Select Page

Buat jaga-jaga, tampaknya Anda harus tahu cara cek identitas lewat no rekening bank di Indonesia. Pasalnya, semakin ke sini penipuan semakin marak terjadi.

Sudah bukan rahasia jika kasus penipuan melalui panggilan suara hingga undian berhadiah adalah hal yang umum terjadi di era digital seperti sekarang.

Di Indonesia sendiri, korban penipuan semacam ini sudah semakin banyak dan terus bertambah. Dari kalangan biasa sampai kalangan atas, sudah ada yang terkena modusnya.

Metode penipuan yang dilakukan oleh oknum tersebut beragam dan nominal yang diminta pun tidak kecil. Dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Tentu, ini mengakibatkan kerugian buat banyak orang.

Nah, mengetahui identitas pemilik nomor rekening menjadi salah satu solusi untuk mengetahui siapa pelaku penipuannya. Anda bisa melaporkan nomor rekeningnya bahkan sebelum mengirimkan uang ke oknum tersebut.

Untuk menjaga diri sendiri dan keluarga, pada artikel ini kami akan membahas metode mudah mengecek siapa pemilik rekening dari nomor rekeningnya. Selamat menyimak.

Cek Rekening dari CekRekening.id

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melakukan pengecekan rekening adalah melalui website cekrekening.id.

Cek Rekening dari CekRekening.id

Laman tersebut merupakan situs yang sudah cukup terkenal dan memang menjadi wadah untuk memeriksa sekaligus melaporkan rekening penipuan.

Apabila Anda ingin berbelanja online atau hendak mentransfer sejumlah uang ke orang tak dikenal, ada baiknya untuk mengecek status rekeningnya di alamat website ini. Selain sebagai sebuah bentuk tindakan kehati-hatian, cara ini juga akan membuat Anda yakin sebelum akhirnya mengeluarkan uang.

Cara mengecek rekening penipuan

Berikut ini adalah tutorial untuk mengecek rekening di laman CekRekening.id:

  1. Silakan siapkan perangkat, boleh HP atau PC.
  2. Buka browser yang ada di perangkat tersebut. Contoh: Firefox atau Google Chrome.
  3. Pada address bar, masukkan cekrekening.id.
  4. Anda akan langsung masuk ke halaman awal (homepage) dari situsnya.
  5. Di situ, tersedia 3 pilihan menu yang berbeda, yakni periksa, daftar, dan laporkan rekening. Silakan pilih Periksa Rekening untuk melakukan pengecekan. Klik Cek Sekarang.
  6. Silakan pilih jenis akun “Bank”.
  7. Pilihlah Nama Bank.
  8. Masukkan nomor rekeningnya dengan benar.
  9. Centang opsi “I’m not robot”.
  10. Jika sudah terisi semua, klik Cek Sekarang.
  11. Tunggu sebentar. Layar akan segera menunjukkan hasilnya.

Hasilnya berupa informasi apakah nomor rekeningnya pernah dilaporkan sebagai tindakan penipuan atau tidak.

Jika pernah, maka jelas Anda harus mengurungkan niat untuk mentransfer uang. Sebaliknya, jika tidak pernah, maka bukan berarti nomor rekeningnya aman. Anda tetap harus waspada agar transaksinya tetap aman.

Menu lain yang tersedia di cekrekening.id

Selain bisa memeriksa apakah sebuah nomor pernah terlibat dalam tindakan penipuan atau tidak, website ini juga berguna untuk mendaftarkan dan melaporkan rekening. Berikut ini penjelasan ringkasnya:

  1. Jika Anda adalah pemilik toko online tertentu atau sedang memulai bisnis online, maka silakan daftarkan nomor rekening Anda supaya para pelanggan bisa tenang saat berbelanja. Pendaftaran ini juga bertujuan untuk melakukan verifikasi terhadap nomor rekeningnya.
  2. Apabila Anda pernah mengalami penipuan atau mengirimkan uang ke nomor rekening penipu, maka silakan gunakan menu “Laporkan Rekening”. Dengan melaporkan nomor dan nama rekeningnya, Anda juga membantu orang lain agar tidak mengalami hal yang sama.

Situs ini bisa dipakai untuk mengecek akun bank dan e-wallet. Beberapa perbankan dan platform yang sudah bekerja sama adalah bank BCA, BTPN, BNI, OLX, Bukalapak, Idea, dan yang lainnya.

Pengecekan nomornya juga sudah mencakup seluruh perbankan di Indonesia sehingga dapat dipakai untuk cek nomor rekening BCA, BNI, BRI, Mandiri, dan yang lainnya. Sangat mudah dan nyaman.

Jasa lacak nomor rekening lainnya

Selain lewat cekrekening.id, pelacakan fitur pelacakan no rekening semacam ini juga bisa Anda temui di kredibel.co.id. Di sini, selain bisa langsung melacak penipuan, Anda juga bisa mengecek nomor telepon yang terlibat dalam penipuan.

Selain itu, untuk pelaporan penipuannya, silakan kunjungi laman lapor.go.id dan mengisi formulir yang tersedia di sana.

Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Melalui Kantor Cabang

Cara melacak no rekening di atas hanya berguna untuk mengecek apakah rekeningnya pernah terlibat penipuan atau tidak. Artinya, jika Anda sudah terlanjur tertipu atau sudah mengirimkan uang kepada si penipu, cara di atas sudah tidak efektif lagi.

Cara Cek Identitas Lewat No Rekening Bank Melalui Kantor Cabang

Solusinya, Anda harus melakukan pelacakan identitas melalui kantor cabang bank terdekat sesuai dengan nama bank penipu tersebut.

Namun, sebelum datang ke bank silakan lengkapi dulu persyaratannya agar prosesnya mudah dan cepat.

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan:

  1. Datang ke kantor polisi, laporkan tindakan penipuan dengan menyertakan bukti transfer, mutasi rekening, chat, dan bukti pendukung lainnya.
  2. Gunakan surat laporan ini untuk mengecek identitas pelaku melalui perbankan.
  3. Datang ke kantor cabang bank terdekat.
  4. Sampaikan maksud kedatangan ke satpam atau karyawan yang sedang bertugas.
  5. Bila sudah, Anda akan diberikan pengarahan sebentar dan diminta untuk mengambil antrean ke CS.
  6. Jika sudah tiba giliran nomor antrean Anda dipanggil, maka silakan maju ke meja Customer Service.
  7. Sampaikan maksud kedatangan dan serahkan dokumen persyaratan sekaligus buktinya.
  8. Jangan lupa bawa identitas diri agar validasinya makin mudah.
  9. Jelaskan kronologi kejadian dengan detail.
  10. Jika sudah divalidasi oleh pihak bank, maka mereka akan segera memblokir nomor rekening yang Anda laporkan.

Sebagai catatan, pihak bank sudah memiliki kewajiban untuk melindungi privasi dari para nasabahnya. Maka dari itu, ada kemungkinan mereka tidak mau memberikan data identitas sesuai dengan yang Anda minta.

Kecuali, surat pengantar dari kepolisian yang Anda bawa memang sudah jelas dan valid. Maka, pihak bank mungkin saja akan memberikan apa yang Anda minta.

Apabila pihak bank bersedia memberikan informasi mengenai identitas pemilik rekeningnya, maka selanjutnya Anda bisa langsung mendatangi alamatnya sendiri.

Pilihan lainnya, Anda juga bisa menyerahkan kelanjutan kasusnya kepada pihak kepolisian agar diproses sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

Apakah uang Anda akan kembali?

Berbicara soal dana yang sudah terlanjur ditransfer apakah akan dikembalikan atau tidak ini masih menjadi misteri. Pasalnya, biasanya uang yang masuk ke dalam rekening seseorang tidak serta merta bisa langsung ditarik oleh perbankan dan dikembalikan ke rekening Anda.

Ada proses panjang yang harus dilalui untuk melakukan hal tersebut. Di mana sang pemilik rekening sendirilah yang harus mengirimkannya kembali secara suka rela.

Maka dari itu, penting sekali bagi seluruh pelaku perbankan untuk terus berhati-hati saat melakukan transaksi secara online.

Tips Agar Tidak Tertipu Secara Online

Tips agar tidak tertipu secara online

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi secara online, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Memakai jasa Rekber (Rekening Bersama).
  2. Tidak tergiur dengan harga murah.
  3. Tidak mudah tergiur dengan undian berhadiah.
  4. Membeli barang di tempat terpercaya.
  5. Tidak sembarang menerima telepon dari nomor tidak dikenal.

Demikian informasi tentang cara cek identitas lewat no rekening bank sekaligus tips agar tidak mudah tertipu secara online. Semoga bermanfaat.

Sumber:

CekRekening.id.

Kredibel.co.id.

Lapor.go.id.