Select Page

Mau belanja tapi tak ada uang? Yuk manfaatkan cara bayar Shopee Paylater biar tetap bisa mendapatkan produk yang dibutuhkan dan membayar belakangan.

Layanan ini sangat memudahkan para pengguna marketplace, khususnya Shopee. Anda tetap bisa mendapatkan produk favorit dan membayarnya dengan mengangsur per bulan.

Tak perlu mengajukan pinjaman ke bank atau leasing. Asalkan sudah memenuhi syarat, Anda bisa mengaktifkannya dengan jumlah plafon yang sudah ditentukan oleh pihak Shopee.

Kalau masih bingung dengan cara pakai SPayLater, kami akan membahasnya dalam artikel ini secara lebih detail. Selamat menyimak sampai selesai.

Tentang Shopee Paylater (SPayLater)

SPaylater merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh Shopee kepada para penggunanya yang kesulitan keuangan saat berbelanja.

Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk membeli produk dan membayarnya nanti sesuai dengan tenor yang dipilih. Jika Anda mau menggunakan fitur ini sebagai cara pembayaran Shopee, maka pengaturannya dapat dilakukan di menu metode pembayaran saat Anda sedang berbelanja online.

Perlu diketahui bahwa masing-masing pengguna memiliki limit SPayLater yang berbeda-beda. Ada yang masih di angka ratusan ribu, ada pula yang sudah jutaan rupiah.

Namun yang jelas, nominal limit fitur ini bisa jadi sangat tinggi karena mencapai puluhan juta rupiah. Bahkan, Anda bisa mendapatkan limit 50 juta rupiah asalkan memang sudah memenuhi syarat yang ditetapkan oleh pihak Shopee.

Syarat Aktivasi Shopee Paylater

Agar bisa menggunakan SPayLater sebagai metode pembayaran, Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu. Proses aktivasi dapat dilakukan jika pengguna sudah memenuhi syarat. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi adalah:

  • Akun Shopee sudah terdaftar dan terverifikasi.
  • Usia akun Shopee-nya minimal 3 bulan.
  • Menjadi member yang aktif, sering berbelanja, dan bertransaksi di Shopee.
  • Aplikasi Shopee yang sudah update.

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam program SPayLater, pihak Shopee biasanya akan memberikan notifikasi langsung di akun.

Intinya, jika ada pilihan SPaylater di akun Anda atau ada pilihan SPayLater di metode pembayaran, maka Anda sudah termasuk dalam program tersebut dan tinggal diaktifkan saja.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater

Apabila Anda sudah memenuhi syarat, maka silakan aktifkan SPayLater dengan cara di bawah ini:

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater
  • Silakan buka aplikasi Shopee yang ada di HP. Pastikan Anda sudah log in.
  • Buka menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu SpayLater.
  • Klik tombol Aktifkan Sekarang.
  • Silakan ketik kode OTP yang dikirimkan melalui WA ke nomor HP Anda. Pastikan bahwa hanya Anda yang tahu kode OTP ini. Jangan beritahukan kepada siapa pun. Jika sudah diinput, klik Lanjut.
  • Lanjutkan dengan mengunggah foto KTP. Pastikan posisi pengambilan gambar sesuai dengan bingkainya dan seluruh informasi yang ada di KTP dapat terbaca dengan jelas dan lengkap.
  • Silakan masukkan NIK pada kolom yang tersedia kemudian klik Konfirmasi.
  • Masukkan informasi tambahan dan klik Konfirmasi.
  • Silakan verifikasi wajah dengan benar. pastikan wajah masuk ke area frame yang tersedia.
  • Apabila seluruh proses sudah dilalui, maka akan ada notifikasi bahwa pengajuan SPayLater sedang diproses. Silakan tunggu.
  • Jika sudah disetujui, akan ada notifikasi “Berhasil” dari SPayLater.

Saat sudah berhasil mengaktifkan fitur ini, biasanya Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai limitnya. Jadi, silakan gunakan dengan bijak limit tersebut untuk berbelanja. Untuk pembayaran, Anda bisa memilih cicilan 1x, 3x, atau 6x.

Cara Membeli Produk Menggunakan SPayLater

Sebagaimana disampaikan di atas, cara pembayaran SPayLater ini sangat mudah karena hampir sama dengan metode pembayaran lain. Anda hanya perlu mengubah metode pembayaran ke SPayLater sebelum klik “buat pesanan”.

Cara Membeli Produk Menggunakan SPayLater

Apabila saldo limitnya masih memenuhi, maka proses pembayaran akan langsung berjalan tanpa perlu mengeluarkan uang saat itu juga.

Sebagai gantinya, Anda bisa membayar produk tersebut sesuai dengan tenor yang sudah dipilih.

Cara Bayar Shopee Paylater

Setelah melakukan pembayaran menggunakan SPayLater, Anda perlu membayar tagihannya sesuai dengan cicilan dan tenor yang telah dipilih.

Pembayaran ini harus dilakukan sebelum jatuh temponya datang. Jika telat melakukan pembayaran tagihan, maka ada beberapa konsekuensi yang harus ditanggung. Misalnya adanya denda sebanyak 5% dan terus bertambah, kesulitan upgrade limit, hingga pembekuan akun Shopee.

Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka silakan bayar tagihan sebelum jatuh tempo dengan cara di bawah ini:

Cara Bayar Shopee Paylater
  • Buka aplikasi Shopee yang ada di HP dan pastikan sudah log in.
  • Jika sudah, silakan pilih menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.
  • Pilih menu SPayLater.
  • Anda akan menemukan tab Total Tagihan Bulan Ini, silakan pilih.
  • Klik Bayar Sekarang.
  • Anda akan masuk ke halaman Jumlah yang Harus Dibayar. Di sini, silakan pilih opsi Tagihan Bulan Depan.
  • Selanjutnya, silakan klik Bayar Lebih Dulu.
  • Silakan pilih metode pembayarannya kemudian klik Konfirmasi.

Sebagai catatan, Anda hanya bisa melunasi pembayaran yang jatuh tempo di 1 bulan berikutnya. Artinya, jika sudah terlanjur memilih tenor 3 bulan, maka artinya pembayaran tetap harus dilakukan 3 kali, tidak bisa sekaligus.

Metode Pembayaran Tagihan SPayLater

Sama dengan top up OVO Tokopedia, Shopee juga menyediakan metode yang beragam untuk membayar tagihan SPayLater. Di sini, Anda dapat memanfaatkan ShopeePay, Indomaret, atau Virtual Account.

Berikut ini penjelasan untuk masing-masing metode tersebut:

ShopeePay

Untuk pembayaran via ShopeePay, pastikan saldonya sudah memenuhi atau mencukupi nominal tagihan yang akan dibayarkan. Jika jumlah saldonya kurang, maka Anda perlu melakukan top up terlebih dulu atau memilih metode bayar lainnya.

Jika memilih top up, maka proses bayarnya bisa dilakukan seperti biasa. Contohnya adalah dengan cara transfer bank atau melalui virtual account.

Virtual account

Jika memilih pembayaran via virtual account, Anda tinggal memilih saja bank mana yang mau dipakai untuk mentransfer. Boleh BCA, BRI, Mandiri, atau yang lainnya.

Cara bayarnya bisa via ATM atau internet banking. Silakan sesuaikan saja dengan fasilitas perbankan yang dimiliki.

Sebagai catatan, apabila Anda melakukan pembayaran melalui Virtual Account bank Mandiri, pastikan bahwa Penyedia Jasa yang dipilih adalah SPayLater agar tidak terjadi kesalahan pembayaran tagihan.

Indomaret

Membayar di Indomaret memiliki sejumlah kelebihan, di antaranya adalah:

  • Tagihan secara otomatis akan terbayar atau lunas (cepat).
  • Bisa dilakukan di lokasi terdekat.

Apabila menghendaki metode bayar ini, maka sebaiknya Anda klik Bayar pada halaman utama SPayLater saat sudah sampai di gerai Indomaret terpilih.

Ketentuan dan catatan

Setelah melakukan pembayaran, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Untuk pembayaran melalui ShopeePay dan Virtual Account, biasanya tagihannya akan lunas secara otomatis dalam kurun waktu maksimal 10 menit.
  • Setelah pembayaran terverifikasi dan lunas, maka Anda akan mendapatkan notifikasi khusus.
  • Jika tagihan sudah terbayar, maka limit SPayLater akan kembali seperti semula. Kalau limitnya belum berubah, silakan tunggu maksimal 1 x 24 jam. Jika sampai waktu tersebut tidak juga ada perubahan, maka pengguna diharapkan menghubungi customer service.

Sebagai tambahan informasi, saat tidak punya cukup uang di rekening, Anda juga bisa coba bayar Shopee pakai OVO selain lewat cara bayar Shopee Paylater di atas. Jadi, tidak perlu khawatir saat kehabisan saldo di akun bank Anda.

Sumber:

Play.google.com. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.shopee.id