Select Page

Cek nomor rekening BCA bisa dilakukan via offline dan online. Tinggal manfaatkan saja buku tabungan atau layanan e-banking dari Bank Central Asia.

Masing-masing cara tersebut tentu menawarkan kelebihan sendiri-sendiri. Di samping itu, cara yang mudah bagi satu orang belum tentu mudah bagi yang lainnya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas semua caranya agar nasabah dapat memilih sendiri cara mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing. Selamat menyimak.

Cara Melihat Nomor Rekening BCA Secara Offline

Mengecek no rekening bank BCA secara offline harus dilakukan dengan cara manual. Anda bisa menempuh beberapa langkah di bawah ini:

1. Cek nomor rekening BCA di buku tabungan

Langkah termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek langsung melalui buku tabungan BCA. Silakan cari buku tabungan di tempat penyimpanan. Jika sudah ketemu, silakan cek bagian belakang dari sampul buku tabungannya.

Cara Melihat Nomor Rekening BCA Secara Offline - Cek nomor rekening BCA di buku tabungan

Di situ tertulis nama pemilik, nomor rekening, cabang, dan informasi lainnya. Namun perlu diketahui bahwa cara ini tidak akan bisa Anda lakukan bila buku tabungan hilang atau rusak di bagian sampul tersebut.

2. Mengecek nomor rekeningnya dari bukti transaksi

Apabila buku tabungannya hilang atau rusak, maka cara alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mengecek nomornya dari bukti transaksi.

Contoh bukti transaksi yang dimaksud di sini adalah bukti transfer baik yang digital maupun yang dalam bentuk kertas.

Biasanya, saat mentransfer sejumlah uang melalui ATM kepada penerima, Anda akan mendapatkan struk bukti bayar. Dari bukti ini umumnya terpapar informasi mengenai nomor rekeningnya.

Nah, jika Anda terbiasa bertransaksi secara online. Misalnya melalui BCA mobile, silakan cek media yang Anda kirimkan kepada penerima dana melalui aplikasi obrolan. Siapa tahu foto bukti bayarnya masih tersedia di sana.

Tinggal ingat-ingat saja Anda pernah mengirimkan uang kepada siapa melalui rekening Bank Central Asia.

3. Melakukan pengecekan melalui halo BCA atau kantor cabang

Apabila buku tabungan dan bukti transaksinya sulit dicari atau ditemukan, maka alternatif berikutnya adalah menghubungi call center Halo BCA di nomor 1500888. Ini adalah cara terpraktis yang bisa dilakukan mengingat Anda hanya butuh HP dan pulsa untuk menelepon.

Melakukan pengecekan melalui halo BCA atau kantor cabang

Hanya saja, perlu diingat bahwa untuk mendapatkan informasi n rekening melalui call center, Anda perlu menyiapkan diri untuk menjawab pertanyaan seputar informasi pribadi. Mulai dari nomor yang tertera di kartu debet (ATM) hingga verifikasi lain seperti nama pemilik rekening dan ibu kandung.

Pastikan Anda bisa menjawabnya sebab pihak call center tidak akan mau memberikan informasi jika ada satu saja jawaban yang tidak sinkron dengan data yang mereka miliki mengenai nasabahnya.

Nah, cara lain yang bisa dilakukan jika Anda tidak bisa menghubungi call center adalah datang ke kantor BCA terdekat. Cara ini tergolong mudah asalkan rumah Anda dekat dengan kantor cabang.

Sama dengan saat menghubungi Halo BCA, tim cabang juga akan melakukan verifikasi terlebih dulu sebelum memberikan informasi mengenai nomor rekeningnya.

Untuk itu, saat datang silakan bawa KTP, kartu ATM, dan bersiaplah menjawab pertanyaan seputar data pribadi dengan benar.

Cek nomor rekening BCA secara online

Jika pada saat membuat tabungan BCA Anda sekalian membuat fasilitas online seperti m-BCA atau klikBCA, maka silakan memanfaatkannya untuk mengecek no rekening saat dibutuhkan. Berikut ini langkah-langkahnya:

4. BCA mobile

BCA mobile merupakan layanan yang akan mempermudah para nasabah karena aksesnya bisa dari mana saja dan kapan saja.

Asalkan punya HP yang sudah terinstal BCA mobile aktif dan ada koneksi internetnya, Anda bisa melakukan transaksi baik finansial maupun non finansial. Termasuk salah satunya adalah cek nomor rekening BCA.

Untuk melakukan pengecekan melalui aplikasi ini, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi BCA mobile yang ada di HP.
  • Masukkan PIN untuk masuk ke menunya.
  • Pilih opsi m-BCA.
  • Selanjutnya, klik opsi m-Info.
  • Dari sini, Anda tinggal pilih menu Info Saldo.
  • Masukkan 6 digit PIN m-BCA.

Silakan tunggu sebentar sampai pengecekan saldo selesai. Jika sudah muncul, maka Anda akan segera tahu nomor rekeningnya selain informasi saldonya.

5. Klik BCA

Cek nomor rekening BCA secara online - Klik BCA

Jika Anda tidak mengaktifkan m-BCA dan hanya punya Klik BCA, maka silakan cek nomor rekeningnya dengan cara di bawah ini:

  • Buka browser yang ada di HP atau PC.
  • Kunjungi laman KlikBCA di https://ibank.klikbca.com/login.jsp.
  • Masuklah ke akun Anda dengan input user ID dan PIN.
  • Pilih opsi Info Rekening yang ada di bagian kiri.
  • Selanjutnya, klik Informasi Saldo.
  • Sampai di sini, layar akan segera menampilkan saldo tabungan Anda lengkap dengan nomor rekeningnya.

Sama dengan BCA Mobile, klikBCA juga bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Bedanya, untuk transaksi finansial Anda mungkin akan membutuhkan m-token yang bisa generate APLI saat dipakai untuk bertransaksi finansial.

Cek nama pemilik rekening dan cabang mana

Adakalanya selain butuh mengecek no rekening pribadi, Anda juga mengetahui cara melihat nomor rekening BCA orang lain. Mulai dari nama pemiliknya atau cabangnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

6. Nama pemilik rekening

Apabila Anda ingin mengetahui nama pemilik rekening dari nomor tertentu, maka hal ini bisa dilakukan secara online melalui layanan BCA mobile. Begini tutorialnya:

  • Buka aplikasi m-BCA kemudian masukkan PIN.
  • Pilih m-Transfer.
  • Pilih opsi Daftar Transfer Antar Rekening.
  • Silakan masukkan nomor rekeningnya.
  • Sampai di sini, nama pemilik rekening akan muncul secara otomatis.

Cara ini berguna saat Anda sedang ingin transfer sejumlah uang ke nomor tertentu. Dengan mengecek namanya terlebih dulu, maka hal ini jelas akan menghindarkan Anda dari kesalahan transfer yang mungkin saja terjadi karena tidak teliti atau tidak sengaja.

7. Cek nomor rekening BCA cabang mana

Apabila suatu ketika Anda penasaran dengan no rekening tertentu berasal dari cabang mana, maka sebenarnya hal ini dapat diketahui langsung dari 4 digit pertama dari nomor rekening tersebut.

Misalnya, Anda sering mentransfer ke nomor BCA 12345678, maka 1234 yang merupakan empat digit pertama menandakan kode cabang di mana rekening tersebut dibuat.

Menariknya, setiap cabang BCA pasti punya kode uniknya sendiri-sendiri sehingga lebih mudah mengenalinya asalkan Anda tahu kode-kode pada masing-masing cabang tersebut. Sebagai contoh, 0206 merupakan kode cabang utama dari Bank Central Asia.

Untuk mengetahui kode tersebut, sebenarnya Anda tidak perlu menghafalkan satu-satu. Ada cara mudah yang dapat dilakukan yakni dengan menghubungi Halo BCA di nomor 1500888.

Cara ini biasanya dilakukan untuk melacak no rekening BCA. Mulai cek identitas lewat no rekening bank hingga mengetahu cabang tempat pembuatan.

Pasalnya, sampai sekarang BCA masih menerapkan aturan pembuatan rekening sesuai dengan alamat di KTP.

Demikian informasi tentang cara cek nomor rekening BCA yang sangat mudah, baik secara offline maupun online. Anda juga bisa menyimpan nomor rekening di aplikasi note yang ada di HP supaya bisa diakses kapan pun membutuhkannya.

Sumber:

Ibank.klikbca.com. https://ibank.klikbca.com/login.jsp.

Aplikasi BCA Mobile. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bca&hl=in&gl=US