apabila dijalankan dengan baik.

Ada banyak jenis usaha yang menggunakan konsep kemitraan home industri. Ragam jenis usaha ini bisa Anda pilih apabila berniat menjalankan usaha yang sama.

Mengenal Apa Itu Usaha Kemitraan Home Industri

Sebelum membahas lebih jauh, rasanya penting Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu usaha kemitraan home industri.

Secara bahasa industri sendi memiliki arti sebuah bidang atau kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan pengolahan bahan baku, pembuatan barang, hingga proses pengemasan. Industri sendiri lebih mengarah kepada alat yang digunakan dalam memproduksi sebuah produk yang identik dengan pabrik. Namun pada saat ini sudah ada industri kelas rumahan yang kapasitas produksinya lebih sedikit.

Sedangkan kemitraan sendiri memiliki arti suatu jenis usaha atau bisnis yang mana terdapat sebuah perjanjian formal antara dua atau lebih pihak bersangkutan. Perjanjian bisnis ini biasanya berhubungan dengan proses penjualan barang atau pemasaran barang tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita ambil sebuah kesimpulan bahwasanya kemitraan home industri merupakan proses kerja sama antara dua belah pihak yang memproduksi barang sekelas rumahan agar dapat dipasarkan oleh industri yang lebih besar. Sebagai contohnya Anda bisa memproduksi sebuah makanan berupa roti dan ingin menjualnya di supermarket. Maka Anda perlu melakukan kemitraan dengan pihak supermarket agar produk Anda dapat dipajang dan dijualkan.

Inilah 5 Usaha Home Industri dengan Prospek Bagus

Ketika sudah mengetahui akan pengertian home industri, maka selanjutnya akan dibahas usaha home industri apa saja yang memiliki prospek bagus ketika Anda jalankan. Berikut 5 usaha home industri dengan prospek yang bagus :

1. Ice Cream

Usaha Kemitraan Home Industri Berupa Bakso

Makanan jenis ini merupakan yang paling banyak digemari orang, tidak sebatas anak-anak saja. Karena peminatnya yang banyak, maka jenis usaha ini dapat Anda manfaatkan dalam menjalankan usaha. Anda bisa memproduksi ice cream ini dan menjualnya secara kemitraan karena terdapat jaminan akan laku keras.

Namun sebelum memulai penjualan dan kemitraan, tentu Anda harus tahu dulu cara pembuatan ice cream agar enak dan dapat bertahan dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya agar produk yang Anda buat dapat dipasarkan dalam jangka waktu tertentu.

Cara melakukan penjualan ice cream ini bisa beragam, mulai dari menjualnya sendiri atau memanfaatkan cara lain untuk menjualkannya. Cara paling ampuh dalam menjualkan ice cream ialah dengan menjalankan kemitraan dengan minimarket.

Tujuannya agar ice cream yang Anda buat lebih mudah dan cepat dikenal orang lain, apalagi jika ice cream itu memiliki rasa yang enak. Semakin banyak minimarket yang bisa Anda ajak menjadi mitra, maka semakin besar pulalah prospek yang akan Anda dapatkan.

2. Sandal

Usaha Kemitraan Home Industri Berupa Sandal

Siapa yang tidak kenal senda, barang harian yang selalu dipakai setiap orang ini bisa dijadikan sebagai peluang bisnis home industri. Karena kebutuhannya yang besar membuat sandal cukup bagus untuk dijadikan usaha. Asalkan Anda bisa memberikan desain yang menarik dan berkualitas, maka besar kemungkinan banyak orang akan tertarik untuk membelinya.

Agar penjualan sandal Anda bisa meluas dan dapat dipasarkan dalam jumlah besar, maka cobalah untuk menjalankan kemitraan dengan toko-toko sandal. Anda dapat bertindak sebagai penyedia barang dengan menjual sandal dalam satuan kodi sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan toko.

Namun sebelumnya Anda harus bisa memastikan sandal yang Anda jual memiliki harga yang sesuai dengan kualitasnya. Hal ini bertujuan agar pembeli tidak kecewa dan pemilik toko kembali untuk memesan sandal kepadamu.

3. Jamu Bubuk

Siapa yang tidak mengenal jamu? Minuman herbal dari rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat ini sudah terkenal sejak lama di Indonesia. Banyak orang yang menjadi pencinta jamu, sehingga menjadikannya sebagai salah satu peluang usaha yang cukup bagus ditekuni.

Biasanya jamu di Indonesia dijualkan oleh mbak jamu dalam bentuk cair atau sudah menjadi air. Tujuannya agar mudah dalam peracikan ketika ada orang yang mau membeli jamu tersebut. Namun jika Anda ingin menjadikan jamu sebagai usaha home industri, maka Anda tidak bisa menjalankan konsep seperti itu.

Alternatif yang bisa Anda lakukan dalam memulai bisnis home industri jamu adalah menjadikannya sebagai bubuk. Proses perubahan jamu menjadi bubuk akan mempermudah proses pemasaran jamu. Selain itu jamu yang berbentuk bubuk juga memiliki masa konsumsi yang lama. Dalam menambah kesan jamu agar lebih menarik, Anda dapat membuat kemasan yang bertuliskan manfaat dan bahan jamu tersebut.

Sedangkan untuk pemasarannya, Anda dapat mendaftar sebagai mitra di marketplace dan menjualnya secara online. Dengan demikian produk Anda akan lebih mudah dikenal orang banyak, apalagi jika dikemas dengan penampilan yang menarik.

4. Katering

Gambar Usaha Katering

Usaha katering memang tidak ada matinya. Asalkan memiliki rasa yang enak, makanan bersih, serta pelayanan yang bagus, maka pasti ada saja pelanggan yang datang untuk memesan. Hal ini tentu sudah cukup untuk dijadikan sebagai alasan dalam memilih usaha rumahan ini untuk dijalankan.

Bukan itu saja, usaha yang satu ini juga tidak membutuhkan modal yang besar ketika ingin memulai. Bahkan Anda juga bisa meminta uang muka sebagai jaminan orang tersebut dalam memesan, serta juga bisa Anda jadikan tambahan modal awal. Namun ada hal penting yang harus Anda perhatikan ketika menjalankan usaha katering yaitu supplier.

Dalam usaha katering, supplier merupakan kunci utama, sehingga Anda harus bisa memilihnya dengan baik. Pemilihan supplier ini berhubungan dengan rasa makanan yang dibuatnya serta harga yang diberikan. Dari harga supplier inilah nantinya Anda akan menentukan harga apakah terjangkau ketika dijual atau tidak.

Semakin baik pengolahan dan terjangkau harga, maka semakin besar pula peluang jasa Anda akan dikenal pelanggan. Selain itu pelanggan yang sebelumnya sudah pernah berkunjung, besar kemungkinan akan kembali lagi jika mereka merasa puas.

5. Bakso

Pada saat sekarang bakso sudah tidak disajikan dalam bentuk original lagi. Sudah banyak makanan yang mencampurkan bakso dalam penyajiannya, sehingga menjadi bentuk makanan baru yang lebih kompleks.

Hal seperti ini bisa Anda manfaatkan dalam bidang usaha yaitu dengan menjadi supplier bakso. Anda dapat menjadi seorang produsen yang menjual bakso dalam kapasitas besar kepada orang lain untuk dijual kembali. Dalam mendapatkan keuntungan besar dan putaran cepat, maka Anda dapat menjadi kemitraan dengan toko-toko yang menjadikan bakso sebagai produk jualannya.

Jika memungkinkan, Anda juga dapat menjalin kerja sama dengan minimarket dalam penjualan bakso. Namun Anda harus bisa memproduksi bakso yang bisa tahan lama serta pengemasan yang bagus. Tujuannya adalah agar rasio bakso tidak berubah ketika sampai di tangan konsumen.

Itulah lima usaha kemitraan home industri yang bisa Anda pilih dan tekuni. Kunci utama dari usaha kemitraan ialah bagaimana Anda menjalin kerja sama dengan orang lain yang sifatnya saling menguntungkan. Sebab itulah kenapa usaha kemitraan membutuhkan perjanjian agar tidak ada pihak yang berbuat curang. Perlu Anda ketahui bahwasanya setiap badan usaha memiliki syarat yang berbeda dalam menjadi mitra.