Select Page

Bila Anda ingin mencoba sebuah bisnis rumahan yang bisa dikerjakan tanpa harus keluar rumah, maka usaha kerajinan kain flanel patut Anda coba. Kain flanel merupakan sejenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun. Pembuatan kain ini hanya melalui dua proses yaitu pemanasan dan penguapan. Kain flanel ini sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang yang menjadikan kerajinan kain flanel sebagai ladang usaha. Selain karena alasan modal, kemudahan dalam menyulap kain flanel menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan lucu juga merupakan salah satu alasannya. Itulah sebabnya mengapa usaha kerajinan kain flanel semakin populer dan menjamur di tengah-tengah masyarakat.

Bukan itu saja, alasan lain kenapa banyak orang menjalankan usaha kerajinan yang satu ini tidak lain karena proses pembuatannya yang mudah dan tidak membutuhkan keahlian tertentu. Hal yang paling penting dalam membuat kerajinan dari kain flanel adalah sabar dan telaten. Jika Anda memiliki dua sikap ini, maka besar kemungkinan Anda dapat membuat kerajinan dari kain flanel.

Inilah Alasan Utama Menjalankan Usaha Kerajinan Kain Flanel

Ketika ingin memulai sesuatu hal, Anda tentu membutuhkan sebuah alasan yang meyakinkan untuk menjalankannya. Sama halnya ketika Anda ingin membuka sebuah usaha, tentu membutuhkan keyakinan untuk memulainya.

Memilih kerajinan kain flanel sebagai salah satu usaha rumahan memiliki banyak alasan. Alasan-alasan tersebut secara tidak langsung akan menjawab keresahan banyak orang ketika ingin memulai sebuah usaha yaitu modal.

Bahan baku kain flanel yang cukup terjangkau di pasaran merupakan salah satu solusi ketika Anda ingin menjalankan sebuah usaha kerajinan dengan modal minim. Selain itu, tekstur dari kain flanel yang mudah dibentuk juga menjadi alasan kenapa kerajinan ini patut dicoba. Terlebih lagi tidak membutuhkan keahlian khusus untuk dapat menciptakan sebuah kerajinan menggunakan kain flanel.

Secara garis besar, berikut ini alasan utama mengapa perlu menjalankan usaha kerajinan kain flanel :

1. Bahan Baku Murah

Mempertimbangkan sebuah modal ketika ingin memulai usaha merupakan langkah awal yang patut dilakukan. Ketika ingin memulai usaha, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal seperti apakah modal yang dibutuhkan sesuai dengan hasil penjualan? Apakah ada keuntungan menjalankan bisnis tersebut? Bagaimana peluang bisnis tersebut bisa memberikan penghasilan?

Anda perlu mempertanyakan beberapa hal tersebut untuk mengetahui apakah usaha yang akan Anda rintis tersebut bisa menghasilkan atau tidak. Jika pertanyaan tersebut dilemparkan kepada usaha kerajinan kain flanel, maka jawabannya pasti bisa.

Hal ini berhubungan dengan harga dari kain flanel yang cukup terjangkau, yaitu kisaran Rp 10.000 hingga Rp 15.000 per meternya. Harga ini akan lebih terjangkau apalagi Anda membelinya dalam jumlah yang banyak karena ada kemungkinan Anda akan mendapatkan potongan harga. Dengan harga bahan baku demikian, Anda bisa membuat sebuah kerajinan dan menjualnya dengan keuntungan dua sampai tiga kali lipat dari modal.

2. Mudahnya Mendapatkan Bahan Baku

Selain memiliki bahan baku dengan harga murah, kain flanel juga mudah untuk didapatkan. Anda dapat menemukan kain flanel di toko mana pun, mulai dari toko alat tulis, toko kain, toko alat jahit, grosir kain biasanya bahkan pasar sekalipun. Dengan berlimpahnya bahan baku tersebut, maka kecil kemungkinan usaha Anda akan mengalami hambatan stock yang membuatnya tidak bisa mencukupi stock ketika ada pesanan yang melebihi kapasitas.

3. Tidak Membutuhkan Alat Khusus

Keuntungan lain dari menjalankan usaha kerajinan kain flanel ialah Anda tidak membutuhkan alat khusus dalam membuat karya. Dalam menjalankan usaha kerajinan kain flanel, alat pendukung yang perlu Anda gunakan sangat minim dan mudah didapatkan. Alat pendukung tersebut diantaranya gunting, benang, jarum, lem biasa dan lem tembak, serta dakron.

Alat-alat pendukung dalam membuat kerajinan kain flanel ini juga memiliki keunggulan yaitu harga yang cukup efisien serta mudah didapatkan. Hal ini tentu dapat memaksimalkan serta menekan profit dari hasil kerajinan yang Anda buat. Dengan demikian Anda tidak akan menemukan kerugian walaupun menjual kerajinan tersebut dengan harga terjangkau.

4. Peminat

Bagaimanapun bentuknya, sebuah usaha kerajinan tidak akan ada gunanya jika tidak memiliki peminat. Untungnya target pasar dari kerajinan kain flanel sangatlah besar. Semua kalangan dapat menjadi target dari penjualan kerajinan kain flanel, tidak terbatas kepada anak-anak saja.

Selain itu usaha kerajinan kain flanel juga tidak dibatasi oleh gender dengan artian baik laki-laki maupun perempuan bisa menggunakan hasil kerajinan ini. Hal tersebut tentu akan lebih memperluas jangkauan dari peminat kerajinan kain flanel ini.

4 Daftar Kerajinan Kain Flanel yang Unik

Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memulai usaha kerajian kain flanel? Jika memang tertarik, berikut 4 daftar kerajinan kain flanel unik yang bisa Anda buat dan jual :

1. Tempat HP

Usaha Kerajinan Kain Flanel

Kerajinan kain flanel kedua yang bisa Anda buat ialah tempat HP. Pada saat sekarang hampir seluruh kalangan memiliki telepon genggam. Sebab itu Anda dapat memanfaatkan hal tersebut sebagai salah satu peluang untuk membuat kerajinan Anda dilirik orang. Buatlah sebuah kerajinan berbentuk unik dan lucu sehingga menarik keinginan orang lain untuk membelinya.

2. Tempat Tisu

Gambar Usaha Kerajinan Kain Flanel

Walaupun jarang digubris, membuat kerajinan dari kain flanel berupa tempat tisu juga memiliki peluang yang bagus. Hal ini berhubungan dengan tempat penggunaan tisu yang umumnya berada di meja tamu. Sehingga membuat banyak orang ingin memberikan penampilan menarik agar tamu yang datang menjadi tertarik.

Ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu ajang promosi yang bisa Anda manfaatkan dalam menarik pelanggan baru. Jika Anda bisa membuat kerajinan yang unik, maka tidak tertutup kemungkinan orang yang datang bertamu ke rumah pelanggan yang memakai kerajinanmu berniat untuk membelinya juga.

3. Bantal

TIps Menjalankan Usaha Kerajinan Kain Flanel

Bantal merupakan salah satu perabot yang paling sering digunakan orang. Sebab itu Anda dapat memanfaatkan fakta ini untuk menarik peminat dengan menciptakan kerajinan kain flanel berupa bantal yang unik. Dalam membuat kerajinan kain flanel berupa bantal, Anda dapat memfokuskan target penjualan kepada anak-anak. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan karena anak-anak lebih memiliki ketertarikan kepada sesuatu hal yang terlihat unik dan lucu dibandingkan orang dewasa.

4. Gantungan Kunci

Ini merupakan salah satu bentuk kerajinan dari kain flanel yang bisa dijual dengan harga murah namun memiliki banyak peminat. Selain mudah dibuat, kerajinan kain flanel berupa gantungan kunci juga tidak menyita banyak waktu dalam proses pembuatannya. Walaupun demikian, peminat dari gantungan kunci ini sangatlah banyak. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan hal tersebut dengan membuat gantungan kunci sebanyak mungkin dan memaksimalkan pemasarannya.

Itulah ulasan singkat mengenai usaha kerajinan kain flanel dan jenis kerajinan kain flanel yang laris saat ini. Anda bisa menjadikan kerajinan ini sebagai salah satu peluang usaha yang potensial.