Select Page

Peluang bisnis saat ini memang sangat mudah ditemukan. Salah satu contoh yang cukup prospektif adalah bisnis kolam renang. Pasalnya, mulai anak-anak hingga dewasa banyak menggemari olahraga ini namun tidak punya tempat sendiri. Jadi, ini bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

Kelebihan Bisnis Kolam Renang

Dibanding usaha lain, kolam renang memang cenderung memiliki banyak kelebihan. Lalu, apa saja kelebihan tersebut?

1. Permintaan pasar besar

Seperti sudah dijelaskan di bagian awal, penggemar olahraga renang di Indonesia cukup banyak, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Bagaimana tidak, berenang memang bisa mengusir rasa penat dan menyegarkan badan, terlebih jika dilakukan secara rutin.

Oleh karena itu, jangan khawatir apabila memilih usaha ini akan sepi peminat. Asalkan Anda mempersiapkan seluruh sarana dengan baik, niscaya akan banyak pelanggan berdatangan. Apalagi jika ditambah promo-promo menarik seperti beli 10 tiket gratis 1 tiket dan lain-lain.

2. Potensi penghasilan besar

Terkait dengan poin pertama, semakin ramai pengunjung, tentu saja penghasilan Anda akan lebih besar. Pada umumnya, harga tiket masuk ke kolam renang berkisar di antara Rp5.000,00 hingga Rp30.000,00 per orang, tergantung dari fasilitasnya.

Jika dalam sehari Anda bisa mendatangkan 100 orang saja, maka penghasilannya bisa mencapai Rp500.000,00. Inilah sebabnya banyak orang ingin membuka usaha kolam renang mengingat potensi penghasilannya cukup besar.

3. Tidak terpengaruh tren

Satu lagi kelebihan dari usaha ini adalah tidak terpengaruh tren. Hal tersebut karena olahraga ini merupakan kegiatan evergreen, mulai dari zaman dulu dan mungkin akan bertahan selamanya. Jadi, sekali Anda sukses membukanya, maka jangan khawatir karena peminatnya pasti akan selalu ada.

Cara Membuka Bisnis Kolam Renang

Setelah mengetahui kelebihan di atas, mungkin Anda sudah tertarik untuk segera memulainya. Oleh karena itu, silakan perhatikan cara-cara berikut ini.

1. Membuat desain

Apabila Anda ingin membuat usaha dengan skala menengah atau besar, maka membuat desain menjadi hal yang sangat wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar nantinya proses perancangan biaya bisa dilakukan secara tepat.

Pikirkan akan ada berapa kolam, berapa ketinggiannya, berapa ukurannya, di mana tempat parkir, ruang ganti pakaian, penyimpanan barang, dan lain-lain. Semakin detail desain akan semakin bagus karena memudahkan penyusunan anggaran dana.

2. Merencanakan keuangan

Setelah berhasil membuat desain, maka selanjutnya adalah mulai memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan. Konsultasikan masalah ini kepada pihak yang benar-benar berkompeten di bidang pembangunan dan jangan sungkan membuka diskusi.

Apabila dirasa sudah cocok dengan anggaran tersebut, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya. Namun, jika tidak, biasanya Anda akan mendapatkan saran untuk sedikit mengubah desain agar budget tidak terlalu tinggi.

3. Membangun dengan bahan terbaik

Saat melakukan pembangunan, pastikan untuk menggunakan bahan-bahan terbaik. Hal ini bertujuan agar nantinya kolam renang bisa bertahan dalam waktu cukup lama. Anda tidak mau bukan kalau setiap tahun harus mengeluarkan biaya untuk reparasi sarana dan prasarana?

Tips Memasarkan Bisnis Kolam Renang

Apabila seluruh fasilitas sudah terbangun, maka tugas berikutnya adalah mulai melakukan pemasaran. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Gunakan media sosial

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial memegang peranan penting dalam sebuah bisnis agar bisa bersaing. Oleh karena itu, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah membuat media sosial terlebih dahulu, baik itu Facebook, Instagram, maupun Website.

Selanjutnya, Anda juga perlu membuat konten menarik. Konten tersebut bisa berupa pemberitahuan promo khusus, potret aktivitas di kolam renang, dan lain-lain.

2. Berikan promo menarik

Agar lebih cepat mendapatkan pelanggan, cobalah untuk memberikan promo menarik di beberapa momen spesial. Sebagai contoh, Anda bisa membuat promo khusus tahun baru, promo libur sekolah, promo lebaran, promo natal, promo datang berkelompok, dan lain-lain.

3. Berikan pelayanan terbaik

Kualitas layanan akan menentukan apakah pelanggan akan mengunjungi tempat tersebut kembali atau tidak. Jadi, pastikan untuk memberikan layanan terbaik, mulai dari lahan parkir, customer service, kualitas air, dan sebagainya.

4. Kerja sama dengan pihak tertentu

Cara ini bisa langsung mendatangkan banyak pengunjung ke kolam renang. Caranya adalah degan kerja sama dengan pihak tertentu. Sebagai contoh, Anda bisa bekerja sama dengan salah satu sekolah agar menggunakan kolam renang dalam mata pelajaran olahraga.

Baca : Rekomendasi Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Terkait dengan modal tentu saja tidak bisa langsung dipastikan. Semua tergantung dari desain serta konsep yang ada. Akan tetapi, menurut beberapa sumber yang ada, pada umumnya untuk membangun usaha ini Anda memerlukan modal sekitar 65 juta rupiah.

Demikian sedikit penjelasan terkait bisnis kolam renang beserta tips dalam menjalankannya. Mengingat potensinya masih sangat bagus, tidak ada salahnya jika Anda hendak terjun ke dalamnya.