Select Page

Membangun bisnis bisa dilakukan di mana saja. Akan tetapi, jika tempa tersebut potensial tentu akan lebih menguntungkan. Pada kali ini akan dibahas mengenai beberapa ide bisnis di Bali yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Silakan simak penjelasan berikut ini.

Kelebihan Berbisnis di Bali

Berbisnis di kota-kota besar memang memiliki berbagai keuntungan, termasuk di Bali. Lalu, apa saja kelebihan mendirikan usaha di kota ini?

1. Banyak tempat wisata

Kita semua tahu bahwa di Bali terdapat banyak sekali tempat wisata mulai dari pantai, peninggalan budaya, dan lain-lain. Tentu saja hal tersebut akan berdampak kepada jumlah pendatang yang banyak. Membuka bisnis atau berjualan di tempat wisata akan lebih mudah mendapatkan pembelian.

Sebagai contoh adalah di pantai. Selain bisa menjual aneka makanan ringan, ada banyak sekali potensi usaha yang akan laris seperti oleh-oleh, penginapan, dan lain-lain. Jadi, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pembeli.

2. Turis mancanegara

Nama bali memang sudah terkenal hingga kancah internasional. Tak heran banyak turis asing berdatangan untuk berlibur ke kota ini. Hal tersebut bisa Anda manfaatkan untuk berjualan barang-barang khas Indonesia sebagai oleh-oleh ketika kembali ke negaranya.

Meskipun banyak turis asing, tidak sedikit juga wisatawan lokal yang berkunjung. Pada dasarnya, ketika berbisnis di Bali, Anda akan jauh lebih mudah mendapatkan traffic atau calon customer karena tempatnya memang sudah terkenal.

Peluang Bisnis Kuliner di Bali

Ada beberapa jenis bisnis yang bisa ditekuni. Pertama adalah usaha di bidang kuliner. Usaha kuliner memang sangat menjanjikan karena dengan modal sedikit bisa mendapatkan keuntungan besar. Berikut adalah daftarnya.

1. Berjualan buah-buahan

Berjualan buah-buahan memiliki potensi pendapatan cukup besar. Pasalnya, hampir semua orang menyukai buah karena mengandung banyak manfaat. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba jenis usaha ini.

Akan tetapi, agar bisa menarik banyak pembeli, Anda perlu memiliki keunikan tersendiri. Sebagai contoh, Anda bisa menjual buah-buah lokal dengan target turis asing. Selain itu, pertimbangkan juga untuk sekaligus menjual olahan seperti rujak maupun jus.

2. Street food

Indonesia terkenal dengan berbagai macam street food yang dimiliki. Agar mendapatkan banyak pembeli, usahakan untuk berjualan street food di tempat-tempat wisata seperti Pure, pantai, dan sebagainya. Mengenai jenis makanannya, Anda bebas memilih sesuai keahlian masing-masing.

3. Kafe

Apabila memang memiliki modal yang cukup banyak, maka membuka kafe bisa menjadi pilihan tepat. Banyaknya wisatawan asing pasti akan mencari tempat-tempat untuk berkumpul di malam hari. Kafe adalah salah satu yang paling dicari.

Anda bisa menawarkan menu-menu makanan lokal dikombinasikan dengan kuliner modern. Semakin banyak menu yang ditawarkan, semakin tertarik pula pengunjung akan datang. Selain itu, akan menjadi nilai tambah jika kafe tersebut terasa nyaman, baik dari segi pelayanan maupun sarananya.

Peluang Bisnis Properti di Bali

Untuk menjalankannya, memang dibutuhkan modal yang besar. Akan tetapi, sekali Anda berhasil membuka, maka potensi penghasilannya akan sangat besar. Lalu, apa saja bisnis itu?

1. Penginapan

Kebanyakan turis asing tidak hanya akan berlibur selama satu hari saja. Oleh karena itu, mereka akan mencari penginapan terdekat untuk bermalam. Ini menjadi sebuah peluang yang sangat gurih, apalagi jika Anda memiliki properti di kawasan wisata.

Penginapan tidak harus berupa bangunan mewah. Bahkan, beberapa turis asing malah memilih tinggal di rumah sederhana milik warga karena ingin menikmati suasana baru, terutama pemandangan alamnya. Jadi, asalkan Anda mempunyai properti di lokasi yang tepat, bisnis ini pasti bisa dijalankan.

2. Sewa toko

Jika target pasar sebelumnya adalah turis asing, usaha sewa toko lebih menyasar ke orang Indonesia yang ingin membuka usaha. Anda hanya perlu menyiapkan bangunan atau ruko kosong. Setelah itu, tunggu sampai ada pedagang yang ingin menyewa tempat tersebut.

Menariknya dari usaha ini adalah bisa menjadi passive income jangka panjang. Apalagi jika ruko atau bangunan tersebut berada di lokasi strategis. Niscaya, Anda tidak akan kehabisan penyewa selagi banyak turis lewat di area tersebut.

Baca Juga : Tips Memasarkan Bisnis Kolam Renang dengan Benar

Peluang Bisnis di Bidang Jasa

Di bidang jasa, ada banyak sekali hal yang bisa ditawarkan. Sebagai contoh, Anda bisa membuka jasa trip kepada turis asing maupun lokal. Pada dasarnya, Anda hanya perlu mengantarkan pelanggan mengunjungi tempat wisata sesuai budget yang diberikan.

Selanjutnya, Anda juga bisa membuka jasa transportasi. Hanya saja, mungkin ini akan sedikit sulit karena sudah cukup marak aplikasi transportasi online. Untuk mensiasatinya, Anda dapat membuka persewaan kendaraan saja. Kelebihannya adalah penyewa bisa menggunakan kendaraan tersebut secara mandiri sehingga lebih bebas.

Selain ide bisnis di Bali di atas, sebenarnya masih ada banyak yang bisa dicoba seperti bidang fashion, aksesoris, oleh-oleh, dan sebagainya. Semua itu tergantung dari seberapa besar kemauan Anda untuk mencoba hingga menemukan satu yang paling menguntungkan. Selamat mencoba.