Select Page

Yuk belajar cara memulai bisnis online dari sekarang. Ini adalah ilmu dasar yang harus Anda kuasai bila ingin jadi pebisnis di era digital seperti sekarang.

Pasalnya, kini penjualan dan pemasaran barang selalu melibatkan dunia digital. Dengan kemajuan zaman, penjualan produk dapat dilakukan melalui media sosial, website, hingga marketplace.

Dengan tahu cara memulainya, Anda dapat mengembangkan usaha dengan cepat dan menghasilkan uang lebih banyak.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas tentang trik awal untuk memulai usaha di bidang online. Selamat menyimak.

Pengertian bisnis online

Sebelum membahas tentang cara mulai berbisnis secara online, baiknya Anda mengenal dulu apa pengertian bisnis online.

Pengertian bisnis online

Sesuai dengan namanya, bisnis online merupakan sebuah usaha yang dijalankan secara online dengan mengandalkan koneksi internet. Artinya, seluruh aktivitas pengenalan, penawaran, hingga pemasaran dilakukan melalui internet.

Bahkan, komunikasi antar penjual dan pembeli juga dilakukan melalui sambungan internet. Tidak ada tatap muka dalam transaksinya kecuali memang keduanya sepakat untuk bertemu.

Karena usahanya dilakukan secara digital, maka cakupan bisnisnya juga jauh lebih luas. Seluas cakupan internet yang bisa mendunia. Artinya, bila biasanya barang atau produk hanya bisa dijual ke tetangga kanan kiri, kini sudah bisa menyentuh pasar Indonesia dengan lebih mudah.

Itulah salah satu alasan kenapa banyak yang melirik model usaha semacam ini. Pasalnya, dengan berbisnis secara online, pangsa pasar akan meningkat dan semakin beragam. Kesempatan untuk menambah cuan pun makin besar.

Cara memulai bisnis online yang tepat agar berhasil

Meski sangat menguntungkan dan tampaknya mudah dijalankan, berbisnis online ternyata tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Bila melakukannya tanpa strategi, usaha yang sudah dilakukan juga bisa hancur dan gulung tikar.

Cara memulai bisnis online yang tepat agar berhasil

Maka dari itu, penting sekali buat pemula untuk mengerti bagaimana cara memulai bisnis online ini. Berikut ini kami rangkum beberapa trik efektif untuk membuat usaha berbasis digital jadi berhasil:

1. Mengerti produk apa yang mau dijual

Baik offline maupun berbasis digital, hal utama yang perlu Anda tentukan saat memulai bisnis adalah produknya. Pastikan Anda sudah tahu mau menjual produk apa. Apakah produknya dalam bentuk barang atau jasa. Semuanya harus jelas di awal dan detail.

Selain itu, pastikan juga bahwa produk ini memang dibutuhkan oleh pasar. Untuk memastikannya Anda harus melakukan riset pasar terlebih dulu.

Bila sudah pasti dibutuhkan pasar, selanjutnya Anda punya kewajiban untuk mengenali produk tersebut dengan baik. Product knowledge adalah yang utama, terlebih jika produknya tidak Anda buat sendiri atau mengambil dari supplier.

2. Riset kompetitor

Apabila sudah jelas produk dan seluk beluknya, kini saatnya untuk mencari tahu bagaimana kompetisi produk tersebut. Selain itu, cari tahu juga bagaimana kompetitor menjual produknya dan apa saja inovasi mereka.

Agar bisa laku cepat, cobalah pilih produk yang sangat dibutuhkan tapi persaingannya masih sedikit. Dengan begini, Anda bisa leluasa memainkan harga atau mencari laba. Bila sudah begitu, akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak uang dari produk yang dijual.

Apabila Anda sudah melakukan riset terhadap kompetitor dan mengetahui strategi mereka, maka jangan lupa untuk menentukan strategi pribadi yang inovatif untuk mendapatkan cuan dengan cara yang sportif.

Cobalah buka marketplace secara lengkap, mulai dari Shopee, Lazada, Blibli, Tokopedia, dan yang lainnya. Cek masing-masing seller yang menjual produk seperti yang sedang Anda tawarkan.

3. Mencari supplier terpercaya

Saat masih pemula, membuat produk sendiri dan menjualnya akan terasa lebih berat. Sebab, Anda perlu mengurus dari awal proses produksi sampai pemasaran. Selain sulit, hal ini akan membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi.

Maka dari itu, pemula disarankan mencari supplier terpercaya sesuai dengan produk yang dipilih. Soal keuntungan, Anda bisa menentukan sendiri harga jualnya berdasarkan harga beli dari supplier.

Yang terpenting, temukan supplier yang enak diajak komunikasi, produknya bagus (berkualitas), dan mereka mau diajak kerja sama jangka panjang.

Kalau mau lebih mudah, Anda bisa coba menjadi dropshipper dari supplier tersebut. Dengan sistem dropship, Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali kecuali skill untuk memasarkan barang secara online. Atau, jika memang ada modal Anda bisa kulakan dengan sistem reseller.

4. Buat brand terpercaya dan perkuat

Brand adalah cara untuk mengenalkan produk Anda kepada dunia. Maka dari itu, caranya tidak bisa asal-asalan. Anda harus terlihat profesional meskipun sebenarnya masih pemula.

Pilihlah nama yang sesuai, buat logonya, pikirkan bagaimana desainnya, dan yang lainnya. Ini akan menjadi nilai tambah bisnis online di mata para pelanggan.

Bila dari awal sudah terlihat kece dan berpengalaman, maka rasa percaya pelanggan juga akan meningkat dan brand bisa menjadi semakin kuat seiring berjalannya waktu.

5. Buat website dan sosial media

Untuk memasarkan produk, Anda membutuhkan platform. Nah, khusus untuk penjualan secara digital yang dibutuhkan adalah platform digital juga seperti media sosial dan website. Di sinilah produk-produk akan diunggah dan dikenalkan kepada seluruh calon pembeli.

Oleh karena itu, silakan buat akun bisnis di FB, Instagram, TikTok, atau yang lainnya. Anda juga harus memastikan bahwa akun toko online Anda terlihat oke di marketplace.

Tidak berhenti di situ, agar makin terlihat profesional, buatlah website toko online sendiri. Hal ini akan meningkatkan kelas Anda sebagai seorang pengusaha.

6. Manfaatkan promosi gratis

Setiap marketplace biasanya menyediakan fitur promosi gratis untuk para penggunanya. Manfaatkan ini dengan baik. Di Shopee misalnya, Anda dapat menaikkan produk secara berkala agar lebih mudah masuk ke halaman pencarian.

Selain lewat marketplace, promosi gratis juga dapat dilakukan melalui media sosial masing-masing. Misalnya dengan memasang status di WA, posting produk di FB, IG, atau yang lainnya.

7. Coba promosi berbayar

Agar produknya makin dikenal, Anda harus menambah usaha dengan mencoba promosi berbayar. Ada banyak jenis promosi berbayar dalam cara memulai bisnis online. Di antaranya adalah dengan memasang iklan di IG, ikut Google Ads, endorsement, dan yang lainnya.

Bahkan, di beberapa marketplace ada kesempatan buat para pengguna yang ingin membayar sejumlah uang untuk iklan tertentu. Dengan begitu produknya akan selalu nongol di halaman pencarian.

8. Berikan pelayanan terbaik, pertahankan pelanggan setia

Dengan segala usaha yang Anda lakukan, yakinlah bahwa akan ada pembeli yang datang. Saat mereka sudah datang, berikan pelayanan terbaik agar mereka jadi pelanggan setia.

Contoh bisnis online yang menguntungkan, bisa tanpa modal!

Contoh bisnis online yang menguntungkan, bisa tanpa modal!

Apabila saat ini Anda sedang bingung mencari pilihan bisnis yang tepat, maka di bawah ini beberapa inspirasi usahanya:

  • Bisnis makanan online seperti bumbu dapur, aneka sambal, oleh-oleh khas daerah, frozen food, dll.
  • Produk fashion seperti baju anak, busana muslim muslimah, perlengkapan baju bayi, baju ibu hamil dan menyusui, sepatu, sandal, dll.
  • Contoh produk lainnya: mainan anak, produk elektronik, alat makeup dan produk kosmetik, dll.

Ada banyak produk yang bisa Anda jual, jadi jangan sampai kehabisan ide bisnis unik online. Asalkan menerapkan cara memulai bisnis online di atas dengan tepat, usahanya akan membuahkan hasil.

Sumber:

Ads.google.com. https://ads.google.com/intl/id_id/home/