Select Page

Berapa lama transfer uang dari malaysia ke Indonesia Bank BRI sangat bervariasi. Bisa berjalan cukup cepat, yakni sekitar 1-3 hari kalau tidak ada kendala sama sekali dari sinyal atau keadaan. Bisa juga memakan waktu sampai mingguan.

Tidak sedikit pula orang yang harus menunggu sampai berbulan-bulan supaya proses pengiriman uang dari negeri jiran ke bank lokal selesai, meskipun nominal uang berkurang drastis karena harus membayar biaya administrasi.

Faktor Pengaruh Berapa Lama Transfer Uang dari Malaysia ke BRI

Terlepas dari itu semua, berapa lama transfer uang dari malaysia ke Bank BRI dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini :

1. Nominal Uang

Besaran nominal uang yang ditransfer merupakan salah satu faktor pengaruh cepat atau lambatnya proses pengiriman uang berlangsung.

Kalau Anda mengirimkan uang kurang dari 2 juta rupiah, biasanya membutuhkan waktu hanya 1 hari saja malah kurang dari itu. Sebaliknya bila jumlahnya besar, Anda harus sedikit bersabar karena prosesnya jauh lebih lama.

2. Hari Pengiriman uang

Selain nominal, hari kapan Anda mengirimkan uang juga berpengaruh terhadap lamanya transfer uang dari luar negeri. Biasanya transfer akan berjalan sangat cepat kalau Anda melakukannya di hari-hari biasa.

Sebaliknya proses transfer melambat kalau Anda melakukannya di hari-hari libur. Itu terjadi karena pihak bank akan memberhentikan semua kegiatan transaksi. Sekiranya ada, mereka menundanya di hari-hari kerja.

Jangan lupa untuk memperhatikan jam operasional saja. Ada beberapa bank yang enggan memproses transaksi dari nasabah bila bank tersebut tutup. Ada juga yang masih mau, itu tergantung kebijakan masing-masing perusahaan perbankan.

3. Metode Transfer

Ada beragam metode transfer uang yang bisa Anda pilih sesuai selera. Salah satunya adalah lewat western union.Untuk cara satu ini memang terlihat sulit, pasalnya Anda harus menyerahkan dokumen-dokumen penting dahulu sebelum menyetorkan uang. Terlepas dari itu semua, potongan yang dibayar cenderung sedikit.

Kemudian Anda juga dapat menggunakan aplikasi True Money. Cenderung mudah dan terselesaikan secepat mungkin sehingga efisien terutama mereka yang sibuk karena harus menyelesaikan berbagai pekerjaan harian.

Setiap metode transfer yang Anda pilih akan berpengaruh terhadap cepat lambatnya uang dikirimkan ke bank lokal. Maka sebagai konsumen, berhati-hati dalam memilih cara tepat. Jika salah, proses pun berjalan lambat bahkan sampai dihentikan.

Cara Transfer Uang dari Malaysia ke Bank BRI

Sebagaimana disebutkan pada pembahasan sebelumnya, ada beragam cara transfer uang yang bisa Anda pilih. Semuanya berpengaruh langsung terhadap berapa lama transfer uang dari malaysia ke bank bri. Maka dari itu, Anda harus memilih dengan sangat hati-hati. Sebagai rekomendasi, beberapa cara berikut bisa digunakan :

1. Lewat Bank di Malaysia

Ada sekitar 100 perusahaan perbankan yang tersebar di seluruh wilayah Malaysia. Semuanya memiliki nasabah ribuan orang. Semuanya juga menerima berbagai transaksi, termasuk pengiriman uang ke luar negeri seperti Indonesia, asalkan identitas pengirim, dan kode SWIFT jelas. adapun langkah-langkahnya sendiri, antara lain :

  • Cari bank lokal terdekat.
  • Ambil slip transfer.
  • Isi semua pertanyaan yang ada pada kertas slip dengan sebenar-benarnya data.
  • Serahkan slip tersebut ke teller.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Jika sudah, bukti pengiriman akan disetorkan kepadamu.

2. Transfer Wise

Selain lewat bank lokal malaysia, Anda bisa menggunakan Transfer Wise. Transfer Wise sendiri adalah salah satu perusahaan e-money, yang kalau di Indonesia sama seperti OVO. Untuk caranya sendiri sebagai berikut :

  • Masukan nominal uang yang akan Anda kirimkan ke Indonesia.
  • Masukan rincian bank penerima.
  • Verifikasi identitas si pengirim.
  • Anda harus membayar sedikit uang sebagai biaya administrasi

3. Melalui Western Union

Bagi Anda yang tidak punya rekening bank sama sekali walau zaman telah canggih, Anda bisa kirim uang lewat western union. Memang cara satu ini terlihat ribet, tapi sangat terjamin keamanannya. Terlepas dari semua itu, kalau Anda berminat, beberapa langkah berikut mesti diikuti :

  • Menyiapkan dokumen pribadi.
  • Pergi ke kantor cabang Western Union terdekat.
  • Ambil dan isi formulir pengiriman uang ke Indonesia. Pastikan semua data sifatnya valid.
  • Tandatangani formulir tersebut sebagai bukti sah bahwa Anda mengisi semua pertanyaan dengan sadar.
  • Petugas akan memberikan kode pengiriman uang yang bisa Anda lacak secara daring.
  • Notifikasi akan muncul jika uang telah tiba di tangan si penerima.

4. Melalui True Money

Untuk transfer uang ke Indonesia, Anda dapat mengunduh sekaligus memakai True Money. Berapa lama transfer uang dari Malaysia ke Bank BRIcenderung cepat. Dengan syarat Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Unduh True Money terlebih dulu. Anda bisa mendapatkannya di PlayStore.
  • Sekiranya beres, daftarkan akun dengan memasukkan data pribadi.
  • Lakukan verifikasi. Bisa melalui nomor telepon, sms, atau email.
  • Setor uang dengan jumlah yang Anda akan kirimkan ke orang lain.
  • Jika sudah, pergi ke bagian transfer.
  • Masukan nomor rekening yang ingin Anda tuju lengkap dengan kode SWIFT.
  • Selanjutnya tunggu sampai semua proses berhenti.

Kode SWIFT Bank Indonesia di Luar Negeri

Jika Anda teliti, hampir semua metode mengharuskanmu memasukkan kode swift bank masing-masing. Di sisi lain, tidak semua orang mengenalnya. Untuk mengetahuinya, Anda dapat menemukannya di internet atau membaca rangkuman singkat ini :

1. Bank Nasional

  1. Bank Rakyat Indonesia : BRINIDJAXXX.
  2. Bank Mandiri : BMRIIDJA.
  3. Bank Negara Indonesia : BNIIDJA.
  4. Bank Internasional Indonesia : IBBKIDJA.
  5. Bank Tabungan Negara : BTANIDJA.
  6. Bank Indonesia : INDOIDJA

2. Bank Swasta

  1. Bank Central Asia : CENAIDJA.
  2. Bank Mega : MEGAIDJA.
  3. Bank Bukopin : BBUKIDJA.
  4. Bank Bumiputra Indonesia : BUMIDJA.
  5. Bank Cinatrust Indonesia : CTCIDJA.
  6. Bank Finconesia : FINBIDJA.
  7. Bank Kesawan : AWANIDJA.
  8. Syariah Bank Mandiri : BSMDIDJA.
  9. Bank Hongkong dan Shanghai (HSBC) : HSBCIDJA.
  10. Bank UOB : UOBIDJA.
  11. Bank Deutsche : DEUTIDJA.
  12. AlgemeneNederland dan DeAmsterdamsche-Rotterdamsche (ABN-AMRO) Bank : ABNAIDJA.
  13. Bank PAN Indonesia : PINIDJA.

Itulah pembahasan mengenai cara serta berapa lama transfer uang dari malaysia ke Indonesia Bank BRI. Intinya perihal waktu, Anda harus sedikit bersabar karena ada beberapa bank yang tidak bisa mengerjakan sesuatu secara cepat. Terkadang pemindahan mata uang negara satu dengan lain berjalan lambat.

Di sisi lain, jangan lupa untuk mengikuti prosedur dan metode yang tepat. Harapannya jika Anda berhasil memilih secara benar, proses pemindahan uang dapat terlaksana dalam waktu sesingkat mungkin.

%d bloggers like this: