Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Pembayaran jalan TOL di Indonesia kini sudah semakin maju. Hal itu terbukti dengan mulai digunakannya sistem pembayaran digital dalam transaksinya. Umumnya, pembayaran bisa dilakukan menggunakan e-toll. Namun, seiring perkembangan teknologi aplikasi, kini ada juga cara bayar tol pakai LinkAja. Lantas, bagaimanakah caranya? Langsung saja simak penjelasan lengkapnya tentang hal tersebut di bawah ini.

Cara Bayar TOL Pakai LinkAja

Bayar Tol Bisa Pakai LinkAja

Aplikasi LinkAja adalah jenis dompet digital yang dapat digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran transaksi. Cara kerjanya bisa dibilang hampir sama dengan dompet digital lainnya seperti GoPay, OVO, DANA, dan lain sebagainya. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah sekarang LinkAja bisa digunakan sebagai salah satu alat pembayaran masuk TOL.

Pembayaran TOL menggunakan LinkAja terbilang masih baru. Adanya hal semacam ini, tentu akan membuat pembayaran TOL menjadi lebih efisien dan praktis lagi bagi pengguna jalan. Pengemudi dapat melakukan transaksi pembayaran dalam waktu singkat sehingga tidak akan mengganggu perjalanan. Inovasi tersebut tentu menjadi salah satu terobosan besar dari LinkAja untuk menyaingi e-wallet lainnya.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, penggunaan aplikasi e-wallet LinkAja sebagai alat pembayaran masih terbilang baru. Oleh karena itu, mungkin sampai saat ini belum semua jalan tol yang mengakomodasi pembayaran dengan menggunakan aplikasi tersebut. Namun, lambat laun jenis alat pembayaran seperti ini akan diterapkan di berbagai gerbang TOL di Indonesia.

Meskipun belum diterapkan pada semua gerbang TOL, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mencari tahu tentang bagaimana cara membayar TOL via LinkAja. Dengan begitu, pada saat sistem seperti ini digunakan pada semua TOL di Indonesia, Anda sudah dapat dengan mudah untuk menerapkannya saat berkendara.

Cara Bayar TOL Pakai Link Aja

Setelah mengenal sistem pembayaran TOL menggunakan LinkAja, berikutnya akan dibahas tentang bagaimana langkah-langkah pembayarannya. Seperti halnya menggunakan kartu E-Toll, pengendara harus memastikan bahwa saldo di LinkAja mencukupi untuk membayar TOL. Setelah itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah pembayarannya sebagai berikut.

  • Langkah pertama, isilah saldo LinkAja sesuai dengan kebutuhan pembayaran TOL
  • Selanjutnya, pada kendaraan wajib sudah terpasang RFID pada bagian kaca lampu bagian depan.
  • Pada saat kendaraan melaju ke gerbang TOL, para penjaga akan membaca RFID tersebut melalui sistem yang sudah terpasang. Perlu diketahui, RFID tersebut akan terhubung dengan aplikasi LinkAja.
  • Pada saat sistem pada gerbang TOL dapat mendeteksi saldo LinkAja cukup untuk pembayaran TOL, maka secara otomatis gerbang akan terbuka dan kendaraan bisa masuk. Proses verifikasi pembayaran ini tidak membutuhkan waktu lama sehingga tidak membuat antrean menumpuk di gerbang masuk.
  • Setelah pembayaran berhasil dilakukan, di aplikasi LinkAja juga akan muncul pemberitahuan perihal bayar TOL yang sudah berhasil dilakukan.

Berdasarkan langkah tersebut, dapat terlihat bahwa pembayaran dapat dilakukan lebih mudah saat Anda membayar menggunakan dompet digital seperti ini. Namun, sekarang hal itu masih dalam tahap awal percobaan. Oleh karena itu, Anda mungkin tidak akan menemukan sistem pembayaran menggunakan dompet digital LinkAja ini di semua TOL di Indonesia.

Apa Itu RFID dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu RFID dan Bagaimana Cara Kerjanya

Pada penjelasan langkah pembayaran, mungkin Anda akan merasa kebingungan karena harus memasang alat RFID. Lantas, sebenarnya apakah alat RFID itu? Sistem RFID ini merupakan sebuah sistem yang dapat dibaca oleh alat dari petugas TOL. Nantinya, sistem TOL dapat membaca RFID saat kendaraan melaju pada kecepatan 30 Km.

Untuk cara kerjanya, RFID punya sistem kerja mirip seperti On Board Unit e-Toll atau biasa dikenal dengan nama OBU. Perbedaannya hanya pada segi ukurannya serta harga dari alat RFID ini lebih murah dibanding OBU. Pada percobaan awal penggunaan sistem tersebut, pengendara yang ingin membayar lewat LinkAJa harus install FLO. Nantinya, saldo pada aplikasi FLO tersebut juga berasal dari LinkAja.

Selain itu, pengendara juga harus melakukan pendaftaran RFID pada mobil ke aplikasi FLO tersebut. Secara sekilas, mungkin hal ini agak tidak praktis. Namun, tahapan langkah ini hanya akan dilakukan pada masa awal penerapan dompet digital sebagai alat bayar TOL saja. Ke depannya, lambat laun pembayaran dapat langsung dilakukan lewat aplikasi LinkAja tanpa harus menginstal FLO.

Hal yang mungkin masih menjadi kendala adalah alat RFID ini sampai saat ini belum terlalu banyak di pasaran sehingga banyak masyarakat yang belum memilikinya. Namun, untuk alat pembaca sistem RFID tersebut sudah tersedia di 20 titik gerbang TOL di Indonesia. Untuk selanjutnya, penggunaan sistem tersebut akan ditambahkan hingga ke 200 gerbang TOL.

Baca Juga : 5 Cara Cek Angsuran Mandiri Utama Finance

Demikianlah tadi informasi tentang cara bayar TOL pakai LinkAja. Meskipun belum bisa diterapkan di berbagai gerbang TOL di Indonesia, namun inovasi seperti ini layak untuk dinantikan. Dengan kemudahan sistem pembayaran seperti ini, pastinya akan membuat proses antrean di gerbang TOL berkurang terutama pada saat musim liburan atau mudik lebaran.