Select Page

Apakah Anda sedang memikirkan peluang usaha yang belum banyak pesaing untuk dikerjakan? Memang, ketika membahas masalah bisnis dan usaha, bahasan sebenarnya tidak hanya membahas perihal modal serta strategi pemasaran saja, melainkan juga daya saing dalam bisnis yang hendak dipilih tersebut.

Tentu saja, daya saing sebuah bisnis akan berpengaruh pada bagaimana bisnis tersebut dijalankan. Bisnis yang memiliki pesaing yang banyak dan kuat tentu memerlukan upaya yang ekstra untuk menjalankan dan mengelolanya. Oleh karenanya, memilih ide bisnis yang belum banyak saingan bisa menjadi ide memulai bisnis yang pas, terutama untuk pemula.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa rekomendasi ide bisnis yang cenderung belum banyak pesaing dan tentu bisa dijadikan inspirasi memulai bisnis baru. Apa saja ide bisnis yang dimaksud? Simak ulasan selengkapnya!

Kenapa Memilih Bisnis yang Belum Banyak Pesaing?

Ada beberapa alasan kenapa Anda sebaiknya memilih ide bisnis yang belum banyak pesaing, terutama untuk pemula. Salah satu alasan utama tentu saja bahwa bisnis dengan pesaing yang relatif sedikit tentu memiliki peluang berkembang yang lebih baik. Artinya, Anda bisa mengelola bisnis dengan fokus ke pengembangan dan bukan mengalahkan pesaing.

Selain itu, dengan pesaing yang belum banyak, Anda bisa mendapatkan kesan eksklusif dari bisnis yang Anda geluti tersebut. Tentu saja, ini adalah hal yang sangat penting karena kesan eksklusif pada bisnis tersebut bisa menjadi sebuah daya tarik bagi para pelanggan atau target market yang sudah Anda bidik.

Tidak hanya itu, sebagai pemula, ada baiknya jika Anda tidak terlalu idealis pada satu ide bisnis saja. Dengan sikap yang lebih fleksibel, termasuk mencari bisnis dengan pesaing yang sedikit, maka Anda bisa belajar lebih tentang cara pengelolaan bisnis.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Memilih Ide Bisnis yang Tepat?

Tentu, untuk memilih ide bisnis yang tepat, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelumnya. Hal pertama adalah melakukan riset. Poin ini sangat penting di mana dengan melakukan riset, maka Anda bisa menemukan mana ide dengan persaingan yang cenderung tidak terlalu banyak serta cenderung Anda kuasai.

Selain itu, Anda juga perlu mengecek potensi pasar dari bisnis yang hendak Anda pilih tersebut. Hal ini penting agar Anda tidak hanya sala memilih ide bisnis tanpa mengetahui bagaimana prospek bisnis ke depannya.

Rekomendasi Ide Bisnis yang Belum Banyak Pesaing

Berbincang tentang peluang usaha yang belum banyak pesaing, ada cukup banyak ide bisnis yang tentu bisa Anda jadikan pertimbangan untuk memilih. Adapun beberapa ide bisnis yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Makanan cepat saji yang sehat

Memang, saat ini, ada banyak sekali penjual makanan cepat saji. Menu yang ditawarkan pun sangat beragam dan juga memiliki rasa yang nikmat. Namun, umumnya, makanan cepat saji yang ditawarkan bukanlah makanan yang menyehatkan dan tidak memiliki kandungan gizi yang cukup.

Nah, dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan celah untuk menjual makanan cepat saji yang lebih sehat. Dengan ide ini, tentu, Anda akan menjadi pembeda dari para pesaing. Bisa jadi, banyak target market yang tertarik, terutama mereka yang mulai peduli dengan pola konsumsi yang sehat.

  • Menjual barang antik

Apakah Anda suka mengumpulkan barang-barang antik dengan kesan vintage? Nah, tidak hanya menjadi kolektor, Anda juga bisa menjadi penjual barang antik untuk ide bisnis yang menarik.

Memang, kolektor barang antik bisa dikatakan masih cukup minim. Namun, mereka memiliki perhatian yang khusus serta ide bisnis ini adalah bisnis berbasis hobi. Oleh karenanya, Anda bisa menemukan pembeli yang mau membeli barang antik tersebut dengan harga yang relatif tinggi.

  • Jasa perawat lansia

Jika Anda memiliki skill untuk merawat lansia, maka tidak ada salahnya jika Anda membuka jasa perawat lansia sebagai ide bisnis yang baru. Memang, ide bisnis ini terkesan tidak terlalu populer, namun sebenarnya sangat dicari, terutama oleh masyarakat daerah perkotaan.

Dengan potensi bisnis yang cenderung tinggi serta pesaing yang tidak terlalu banyak, tentu saja bisnis ini bisa menjadi ide yang potensial. Selain itu, pekerjaan yang perlu dilakukan umumnya hanya pekerjaan rumah biasa yang cukup mudah.

  • Menjual produk daur ulang kreatif

Untuk Anda yang suka membuat beragam hal dari barang bekas, menjadi penjual produk daur ulang yang kreatif tentu bisa menjadi ide usaha yang menarik. Terlebih, pesaing dari ide bisnis ini cenderung belum terlalu ramai karena pada dasarnya ide usaha ini memiliki kreativitas yang cukup tinggi.

Misalnya saja, Anda membuat meja dan kursi dari drum bekas, membuat rak buku dari sisa papan, dan lainnya. Dengan kreativitas yang Anda miliki, tentu Anda bisa menciptakan produk baru yang unik dan tidak biasa.

  • Editor video

Saat ini, video menjadi hal yang sangat lumrah, termasuk untuk promosi bisnis, dokumentasi acara dan lainnya. Nah, dengan peluang yang cukup besar, Anda bisa membuka usaha menjadi seorang editor video.

Ide usaha ini cukup menarik karena memang tidak semua orang bisa menjadi editor video karena harus menguasai beragam software tertentu. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan pihak lain seperti wedding organizer untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Nah, beberapa poin di atas adalah ide usaha yang belum banyak pesaing untuk Anda jadikan pertimbangan. Tentu, Anda bisa memilah mana ide bisnis yang cenderung cocok untuk Anda jalankan dan meraih keuntungan dengan maksimal.

Tips Menghadapi Persaingan Bisnis

Meskipun Anda memilih peluang usaha dengan pesaing yang relatif sedikit, tetap saja nantinya akan ada persaingan yang harus Anda hadapi. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk menghadapi persaingan bisnis tersebut.

Adapun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menawarkan harga yang kompetitif di mana harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh dengan harga dari pesaing
  2. Memberikan pelayanan ekstra yang lebih baik untuk memenangkan persaingan usaha
  3. Melakukan perluasan target pasar dari bisnis yang dikelola dengan memanfaatkan beragam media, termasuk media sosial
  4. Melakukan promosi yang tepat, terutama dengan target pasar yang cenderung sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan produk yang Anda miliki
  5. Konsisten untuk menjalankan bisnis dengan melakukan beberapa inovasi secara berkala

Beberapa hal di atas adalah ragam tips yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi persaingan bisnis. Sebagai tambahan, Anda juga harus membangun mental yang kuat. Pasalnya, hanya dengan mental yang kuat saja nantinya Anda bisa bertahan dalam menghadapi persaingan tersebut.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang peluang usaha yang belum banyak pesaing yang perlu Anda ketahui berikut beberapa hal penting lainnya. Semoga bermanfaat.