Select Page

Mengetahui cara jualan pulsa lewat sms merupakan solusi terbaik bagi Anda yang tidak memiliki smartphone. Sebab dengan menggunakan ponsel biasa, Anda tetap bisa melakukan transaksi penjualan pulsa melalui sms.

Meskipun saat ini rata-rata penjual pulsa sudah menggunakan aplikasi Android untuk berjualan pulsa, bukan berarti Anda langsung menyerah hanya karena tidak memilikinya. Selama bisa bersabar, Anda bisa merintis usaha jualan pulsa yang sukses dengan bermodalkan ponsel biasa.

Besarnya Peluang Usaha Jualan Pulsa Lewat SMS

Di masa pandemi saat ini, di mana orang-orang dianjurkan untuk bekerja dari rumah (Work From Home), berjualan pulsa merupakan salah satu solusi yang tepat. Sebab, Anda bisa menjalankan dan mengembangkan usaha tersebut tanpa harus keluar dari rumah.

Lantas sejauh manakah peluang usaha berjualan pulsa? Untuk mengetahuinya, yuk simak detail ulasannya di bawah ini :

1.Pulsa Merupakan Kebutuhan Sehari-Hari

Tidak bisa dipungkiri saat ini pulsa menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari. Sebab, orang-orang membutuhkannya agar bisa melakukan komunikasi jarak jauh dengan pihak lain, baik keluarga, teman, rekan kerja, dan semisalnya hanya dengan menggunakan ponsel.

Meskipun memiliki ponsel, tetap saja komunikasi tidak akan bisa berjalan jika tidak memiliki pulsa. Di sisi lain, saat ini ponsel sudah bukan barang mewah lagi bagi masyarakat. Sebagian besar masyarakat sudah menggunakannya, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bahkan orang tua.

Kesimpulannya, peluang bisnis pulsa sangatlah besar. Selama Anda bisa mendapatkan banyak konsumen, potensi keuntungan yang akan didapatkan tentu sangat besar. Karenanya, sayang sekali jika keinginan untuk berjualan pulsa menjadi surut hanya karena tidak memiliki smartphone.

2.Pulsa Menjadi Alat Pembayaran

Di era digital saat ini, alat yang digunakan untuk melakukan pembayaran tidak sebatas uang lagi, meskipun pembayaran menggunakan uang tetap paling utama. Tapi dalam sebagian transaksi, penjual lebih senang menerima pembayaran menggunakan pulsa. Pembayaran menggunakan pulsa banyak terjadi dalam transaksi online.

Karena banyaknya orang-orang yang menggunakan pulsa sebagai alat pembayaran saat transaksi online, menjadikan kebutuhan pulsa semakin besar. Kondisi ini tentu merupakan ‘lahan basah’ dan peluang besar bagi Anda yang ingin berjualan pulsa.  

Meskipun tidak memiliki smartphone, kenyataanya Anda tetap bisa melakukan transaksi penjualan pulsa kepada pelanggan menggunakan ponsel biasa. Asalkan Anda mengetahui bagaimana cara jualan pulsa lewat sms, tentu tidak akan ada kendala dalam proses transaksinya.

3.Besarnya Penggunaan Pulsa Internet

Peluang berjualan pulsa lewat sms bisa semakin besar jika Anda tidak hanya membatasi penjualan pulsa telpon atau sms saja. Jika Anda menambah item jualan dengan pulsa internet, tentu potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan akan semakin besar pula.

Saat ini kebutuhan akses internet sudah menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Hal tersebut disebabkan terus meningkatnya aktivitas jual beli online melalui internet, yang nota benenya membutuhkan pulsa internet untuk bisa melakukannya.

Selain itu, tingginya aktivitas social media di kalangan masyarakat juga menjadi salah satu sebab melonjaknya kebutuhan pulsa internet. Olehnya itu, jika Anda tahu cara jualan pulsa lewat sms, baik pulsa telpon biasa maupun pulsa internet, tentu peluang keberhasilan Anda akan semakin besar.

4.Tingginya Kebutuhan Pulsa Listrik

Agar potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari berjualan pulsa semakin besar, sebaiknya jangan membatasi penjualan sebatas pulsa telpon dan internet saja. Lengkapi jualan Anda dengan pulsa listrik. Pasalnya, pulsa listrik  juga sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Hal tersebut terlihat jelas dari semakin banyaknya penggunaan rekening listrik yang menggunakan pulsa.

Hanya saja, berjualan pulsa listrik membutuhkan tambahan perangkat laptop/PC untuk memudahkan transaksi. Oleh karena itu, Anda bisa berjualan pulsa listrik jika memiliki tambahan perangkat tersebut.  

Cara Memulai Berjualan Pulsa Lewat SMS

Setelah membaca besarnya peluang bisnis jualan pulsa di atas, tentu Anda semakin bersemangat untuk memulainya. Lantas bagaimanakah cara untuk memulainya? Simak saja langkah-langkahnya di bawah ini :

1.Persiapkan Modal Jualan Pulsa

Sebelum memulai bisnis pulsa, tentu saja Anda harus mempersiapkan modal terlebih dahulu. Selain persiapan perangkat telpon untuk keperluan transaksi, Anda tentu harus mempersiapkan modal awal untuk pembelian pulsa grosir.

Jangan khawatir, modal awal yang dibutuhkan tidak begitu besar. Sebab, Anda bisa langsung mulai menjalankan usaha tersebut hanya dengan modal awal sebesar Rp.50.000 saja. Tapi jika Anda ingin menambahkan dengan jualan pulsa internet, maka modal awal yang dibutuhkan berkisar Rp.300.000-Rp.500.000 saja.

2.Mendaftar Jadi Agen Pulsa

Karena target utama Anda adalah berjualan pulsa untuk mendapatkan keuntungan, tentu saja Anda harus mendaftar sebagai agen pulsa agar bisa mendapatkan pulsa dengan harga murah alias grosir. Untuk itu, Anda mesti mencari agen pulsa terbaik dan terpercaya untuk mendaftarkan diri di sana.

Saat ini sebenarnya sudah tidak terlalu sulit untuk menemukan agen pulsa, karena Anda bisa mencarinya melalui internet, Banyak kok agen pulsa yang bermunculan sekarang, yang masing-masing dari mereka menawarkan diskon dan keunggulan khusus bagi agen mereka.

Karena bisnis jualan pulsa bersifat jangka panjang, Anda mesti melakukan pencarian agen pulsa secermat dan sebijak mungkin. Lakukan transaksi hanya dengan grosir pulsa yang profesional dan amanah, serta mampu menyediakan stok pulsa kapanpun dibutuhkan.

Kendala yang seringkali dialami saat berjualan pulsa khususnya saat usaha sudah berjalan lancar dan berkembang yaitu grosir pulsa yang lambat respon atau tidak mampu menyediakan pulsa dalam jumlah yang diinginkan.

Akibatnya, saat Anda mendapatkan pelanggan atau pembeli pulsa dalam jumlah banyak, Anda tidak bisa melayani pembelian tersebut karena terkendala oleh grosir pulsa yang lambat respon atau tidak memiliki stok pulsa yang memadai. Hal ini tentu merupakan kerugian tersendiri bagi Anda karena kehilangan pembeli dan reputasi menurun.

Cara Transaksi Penjualan Pulsa Lewat SMS

Karena Anda berjualan pulsa hanya menggunakan ponsel biasa, maka cara berjualannya tentu saja bukan menggunakan aplikasi melainkan dengan cara mengirimkan sms. Meskipun sedikit merepotkan, tapi Anda tetap bisa meraih keberhasilan jika mampu bersabar dan konsisten dalam mengembangkannya.

Kegiatan transaksi pulsa melalui sms pastinya membutuhkan kode-kode transaksi tertentu. Biasanya kode transaksi tersebut telah ditetapkan oleh pihak grosir pulsa tempat Anda mendaftarkan diri sebagai agen pulsa.

Nantinya Anda tinggal mengetikkan kode-kode transaksi yang berisikan jumlah pulsa yang akan dikirimkan ke nomor pelanggan atau pembeli. Agar transaksi berjalan lancar, Anda mesti menghafal kode tersebut sebaik mungkin.

Tentu saja Anda juga perlu mencatat kode transaksi yang diberikan. Hal ini dalam rangka berjaga-jaga jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti lupa kode atau yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai mengenai cara jualan pulsa lewat sms dan peluang bisnisnya. Bagi Anda yang saat ini berkeinginan untuk menjalankan usaha tertentu yang mudah dijalankan dari rumah, maka berjualan pulsa merupakan pilihan yang tepat.