Select Page

Transfer Dana ke OVO atau sebaliknya bisa langsung dilakukan tanpa perlu datang ke bank. Langkahnya mudah dan 100% bisa berhasil.

Sudah bukan rahasia jika layanan dompet digital kini semakin dikenal. Jumlah pengguna e-wallet di Indonesia semakin banyak karena kemudahan yang ditawarkannya.

Terang saja, transaksi yang biasanya membutuhkan uang berlembar-lembar kini bisa dilakukan hanya dalam sekali klik. Praktis dan mudah.

Tak perlu bawa dompet tebal berisi uang tunai, cukup dengan smartphone semua transaksi dapat dilakukan tanpa hambatan.

Dana dan OVO menjadi dua dari sekian banyak layanan e-wallet di Indonesia yang sangat populer. Bila Anda pengguna salah satu atau keduanya dan ingin melakukan transfer uang, maka silakan simak ulasannya dalam artikel ini. Kami akan membahasnya secara detail.

Cara Transfer Dana ke OVO

Sebelum melakukan transfer dari antar dua e-wallet ini, perlu diketahui bahwa sama dengan cara transfer Gopay ke OVO, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal.

Salah satunya adalah syarat yang mengikat bahwa proses transfer hanya bisa dilakukan dengan lancar bila akun Dana dan OVO yang Anda miliki sudah upgrade. Bukan yang basic lagi alias premier.

Untuk melakukan upgrading semacam ini tidak ada biaya yang dibebankan. Hanya saja, Anda perlu melakukan verifikasi data secara lebih detail dengan mengunggah e-KTP dan dokumen persyaratan lainnya ke masing-masing aplikasi.

Dengan melakukan verifikasi secara benar, maka menu pada aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman dana baru bisa digunakan dengan optimal.

Adapun menu pada aplikasi Dana yang berguna untuk melakukan transfer saldo ke OVO adalah Tarik Saldo dan Kirim. Lebih jelasnya, silakan simak langkah pengiriman uang pada masing-masing menu tersebut di bawah ini:

Transfer via menu Kirim

Cara Transfer Dana ke OVO - Transfer melalui menu Kirim

Berikut ini adalah langkah mudah untuk melakukan transfer ke OVO melalui menu Kirim yang ada di Dana:

  1. Buka aplikasi Dana yang ada di HP atau smartphone.
  2. Pilih menu Kirim.
  3. Selanjutnya, pilih Kirim ke Bank.
  4. Jika Anda belum upgrade ke versi Premium, maka akan muncul menu box yang mengajak Anda untuk segera upgrade. Jika sudah, maka langkah ini tidak akan ada. Anda akan langsung masuk ke langkah berikutnya.
  5. Ketikan nama “Nobu” pada nama bank, maka akan muncul nama Bank National Nobu.
  6. Masukkan nomor 9 diikuti dengan nomor HP aktif yang terdaftar di OVO pada kolom nomor akun. Misalnya, 9081234567890. Angka 9 ini menunjukkan kode VA.
  7. Kolom alias bisa diisi sesuai keinginan. Yang terpenting, nama alias ini akan memudahkan Anda nanti saat hendak melakukan pengiriman dana lagi di kemudian hari.
  8. Klik opsi Tambah Bank Baru.
  9. Masukkan saldo yang akan dikirimkan. Minimal pengirimannya adalah Rp 10.000,-.
  10. Jika sudah, silakan klik Lanjut.
  11. Kolom pesan bisa dikosongkan. Namun, jika Anda mau memberikan keterangan tertentu, silakan tulis di kolom ini.
  12. Lanjutkan dengan klik Kirim Dana.
  13. Sampai pada tahap ini, Anda hanya perlu melakukan konfirmasi ulang data yang sudah diinput dari awal. Pastikan bahwa semua data yang muncul di layar benar dan valid.
  14. Apabila semuanya sudah benar, silakan klik Konfirmasi.
  15. Masukkan PIN akun Dana untuk melakukan verifikasi akhir sebelum transfer Dana ke OVO.

Tunggu sebentar. Setelah prosesnya selesai, Anda akan segera mendapatkan informasi transaksi berhasil melalui layar HP. Saat informasi ini sudah muncul, artinya uang yang dikirimkan juga sudah berpindah ke OVO dari akun e-wallet Anda.

Transfer via menu Tarik Saldo

Cara Transfer Dana ke OVO - Via menu Tarik Saldo

Selain menu Kirim, Anda juga bisa memanfaatkan menu Tarik Saldo. Silakan lakukan tutorial di bawah ini untuk mencobanya:

  1. Buka aplikasi Dana-nya.
  2. Pilih opsi Lihat Semua pada Home.
  3. Scroll ke bawah sedikit, lihat pada kolom Transfer, di situ ada beberapa pilihan menu, salah satunya adalah Tarik Saldo. Silakan klik.
  4. Silakan pilih Transfer Bank.
  5. Masukkan nominal yang mau ditransfer.
  6. Pada kolom bank, silakan ketik “Nobu” lalu pilihlah Bank National Nobu.
  7. Sama dengan langkah di atas, Anda perlu memasukkan kode angka 9 diikuti dengan nomor HP akun OVO yang aktif. Misalnya 9081234567890.
  8. Jika sudah, klik Tarik Saldo lagi.
  9. Lakukan pengecekan ulang data dan pastikan semua benar. Klik Tarik Saldo sekali lagi.
  10. Terakhir, masukkan PIN akun Dana Anda.

Tunggu sampai prosesnya selesai dan muncul notifikasi bahwa pengiriman dananya sudah berhasil. Apabila sudah berhasil, OVO Cash akan langsung bertambah dananya saat itu juga.

Catatan

Saat melakukan transfer, perhatikanlah hal-hal di bawah ini:

  • Pastikan Anda sudah upgrade ke versi premium.
  • Biaya administrasi yang dibebankan adalah GRATIS untuk 10 kali transaksi. Jika lebih dari itu, maka biayanya sekitar Rp 4.500,- sekali transaksi.
  • Agar bisa bebas biaya admin, silakan siapkan saldo di atas Rp 50.000,-. Gratisnya hanya 10 kali dalam sebulan.
  • Kode 9 yang kami sebutkan di atas khusus untuk Bank Nobu. Anda bisa memilih bank lainnya dengan input kode lainnya diikuti nomor HP OVO aktif. Contohnya adalah 8099 untuk bank CIMB Niaga.

Itulah cara mudah transfer dana ke OVO yang harus Anda tahu. Apabila Anda ingin top up OVO dari bank, misalnya BCA silakan cek cara topup OVO via BCA. Selanjutnya, mari kita bahas langkah-langkah transfer OVO ke Dana.

Cara Transfer OVO ke Dana

Cara transfer OVO ke Dana

Berikut ini adalah langkah mudah melakukan transfer dari dompet digital OVO ke Dana:

  1. Silakan buka aplikasi OVO.
  2. Pilih menu Transfer.
  3. Pilih ke Rekening Bank.
  4. Silakan isi kolom nomor rekening dengan kode 8059 yang diikuti dengan nomor HP aktif akun Dana Anda. Sebagai contoh 8059081234567890.
  5. Pastikan nomor yang dimasukkan benar.
  6. Setelah itu, silakan isikan jumlah uang yang mau dikirimkan. Minimal transfernya adalah Rp 10.000,-.
  7. Kolom pesan boleh dibiarkan kosong, boleh juga diisi. Jika mau mengisinya, silakan sesuaikan sendiri dengan keterangan yang mau diberikan untuk transfer tersebut.
  8. Jika sudah, silakan klik Lanjutkan.
  9. Silakan cek ulang seluruh data yang sudah Anda input. Mulai dari nominal transfer dan penerima. Jika sudah benar dan valid, silakan lanjutkan dengan klik Transfer.
  10. Kemudian, tunggulah sampai proses pengiriman dananya selesai.

Transaksi yang berhasil akan segera mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi. Jadi, pastikan untuk memperhatikannya.

Jika transfer OVO ke Dana ini berhasil, uang yang dikirimkan dari OVO akan langsung masuk sebagai saldo di akun Dana penerima.

Catatan

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan selama Anda melakukan cara transfer OVO ke Dana:

  • Biaya administrasi yang dibebankan sampai saat ini masih 0 alias gratis. Namun, pengaturan ini bisa saja berubah.
  • Saldo minimal yang dikirimkan adalah Rp 10.000,-.
  • Pastikan akun yang akan digunakan untuk mengirim uang sudah diupgrade ke versi premier.

Terakhir, langkah transfer Dana ke OVO dan sebaliknya di atas mungkin saja bisa mengalami perubahan sesuai dengan tampilan menu dari aplikasinya. Mengingat aplikasi memang selalu melakukan updating. Jadi, silakan disesuaikan sendiri.

Sumber:

Aplikasi Dana. https://play.google.com/store/apps/details?id=id.dana&hl=in&gl=US

Aplikasi OVO. https://play.google.com/store/apps/details?id=ovo.id&hl=in&gl=US