Select Page

Jika Anda sedang mencari ide bisnis, maka artikel ini bisa menjadi jawabannya. Pasalnya, kali ini akan dijelaskan mengenai bisnis es batu kristal. Mengingat permintaan es batu akan selalu ada, tentu saja usaha tersebut cenderung sangat gurih untuk mendapatkan banyak keuntungan. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.

Apakah Bisnis Es Batu Kristal Menjanjikan?

Mungkin banyak yang bertanya-tanya mengenai potensi bisnis ini. Lalu, apakah bisnis es batu kristal menjanjikan? Jawabannya adalah iya.

Pertama, es batu kristal cukup diminati oleh para pelaku bisnis kuliner seperti mi ayam, bakso, nasi goreng, dan rumah makan lainnya. Bisnis kuliner tersebut tentu bisa disebut evergreen karena akan terus ada sampai jangka waktu sangat lama. Oleh karena itu, potensi bisnis es batu sangatlah menjanjikan.

Mengenai potensi penghasilan, biasanya es batu ini dijual dalam bentuk pack. Setiap pack berada di kisaran harga Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00. Jika dalam satu hari Anda bisa menjual 20 pack saja, artinya uang Rp200.000,00 bisa Anda kantongi.

Kelebihan Es Batu Kristal

Sebenarnya es batu pada umumnya bisa dibuat dengan mudah dan sudah banyak di pasaran. Akan tetapi, es batu kristal memiliki berbagai keunggulan yang menjadikannya nilai plus. Apa saja itu?

1. Higienis

Semenjak kasus pandemi Covid-19, kesehatan kini benar-benar menjadi perhatian penting masyarakat. Semua orang mulai sadar akan menjaga kesehatan, salah satunya adalah mengonsumsi makanan higienis. Es batu kristal memiliki kelebihan tersebut.

Seperti kita ketahui, cukup banyak oknum tidak bertanggung jawab yang membuat es batu menggunakan air kotor ataupun air mentah. Tentu saja itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan organ pencernaan. Hal ini berbeda dengan es batu kristal yang dibuat menggunakan air mineral dan telah terjamin kebersihannya.

2. Ukuran praktis

Dibandingkan menggunakan es balok yang besar, es kristal cenderung lebih praktis. Anda tidak perlu repot memecah karena sudah memiliki ukuran kecil dan bisa langsung dimasukkan ke dalam minuman. Selain lebih praktis, hal ini juga lebih bersih karena minim kontak dengan benda-benda lain.

3. Harga terjangkau

Kelebihan terakhir adalah harganya yang terjangkau. Harga pasaran untuk es kristal adalah Rp10.000,00 hingga Rp20.000,00. Bahkan, beberapa orang tak jarang menjual dengan harga Rp5.000,00. Tentu saja harga tersebut sangat terjangkau sehingga pembelian bisa lebih banyak.

Cara Menjalankan Usaha Es Batu Kristal

Jika sudah memahami hal di atas, mungkin Anda ingin segera memulainya. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Memilih mesin yang tepat

Modal utama dalam menjalankan bisnis ini adalah pada pembelian mesin. Ada berbagai mesin yang bisa digunakan dengan harga berbeda-beda. Namun, pada umumnya mesin tersebut berada di kisaran harga Rp10.000.000,00 hingga Rp20.000.000,00.

Anda bisa memilih mesin berdasarkan kebutuhan. Apabila hanya skala kecil, maka pilihlah mesin dengan harga lebih terjangkau. Sebaliknya, jika ingin membuka dalam skala besar, maka sebaiknya pilih mesin yang benar-benar berkualitas meskipun harganya lebih tinggi.

2. Persiapan distribusi

Selanjutnya, Anda perlu mempersiapkan peralatan terkait distribusi. Biasanya pembelian es batu bisa mencapai 10 kg hingga 100 kg per pesanan. Oleh karena itu, siapkan alat transportasi yang memadai supaya es batu bisa sampai ke tujuan dengan aman.

3. Menentukan calon pelanggan

Meskipun pasarnya sangat luas, Anda perlu menentukan calon pelanggan yang paling utama. Sebagai contoh, Anda hanya berfokus untuk menyuplai es batu pada penjual minuman kekinian. Kemudian, cari sebanyak-banyaknya kontak mereka agar bisa menawarkan lebih mudah.

Jenis-Jenis Mesin yang Digunakan

Ada beberapa jenis mesin yang biasa digunakan untuk membuat es batu kristal. Hal ini penting untuk menentukan mana paling cocok dengan kebutuhan Anda.

1. Ice tube machine

Jenis ini akan menghasilkan es berbentuk tabung seperti kristal. Biasanya ice tube digunakan pada beberapa jenis minuman.

2. Ice cube maker

Sesuai namanya, ice cube memiliki bentuk seperti kubus kecil. Biasanya jenis ini dipakai untuk minuman di hotel, bar, atau restoran.

3. Ice ball maker

Terakhir adalah ice ball. Pada dasarnya, es ini berbentuk seperti bola sehingga proses mencair menjadi lebih lambat. Ice ball kerap dipakai pada minuman beralkohol atau soda.

Baca Juga : Bisnis Buket Bunga

Berapa Modal yang Dibutuhkan?

Seperti telah disinggung di bagian sebelumnya, modal utama untuk memulai usaha ini adalah pada pembelian mesinnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa modal yang dibutuhkan adalah sekitar 10 hingga 20 juta untuk pembelian.

Hal tersebut belum termasuk keperluan lain seperti biaya transportasi, karyawan, dan lain-lain. Sebagai saran, akan lebih baik jika Anda memulai dari skala kecil terlebih dahulu. Setelah berhasil mendapatkan banyak pelanggan, maka silakan kembangkan perlahan-lahan.

Itulah tadi pembahasan terkait bagaimana cara memulai bisnis es batu kristal. Bisa disimpulkan bahwa usaha ini cukup menjanjikan. Akan tetapi, mengingat pesaingnya juga cukup banyak, Anda harus benar-benar menguasai cara memasarkannya.