Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Aplikasi dompet digital kini telah ada cukup banyak pilihannya. Salah satu yang cukup diminati adalah e-wallet LinkAja. Dengan LinkAja, pengguna bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah dan efisien. Meskipun mudah untuk digunakan, rupanya para pengguna masih belum tahu cara ganti nomor LinkAja. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahuinya, langsung saja simak informasi berikut ini.

Cara Ganti Nomor LinkAja dengan Mudah

Cara Ganti Nomor LinkAja Melalui Gerai GraPari

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengganti nomor LinkAja adalah dengan mendatangi langsung kantor GraPari terdekat. Sebelum datang ke sana, Anda wajib mempersiapkan persyaratan seperti nomor baru yang ingin di daftarkan dan juga KTP. Cara seperti ini tentu memang kurang praktis karena mengharuskan pengguna datang langsung ke kantor GraPari untuk mengganti nomor.

Namun, hal itu mau tidak mau harus dilakukan karena memang tidak ada cara praktis yang tersedia saat ini. Jadi, Anda datang saja ke GraPari dengan semua persyaratan tersebut. Setelah itu, segera minta informasi pada petugas tentang niat untuk mengganti nomor pada aplikasi LinkAja.

Meskipun terkesan rumit, namun dari pihak GraPari akan dengan senang hati membantu dalam proses penggantian nomor. Anda hanya tinggal mengikuti saja semua arahan yang diberikan oleh petugas. Pastikan semua pengisian data dan langkah dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi masalah saat dilakukan penggantian nomor LinkAja.

Cara Ganti Nomor LInkAja Lewat Bantuan CS

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengganti nomor pada aplikasi LinkAja adalah dengan bantuan dari Customer Service atau CS. Untuk dapat menghubungi CS, Anda bisa melakukannya lewat aplikasi. Mintalah pada pihak LinkAja untuk melakukan pergantian nomor. Nantinya, dari pihak aplikasi akan memberikan tawaran untuk downgrade akun Anda yang telah lolos validasi sebelumnya.

Namun, proses downgrade ini hanya bisa dilakukan ketika pengguna juga menyetujuinya. Jika tidak, maka pihak LinkAja tidak akan mau untuk melakukannya. Perlu diketahui, proses downgrade akan membuat akun level menjadi basic service lagi. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik tentang konsekuensi tersebut sebelum melakukan downgrade.

Nah, untuk menghubungi CS, Anda bisa lihat langkahnya berikut:

  • Bukalah LinkAja
  • Scroll ke bawah dan pilih “Akun”
  • Lanjutkan dengan pilih “Bantuan”
  • Selanjutnya pilih menu “hubungi kami”

Pada saat proses selesai, pihak aplikasi akan mengirimkan email. Jika memang telah disepakati, maka berikutnya Anda dapat mengisi informasi terkait nomor, tempat tanggal lahir, alamat, dan informasi lain yang ingin diubah. Selain itu, mereka juga akan meminta alasan mengapa pengajuan penggantian nomor dilakukan.

Sebelum mengirimkan email balasan, pastikanlah bahwa semua perubahan data yang diinginkan sudah sesuai. Jika sudah, maka dapat langsung mengirimkan email pengajuan ke CS. Aplikasi akan melakukan validasi apakah permintaan Anda disetujui atau tidak. Jadi, perubahan tidak akan dapat langsung dilakukan karena harus menunggu proses verifikasi dan validasi.

Apabila proses pengajuan penggantian nomor tidak disetujui, maka Anda dapat mencoba untuk mengirimkan kembali permintaan. Namun, pastikan bahwa Anda mempunyai alasan kuat agar pihak aplikasi bersedia untuk melakukan perubahan nomor.

Cara Ganti Nomor Link Aja dengan Membuat Akun Baru

Apabila Anda tidak ingin terlalu ribet dengan kedua cara sebelumnya, maka masih ada cara lain yang dirasa lebih mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot datang ke GraPari ataupun membuat form pengajuan pergantian nomor. Caranya adalah dengan membuat akun baru di aplikasi LinkAja. Selanjutnya, tinggal daftar saja menggunakan nomor baru tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sebelum membuat akun baru, pastikan bahwa sudah tidak ada lagi saldo di akun lama. Jika masih ada, maka Anda dapat melakukan penarikan terlebih dahulu. Penarikan bisa dilakukan dengan kirim ke rekening Bank, lewat merchant, tarik tunai, atau lewat gerai mitra LinkAja. Setelah saldo sudah kosong, maka dapat lanjut dengan membuat akun baru dengan cara berikut ini.

  • Pertama, uninstall terlebih dahulu LinkAja atau hapus data yang tersimpan di HP melalui menu pengaturan aplikasi.
  • Setelah data berhasil dihapus, maka semua memori tentang aktivitas akun sebelumnya akan hilang.
  • Selanjutnya, tinggal buka aplikasi LinkAja dan daftar menggunakan nomor baru.
  • Berikutnya, ikuti saja alur pendaftaran seperti saat membuat akun yang lama dulu.
  • Selesai

Cara ini mungkin adalah yang paling praktis diantara cara lainnya. Jadi, apabila Anda memang tidak ingin terlalu pusing mengajukan pergantian ataupun datang ke gerai GraPari, maka membuat akun baru bisa menjadi solusinya. Namun, semua pengaturan yang sudah ada di akun lama perlu disesuaikan lagi pada akun baru tersebut.

Baca Juga : Cara Bayar Agoda Lewat M-Banking BCA

Itulah tadi ulasan mengenai cara ganti nomor LinkAja yang dapat Anda coba gunakan. Dari ketiga cara di atas, pastinya membuat akun baru adalah langkah paling mudah dan praktis. Namun, apabila Anda ingin mencoba penggantian tanpa harus membuat akun baru lagi karena alasan tertentu, maka bisa mengajukan penggantian ke GraPari atau melalui email.