Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Dari banyaknya kebutuhan masyarakat, Aqua galon dan gas elpiji menjadi beberapa diantaranya. Pasalnya peminat air minum kemasan serta gas kian meningkat, tak hanya di perkotaan namun juga di pedesaan. Kedua barang ini seakan melekat di setiap rumah tangga, tidak heran jika bisnis Aqua galon dan gas elpiji banyak dipilih karena mendatangkan keuntungan besar.

Mengulik Bisnis Aqua Galon dan Gas Elpiji

Meskipun harga gas elpiji naik turun dari waktu ke waktu, namun tak membuat masyarakat meninggalkan barang ini mengingat fungsinya yang krusial di rumah tangga yakni sebagai bahan bakar alat dapur. Begitu pula dengan air minum dalam kemasan seperti Aqua galon, yang dari dulu hingga sekarang masih diminati berkat kepraktisannya.

Karena itu usaha Aqua galon dan gas elpiji terbilang cukup menggiurkan. Bisnis ini pun dapat dibangun di rumah sendiri serta menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Anda dapat mempertimbangkan untuk membuka pangkalan gas, menjadi agen, menjadi pengecer gas dan Aqua galon, dan lain-lain.

Beragam Jenis Bisnis Aqua Galon dan Gas Elpiji

Terdapat beberapa jenis usaha Aqua galon dan gas elpiji yang bisa digeluti, diantaranya :

Menjadi Agen

Menjadi agen cukup banyak diminati para pelaku usaha pemula, karena dinilai menjanjikan meskipun membutuhkan izin serta modal cukup besar. Agen gas elpiji merupakan jaringan distribusi Pertamina, dimana menyalurkan gas kepada masyarakat dengan jumlah tertentu.

Setiap agen pun mendapatkan pasokan gas berdasarkan kuota yang ada, contohnya untuk gas bersubsidi atau gas melon 3 kg. Sementara untuk Aqua galon, Danone sebagai induk dari merek ini menawarkan program Aqua Home Service (AHS), dimana memungkinkan pelaku usaha untuk mulai berbisnis menjadi agen.

Menjadi Pangkalan

Selain agen, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuka pangkalan gas elpiji. Pangkalan gas elpiji merupakan sub agen yang mendistribusikan gas elpiji ke pengecer atau konsumen. Sehingga konsumen akan datang langsung ke pangkalan untuk mendapatkan gas. Untuk dapat membuka jenis usaha ini pun memerlukan modal besar serta izin dokumen lengkap.

Menjadi Pengecer

Bagi pelaku usaha yang tidak memiliki modal besar, menjadi pengecer dapat menjadi pilihan tepat. Pengecer gas elpiji merupakan jenis bisnis yang memungkinkan pelaku usaha mendapatkan pasokan gas dari sub agen atau pangkalan. Setelah itu pengecer dapat menjual di warung atau langsung ke tangan konsumen. Untuk dapat menjadi pengecer pun tidak memerlukan syarat khusus.

Persiapan Memulai Bisnis Aqua Galon dan Gas Elpiji

Selanjutnya lakukan beberapa persiapan di bawah ini sebelum mulai membuka usaha Aqua galon dan gas elpiji :

  • Tentukan konsep bisnis.
  • Persiapkan modal awal.
  • Pilih distributor Aqua galon dan gas elpiji terdekat, terpercaya, dan memberikan harga termurah.
  • Persiapkan toko, outlet, atau tempat untuk menampung stok Aqua galon dan gas elpiji.
  • Persiapkan dokumen persyaratan untuk menjalankan bisnis, baik menjadi pengecer, agen, atau pangkalan.
  • Persiapkan galon Aqua dan tabung gas elpiji sendiri.
  • Tentukan nama usaha atau nama toko.
  • Persiapkan kendaraan operasional untuk mengambil serta mengantar Aqua galon dan gas elpiji.

Keuntungan Bisnis Aqua Galon dan Gas Elpiji

Mudah Dijalankan

Jenis usaha satu ini cenderung mudah dijalankan karena tidak memerlukan keahlian khusus. Selain itu pelaku usaha hanya perlu membeli atau memasok barang dari distributor, untuk selanjutnya dijual ke konsumen.

Modal Dapat Disesuaikan

Apabila modal awal yang dimiliki terbilang minim, maka dapat memilih menjadi pengecer terlebih dahulu. Namun jika memiliki modal awal yang cukup besar, maka dapat memilih menjadi agen atau pangkalan. Sehingga bisnis ini dapat dilakukan siapa saja, karena modalnya dapat disesuaikan.

Dibutuhkan Siapa Saja

Aqua galon dan gas elpiji menjadi kebutuhan pokok masa kini yang dibutuhkan hampir seluruh lapisan masyarakat, sehingga tak perlu takut usaha Anda tidak laku atau sepi peminat.

Keuntungan Besar

Banyak pelaku usaha memilih bisnis ini karena dinilai mendatangkan keuntungan menggiurkan. Contohnya jika dari 1 tabung gas mengambil keuntungan Rp 1.000 dan target pendapatan Rp 300 ribu per hari, maka dalam 1 bulan dapat meraup keuntungan hingga Rp 15 juta.

Risiko dan Kendala Bisnis Aqua Galon dan Gas Elpiji

Seperti usaha lainnya yang juga memiliki kelemahan, bisnis ini juga tak lepas dari risiko diantaranya :

Terbentur Modal

Ketika ingin menjadi agen atau pangkalan, maka pelaku usaha tersebut harus mempersiapkan modal awal yang tak sedikit. Hal ini mungkin dapat menjadi kendala tersendiri bagi sebagian orang.

Galon dan Tabung Gas Rusak

Sebelum memulai usaha ini, Anda harus membeli galon serta tabung gas terlebih dahulu. Namun tak jarang galon dan tabung gas mengalami kerusakan bahkan sebelum balik modal, sehingga hal ini juga menjadi risiko yang tidak dapat dihindari.

Proses Distribusi Tidak Lancar

Menjalankan bisnis ini berarti akan selalu bergantung pada supplier atau pemasok. Kondisi yang sering ditemui adalah proses distribusi tidak lancar, padahal sudah banyak pembeli menunggu.

Baca Juga : Bisnis Food and Beverage dengan Potensi yang Menggiurkan

Dari ulasan bisnis Aqua galon dan gas elpiji di atas, apakah Anda tertarik untuk mencoba?