Select Page

Payment gateway adalah salah satu metode transaksi online yang sangat penting di era digital. Metode ini menjadi pilihan banyak orang yang saat ini cenderung lebih memilih berbelanja secara online.

Payment gateway pada dasarnya sudah digunakan sejak lama. Hanya saja, karena semakin berkembangnya dunia teknologi, metode ini makin disukai. Pasalnya, metodenya dikenal lebih cepat, aman, dan tentu saja praktis.

Salah satu contoh dari metode ini adalah Paypal. Jika Anda pernah menggunakan fasilitas Paypal, maka jelas pemahaman tentang payment gateway sedikit banyak sudah bisa dimengerti.

Lewat Paypal, Anda tinggal membuat akun kemudian mengisi nominal tertentu untuk melakukan pembayaran. Tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Semua transaksinya dilakukan secara virtual atau digital. Tanpa perlu bertatap muka, tanpa perlu menyiapkan kartu ATM apalagi kartu kredit.

Kemudahan inilah yang menjadikannya sebagai metode pilihan di era sekarang sehingga perlu dipahami secara detail oleh para penggunanya.

Jika Anda pernah menggunakan metode serupa dengan Paypal, maka silakan simak ulasan ini sampai selesai untuk mengetahui lebih dekat tentang payment gateway.

Definisi Payment Gateway Adalah

Secara sederhana, payment gateway adalah sebuah sistem transaksi online yang fungsinya adalah untuk melakukan otorisasi terhadap proses pembayaran. Mulai dari pembayaran memakai kartu kredit, transfer bank, hingga pembayaran langsung lainnya.

Definisi Payment Gateway Adalah

Contoh pembayaran langsung lainnya adalah BCA KlikPay, CIMB Clicks, mandiri ClickPay, hingga penggunaan e-wallet seperti XL Tunai dan TCASH.

Menariknya, selama menggunakan metode ini, transaksi diklaim aman karena dapat terenkripsi dengan sangat baik.

Dengan pengertian sederhananya di atas, sudah jelas bahwa metode ini memiliki keuntungan dan manfaat yang luar biasa. Keuntungan utamanya tentu saja adalah bisa mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli.

Bagi para penjual atau pebisnis, metode ini tentu bisa meningkatkan penjualan karena kemudahan transaksi yang ditawarkan.

Sementara itu, bagi pembeli, metode ini juga bisa memberikan kenyamanan karena tak perlu ke mana-mana hanya untuk melakukan pembayaran.

Adapun contoh Indonesia payment gateway adalah Finpay, Midtrans, dan Doku. Ketiganya merupakan metode pembayaran yang banyak digunakan oleh UMKM dan start up di Indonesia saat ini.

Manfaat Payment Gateway

Manfaat Payment Gateway

Sebagaimana disampaikan di atas, metode ini memiliki manfaat yang luar biasa demi kelancaran transaksi. Lebih detail, di bawah ini adalah beberapa manfaatnya:

Pelaku bisnis tidak perlu membuat banyak rekening

Dengan adanya payment-gateway, seorang pelaku bisnis tidak perlu membuat berbagai macam rekening dari seluruh perbankan yang ada di Indonesia.

Pasalnya, penjual akan secara otomatis terjaring oleh perbankan Indonesia secara otomatis dalam satu kali integrasi.

Hal semacam ini tentu memberikan kenyamanan tersendiri kepada penjual karena tidak perlu menjadi nasabah dari berbagai bank yang memang setiap bulannya pasti akan membebankan biaya administrasi pada masing-masing rekening yang telah dibuat.

Mudah dalam perekaman data pembelian dan pembayaran

Menariknya lagi, dengan pembayaran dan/atau penerimaan uang secara digital, Anda jauh lebih mudah dalam melakukan perekapan data.

Pasalnya, seluruh data akan terekam dengan jelas tanpa perlu ditulis secara manual. Sama halnya dengan mutasi rekening BCA atau bank lainnya, Anda bisa mengakses historinya dengan mudah.

Bahkan, data statistiknya juga dapat dilihat secara real time. Hal ini jelas akan mempermudah pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan.

Memiliki jangkauan yang lebih luas

Dengan Indonesia payment gateway, Anda bisa menjangkau seluruh pembeli yang tersebar di berbagai macam daerah di Indonesia. Anda bahkan dapat melebarkan sayap bisnis ke seluruh dunia karena metode ini sudah berlaku secara global.

Dengan jangkauan yang lebih luas, pelanggan yang didapatkan juga lebih banyak dan potensi keuntungannya pun lebih besar.

Selain itu, apabila Anda berhasil menembus pasar global dan mendapatkan pelanggan dari luar negeri, ini akan memberikan dampak positif pada brand Anda sehingga lebih mudah dikenal oleh orang dan nilainya pun bisa meningkat.

Keamanan transaksi lebih terjamin

Ada banyak orang yang ragu untuk berbelanja online karena khawatir tertipu. Hal ini wajar karena memang sampai saat ini masih banyak modus penipuan online yang terjadi di masyarakat. Ada yang ketahuan, ada yang tidak.

Nah, dengan adanya metode pembayaran semacam ini transaksi dinilai lebih aman. Pasalnya, metodenya diawasi langsung oleh lembaga keuangan Indonesia yang sudah berlisensi dan berwewenang di bidangnya.

Karena keamanannya ini, tingkat kepercayaan antara pembeli dan penjual akan semakin meningkat. Artinya, aktivitas jual beli secara online juga akan semakin membaik.

Transaksinya tidak terbatas

Hal menarik lain yang ditawarkan oleh payment gateway adalah kemudahan dalam bertransaksi tanpa batas. Berbeda dengan transfer perbankan yang punya limit, di sini Anda bisa bertransaksi puluhan, ratusan, bahkan ribuan kali dalam sehari.

Hal ini tentu saja akan memberikan keuntungan kepada para pengguna, baik itu penjual maupun pembeli yang memiliki alur transaksi padat.

Apalagi, selama menggunakan metode transaksi ini Anda juga tidak perlu dikhawatirkan dengan eror sistem yang kadang bisa melanda sistem perbankan karena server yang terlalu penuh.

Ringkasan Keuntungan Buat Pembeli dan Penjual

Berikut ini daftar keuntungan pemakaian payment gateway buat penjual dan pembeli:

Bagi penjual

Buat penjual, layanan pembayaran ini memberikan keuntungan berupa:

  • Pemeriksaan pembayaran dan transaksi yang lebih mudah dan cepat.
  • Perlindungan dan enkripsi data atas kartu kredit.
  • Tidak perlu menyediakan banyak rekening.
  • Aman dan cepat.
  • User friendly dan mudah dalam perekapan data.
  • Adanya teknologi fraud detection buat para pengguna kartu kredit.

Tentu saja, masih banyak kelebihan atau keuntungan lain yang bisa diperoleh. Anda akan tahu begitu memakainya langsung.

Bagi pembeli

Keuntungan yang akan diperoleh pembeli saat memakai layanan online ini adalah:

  • Memberikan kemudahan dan kenyamanan saat berbelanja online.
  • Meningkatkan rasa aman selama melakukan pembayaran secara online.
  • Pembeli bisa bertransaksi secara praktis tanpa perlu membuka website dari pihak ketiga. Pembayaran bisa dilakukan di satu tempat dan saat itu juga.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa diberikan oleh layanan pembayaran online ini.

Bagaimanapun, layanannya memang menguntungkan. Terlebih lagi, tidak dibutuhkan biaya administrasi khusus dalam proses transaksinya. Hal ini jelas berbeda dengan transfer uang antar perbankan yang dikenai biaya transfer antar bank.

Cara Kerja Payment Gateway

Cara Kerja Payment Gateway

Untuk lebih memahami layanan pembayaran ini, Anda perlu tahu bagaimana cara kerja sederhananya. Secara sederhana, cara kerjanya adalah dengan menjadi penghubung antara website e-commerce atau marketplace dengan merchant bank.

Lebih jelasnya, silakan lihat dalam tahapan berikut ini:

  • Calon pembeli mengunjungi toko online, memilih produk, dan memutuskan untuk membeli produk tertentu berdasarkan preferensi dan kebutuhan.
  • Ketika sudah diputuskan produk dan pembayarannya melalui payment gateway, maka selanjutnya gateway ini meneruskan informasinya ke prosesor pembayaran bank.
  • Prosesor pembayaran (payment processor) akan langsung meneruskan informasinya ke asosiasi penerbit kartu yang digunakan. Misalnya Visa atau Mastercard.
  • Berikutnya, bank terkait akan langsung menerima informasi kemudian memberikan respons dengan cara menerima permintaan dan mengirimkan balasan kepada prosesor. Isinya berupa kode khusus dan konfirmasi apakah transaksinya gagal atau berhasil.
  • Prosesor selanjutnya akan mengirimkan hasil konfirmasi kepada payment gateway untuk kemudian diteruskan kepada website atau marketplace yang dipakai oleh customer untuk membeli produk.

Meski tahapannya terlihat sangat panjang, namun pada kenyataannya seluruh tahapan mekanisme kerja payment gateway di atas hanya membutuhkan waktu sekian menit saja untuk dapat diselesaikan. Maka tak heran bila pembeli tidak perlu menunggu lama agar pembelian produknya dapat diproses sampai selesai.

Sumber:

Doku.com. https://www.doku.com/

Finpay.id. https://www.finpay.id/bisnis/cari/13

Midtrans.com. https://midtrans.com/id