Select Page

Layaknya di perbankan, kini Anda bisa bertransaksi antar dompet digital seperti cara transfer Gopay ke OVO yang akan kami bahas dalam artikel ini.

Sudah bukan rahasia jika dompet digital kini menjadi pilihan banyak orang untuk melakukan transaksi secara online. Pasalnya, metode ini dinilai lebih praktis dan lebih minim risiko kehilangan uang di jalan.

Terlebih lagi, di era pandemi seperti sekarang, sebisa mungkin orang menghindari kontak fisik dan lebih memilih membayar dan melakukan segalanya secara online.

Tak heran jika kini banyak perusahaan yang terjun ke pembuatan dompet digital sehingga brand e-wallet baru pun bermunculan.

Dari sekian banyak opsi e-wallet, ada dua nama besar yang sudah merajai pasar Indonesia, yakni Gopay dan OVO.

Jika Anda adalah salah satu penggunanya, maka mengerti metode transfernya akan memudahkan transaksi. Baik itu saat butuh transfer ke akun teman atau ke akun pribadi.

Kami akan membahas tentang cara transfernya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Syarat transfer Gopay ke OVO

Pengiriman dana antara dua e-wallet ini bisa berhasil jika sudah memenuhi persyaratan di bawah ini:

  • Akun Gopay-nya sudah upgrade status ke Gopay Plus.
  • Saldo di dalam akun tersebut mencukupi dana yang akan ditransfer.
  • Pihak pengirim atau pemilik akun Gopay-nya perlu tahu nomor OVO dari si penerima dan nomor tersebut dipastikan aktif.

Syarat di atas sebenarnya merupakan kondisi yang memungkinkan terjadinya transfer. Bukan merupakan syarat resmi berupa dokumen atau semacamnya.

Meski begitu, pastikan kondisi di atas terpenuhi agar proses transfer dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

Selain kondisi di atas, Anda juga harus memastikan bahwa saldo Gopay-nya memiliki jumlah yang lebih besar dibandingkan dengan dana yang akan dikirimkan ke OVO.

Pasalnya, transfer antar e-wallet ini tidak gratis. Ada biaya administrasi yang harus dibayar yakni senilai Rp 2.500,- per transaksi. Biaya ini akan dipotongkan dari saldo Gopay Anda.

Namun, ada kalanya Anda bisa mengirimkan dana tanpa biaya sama sekali saat ada promo yang disediakan oleh pihak Gopay.

Cara transfer Gopay ke OVO yang mudah dan cepat, pasti berhasil!

Transfer dari Gopay ke OVO sebenarnya sangat mudah. Sebab, Anda tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk melakukannya. Silakan simak di bawah ini untuk mengetahui tutorialnya:

1. Pastikan aplikasinya sudah update

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa aplikasi Gojek yang ada di smartphone sudah update versi terbaru.

Maka dari itu, jika aplikasinya belum yang terbaru, silakan lakukan update terlebih dahulu melalui toko aplikasi resmi seperti Google Play Store. Sesuaikan sendiri dengan sistem operasi HP masing-masing.

2. Membuka aplikasi Gojek

Jika sudah diperbaharui, sekarang saatnya untuk membuka aplikasi Gojek-nya. Jika sudah terbuka, silakan pilih menu Bayar atau Pay yang ada di samping box Gopay.

Cara transfer Gopay ke OVO yang mudah dan cepat, pasti berhasil!

3. Pilih “ke rekening bank”

Setelah melalui langkah di atas, layar akan menunjukkan halaman baru “Bayar dan Kirim”, silakan pilih menu Ke Rekening Bank atau To Bank Account yang ada ikon banknya dengan informasi biaya adm Rp 2500. Klik pada opsi tersebut.

Cara transfer Gopay ke OVO - Pilih ke rekening bank

Jika kesulitan menemukannya, silakan cek di bagian kiri bawah halaman tersebut.

4. Masuk ke ”transfer instan ke rekening baru”

Selanjutnya, silakan pilih opsi Transfer to a New Account atau Transfer Instan ke Rek. Baru. Kemudian pilih bank CIMB Niaga Syariah.

Apabila kesulitan menemukan banknya, silakan ketik “syariah” pada kolom pencarian. Maka akan muncul beberapa pilihan perbankan syariah. Klik yang CIMB Niaga Syariah.

5. Masukkan nomor rekening dan dapatkan ID OVO

Sampai pada tahap ini, Anda cukup memasukkan nomor rekeningnya. Nomor rekening yang perlu dimasukkan adalah gabungan antar kode dengan nomor OVO yang aktif.

Kodenya adalah 8099 kemudian diikuti nomor OVO aktif. Misalnya 8099081234567891.

Setelah diinput, silakan cek ulang. Kalau sudah benar, Anda bisa klik opsi Verifikasi atau Verify.

Selanjutnya, silakan tunggu sampai ID OVO muncul. Apabila ID-nya sudah sesuai, Anda tinggal klik Continue atau Lanjutkan.

6. Memasukkan nominal yang akan dikirim

Jika sudah, Anda tinggal memasukkan nominal yang mau ditransfer. Adapun nominal minimum yang bisa dikirimkan adalah Rp 10.000,-. Jadi, jangan masukkan nominal di bawah nilai tersebut.

7. Konfirmasi sebelum pengiriman

Cek semua data sebelum mengirimkan dananya. Apabila semuanya sudah sesuai, tinggal masukkan PIN akun Gojek saja. Pastikan PIN-nya benar.

Jika PIN-nya benar, maka proses transfernya akan langsung berjalan. Jadi, Anda tinggal menunggu pemberitahuan atau notifikasi bahwa transfernya sudah berhasil masuk.

Sampai di sini, berarti Anda sudah berhasil melakukan cara transfer Gopay ke OVO. Perlu diketahui bahwa proses transfer semacam ini berlaku dua arah. Maksudnya, selain dari Gopay ke OVO, Anda juga bisa melakukan transfer OVO ke Gopay. Supaya lebih jelas, kami akan ulas di bawah ini.

Cara transfer OVO ke Gopay

Berikut ini adalah langkah pengiriman dana dari akun OVO ke Gopay:

1. Buka aplikasi OVO

Langkah pertamanya adalah dengan membuka aplikasi OVO. Sama dengan Gojek, Anda juga harus memastikan aplikasinya sudah yang terbaru. Kalau belum diperbaharui, silakan update dulu melalui toko aplikasi resmi.

Untuk membuka aplikasi OVO, Anda mungkin perlu input security code atau finger print, silakan input salah satu dengan benar.

2. Pilih “transfer”

Apabila aplikasinya sudah berhasil terbuka, lanjutkan dengan memilih menu Transfer yang ada di aplikasinya. Letaknya di bagian atas tengah, berada di antara Top Up dan History.

Cara transfer OVO ke Gopay

3. Pilih “ke rekening bank”

Setelah klik opsi transfer, maka akan ada beberapa pilihan metode transfer, silakan pilih Ke Rekening Bank. Selanjutnya, pilih bank tujuan Gopay, yakni Permata Bank.

4. Masukkan nomor rekening banknya

Nomor rekening bank yang dimaksud di sini merupakan gabungan antara kode dan nomor HP aktif dari akun Gopay. Kodenya adalah 898 diikuti dengan nomor HP yang aktif dan terdaftar di Gojek.

Misalnya 898081234567890.

Silakan input nomornya dengan benar dan pastikan tidak terjadi kesalahan.

5. Masukkan nominal uangnya

Silakan nominal yang mau ditransfer ke saldo Gojek. Pastikan bahwa saldo OVO-nya mencukupi. Yang menarik, transfer OVO ke Gopay tidak dikenakan biaya administrasi.

Anda bisa mengirimkan dana maksimal 10 kali dalam sebulan secara gratis. Lebih dari itu, baru ada biaya administrasi Rp 3.000,- per transaksi.

Setelah menginput nominal yang benar, silakan klik Lanjutkan atau Continue. Untuk kolom pesan, sifatnya opsional. Anda bisa mengosongkannya.

6. Konfirmasi dulu sebelum mengirimkan dana

Apabila nomor Gopay-nya sudah benar, maka akan muncul penerimanya. Silakan cek lagi dan pastikan datanya valid. Jika sudah valid semua, silakan klik Transfer.

Syarat penting transfer OVO ke Gopay

Untuk bisa melakukan pengiriman dana dari OVO ke Gopay, Anda harus upgrade ke OVO Premier. Caranya mudah, tinggal klik saja opsi OVO Premier yang ada di halaman home saat pertama kali membuka aplikasinya.

Selanjutnya ikuti persyaratannya dengan mencantumkan e-KTP, dan yang lainnya.

Demikian informasi tentang cara transfer Gopay ke OVO dan sebaliknya. Jika kedua akun ini tidak ada saldonya, Anda bisa coba topup OVO dari bank BCA untuk mengisi e-wallet. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Gojek.com. https://www.gojek.com/help/gopay/cara-upgrade-akun-go-pay/