Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Dalam rangka mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan, salah satu usaha bagus untuk dicoba adalah bisnis beras kemasan dimana memiliki peluang menjanjikan. Sebagai salah satu komoditi besar di Indonesia, tidak sulit menemukan produk makanan pokok tersebut. Anda bisa mengatur strategi bisnis terbaik supaya mampu bersaing.

Tips Memulai Usaha Beras Kemasan untuk Pemula

Permintaan akan beras selalu meningkat. Dengan begitu, masyarakat akan terus mencari dan membutuhkannya setiap hari. Peluang ini bisa menjadi usaha yang sukses dengan menggunakan metode beras dikemas. Lakukan sejumlah tips di bawah ini untuk memulai bisnis tersebut.

Cari Supplier Beras Terbaik

Langkah pertama adalah Anda harus mempunyai supplier. Nantinya, pemasok inilah yang akan memberikan pasokan bahan makanan pokok tersebut. Pastikan memilih pemasok terpercaya dengan kualitas bagus. Selain itu, pastikan memiliki layanan baik seperti tanggung jawab atas semua barang yang dipasok.

Pilih Produk dengan Kualitas Bagus

Seperti produk di pasaran, beras mempunyai beragam jenis. Ini juga akan menentukan kualitasnya. Setelah menemukan supplier terpercaya, maka pastikan menentukan produk bagus. Anda dapat membagi kategori barang dari murah sampai mahal, tetapi dengan menjamin mutu. Jangan tergoda harga murah, tetapi buruk kualitasnya.

Ketahui Cara Pengelolaan Stok Beras

Mengemas beras merupakan metode yang sudah banyak dijumpai. Jika Anda baru akan memulainya, penting sekali mengetahui bagaimana pengelolaan secara benar. Bahan makanan satu ini tidak bisa disimpan terlalu lama, sehingga harus segera dikemas. Pilih tempat penyimpanan baik, seperti tidak lembab, terdapat ventilasi udara, serta rajin dibersihkan.

Menyiapkan Kemasan dan Alat-Alat

Strategi berikutnya adalah menyiapkan kemasan dan alat pendukungnya. Gunakan barang-barang pengemas dengan label ramah lingkungan dan tidak mudah rusak. Takar menggunakan timbangan secara seksama.

Strategi Pemasaran Usaha Beras yang Dikemas

Apabila sudah melakukan sejumlah persiapan seperti di atas, maka produk siap dipasarkan. Lalu bagaimana cara mendapatkan pelanggan? Jangan khawatir, Anda dapat mengikuti sejumlah strategi seperti di bawah ini.

Tentukan Target Pasar

Seorang pebisnis harus mampu mengetahui siapa target pasarnya dengan baik. Menjual suatu produk harus fokus kepada target tersebut. Untuk jenis usaha beras kemasan, tentu saja calon pelanggannya adalah ibu rumah tangga, pedagang makanan, dan lain sebagainya.

Mengatur Harga Produk

Jangan lupa dalam menentukan harga produk harus memperhatikan banyak faktor. Konsumen tidak hanya membutuhkan kualitas berasnya saja, tetapi juga teknik pengemasannya. Oleh sebab itu, berikan harga dengan memperhatikan keduanya.

Lakukan Inovasi

Anda pasti sudah mengetahui bisnis sejenis di berbagai tempat. Supaya mampu bersaing lakukan inovasi supaya mampu memikat calon pelanggan lebih banyak. Ini dapat dimulai dengan memberikan promo seperti pemberian kupon dimana bisa ditukarkan apabila sudah mengumpulkan beberapa buah. Selain itu, juga dapat memberi potongan harga di momen tertentu.

Tentukan dan Kelola Keuntungan

Mendapatkan keuntungan memang tujuan dari bisnis. Ini dapat ditentukan dengan mengetahui besarnya nilai beli dan jual produk. Jika pemasukan lebih besar, maka bisa disebut untung. Tetapi, apabila nilai keuntungan kecil atau bahkan minus, maka harus segera memperbaiki strategi supaya tidak semakin merugi.

Jenis-Jenis Kemasan Plastik

Jenis kemasan paling sering digunakan penjual adalah plastik. Dalam hal ini, terdapat beberapa jenis dimana bisa Anda gunakan.

Kapasitas 1 Kg

Ukuran dari jenis ini biasanya 17 cm dan tinggi 28 cm. Tipe paling sering dipakai berbahan PP bening atau HDPE buram.

Kapasitas 2 Kg – 2.5 Kg

Kapasitas 2 kg – 2.5 kg paling banyak ditemukan dan dicari, terlebih untuk keperluan zakat. Ukurannya 33 cm x 23 cm.

Kapasitas 5 Kg

Untuk kapasitas 5 kg memakai ukuran 43 cm x 30 cm. Kapasitas cukup besar ini cocok untuk kebutuhan stok di rumah.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Es Batu Kristal yang Menguntungkan

Cara Membuat Kemasan yang Bagus

Tidak semua wadah pengemasan kebutuhan pokok, seperti beras mempunyai kualitas bagus dan aman untuk kesehatan. Anda bisa mengikuti cara di bawah supaya menemukan yang paling baik serta mudah dimengerti calon pembeli.

Lalu bagaimana cara membuat kemasan yang bagus dan bisa membuat orang ingin membeli? Lihat ulasan berikut.

  • Memilih nama brand dengan deskripsi produk detail meliputi jenis, seperti Beras Raja Lele
  • Gunakan font serta warna tulisan mencolok tetapi tidak berlebihan
  • Pakai nama brand dengan singkatan, memberikan logo, dan bingkai menarik
  • Tambahkan informasi penjual, seperti nama, alamat, dan nomor yang bisa dihubungi
  • Pilih percetakan plastik berkualitas sehingga tidak mudah pudar

Itu dia informasi tentang bagaimana cara memulai bisnis beras kemasan bagi pemula. Dengan menerapkan strategi baik dan tepat, maka dapat bersaing dengan pemilik usaha sejenis lainnya. Jangan lupa selalu memberikan inovasi baru serta menarik supaya calon konsumen tertarik dan membeli kembali.