Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Bagi para wanita yang mengenakan hijab atau jilbab, pasti erat kaitannya dengan kebutuhan akan aksesoris seperti bros, peniti, dan lain-lain. Seiring dengan beragam kreasi jilbab, aksesorisnya pun kini memiliki banyak bentuk. Tak heran jika bisnis aksesoris jilbab menjadi salah satu peluang usaha menjanjikan di era serba fashionable seperti saat ini.

Mengapa Bisnis Aksesoris Jilbab?

Hampir seluruh kaum hawa menyukai aksesoris dari berbagai bentuk, contohnya kalung, gelang, anting-anting, cincin, pita rambut, bandana, bros, dan lain-lain. Bagi para muslimah, aksesoris yang cukup banyak diburu adalah aksesoris yang berkaitan dengan jilbab.

Sebagai salah satu daya tarik penampilan wanita, tak heran keberadaan aksesoris cukup laris di pasaran. Peluang inilah yang dapat dimanfaatkan dan dioptimalkan dengan baik agar bisa mendatangkan cuan tambahan. Aksesoris jilbab pun beragam jenisnya, sehingga tak perlu takut untuk mulai terjun ke dunia bisnis ini dan bersaing dengan penjual lainnya.

Memulai Bisnis Aksesoris Jilbab

Tentukan Target Pasar

Target pasar merupakan kelompok masyarakat yang memiliki ketertarikan pada barang yang sama, sehingga dianggap menjadi konsumen potensial. Target pasar menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan usaha, karena dapat menentukan siapa sasaran tepat usaha Anda. Sehingga nantinya dapat dengan mudah memilih produk aksesoris jilbab yang sesuai target pasar Anda.

Membeli atau Memproduksi Sendiri?

Setelah menentukan target pasar, selanjutnya Anda harus memutuskan apakah ingin membeli atau memproduksi sendiri aksesoris jilbab yang ingin dijual. Terdapat beberapa pertimbangan dalam menentukannya, diantaranya :

  • Biaya membeli produk di produsen tidak terlalu besar, sementara biaya produksi sendiri perlu diperhitungkan dengan baik karena berkaitan dengan bahan baku, ongkos pekerja, dan lain-lain.
  • Kualitas barang dari produsen cenderung memiliki kekurangan yang tidak dapat diprediksi, sementara kualitas barang produksi sendiri dapat dikontrol secara keseluruhan.

Ikuti Tren

Salah satu kunci kesuksesan bisnis aksesoris jilbab adalah membuat produk sesuai dengan tren yang sedang booming. Pasalnya bentuk aksesoris jilbab mengalami perubahan dari waktu ke waktu, untuk itu lakukan riset terkait tren aksesoris saat ini yang paling banyak dicari para hijabers.

Tentukan Media Jualan

Untuk sistem online, manfaatkan platform media sosial hingga e-commerce guna memasarkan produk. Anda juga dapat melakukan penjualan offline dengan menitipkan produk di toko baju, swalayan, dan lain-lain.

Inspirasi Model Aksesoris Jilbab

Berikut beberapa inspirasi model aksesoris jilbab yang cocok untuk dijual :

Bros Patch

Bros Patch umumnya digunakan untuk acara resmi seperti pesta pernikahan, karena memiliki bentuk glamor dengan rangkaian manik-manik yang berkilauan. Hadir dengan beragam bentuk, Bros Patch disematkan di salah satu sisi kepala sebagai penunjang penampilan.

Hijab Clip

Hijab Clip memiliki fungsi seperti peniti atau jarum pentul, yang digunakan untuk mengencangkan jilbab di bagian dagu agar tidak longgar. Meskipun begitu model Hijab Clip terlihat lebih menarik, karena hadir dengan tampilan warna-warni.

Bros Anting

Bagi para hijabers yang ingin tampil cantik layaknya menggunakan anting, bros anting menjadi pilihan tepat. Model aksesoris satu ini cukup banyak diminati, karena dijual dengan beragam motif dan bentuk menarik mulai dari bola-bola, hati, lonceng, bulu, dan lain-lain.

Peniti Manik-manik

Memiliki bentuk layaknya peniti pada umumnya, namun peniti manik-manik terlihat lebih cantik karena terdapat manik-manik di bagian tengahnya. Selain itu model peniti manik-manik dengan rantai atau tali yang menjutai juga cukup laris di pasaran sebagai aksesoris hijab.

Bros Kain dan Pita

Bros dari kain juga cukup banyak diminati, karena modelnya yang sederhana namun tetap cantik ketika digunakan di hijab. Selain itu bros dari pita beraneka bentuk dengan penambahan manik-manik yang menjuntai juga dapat dicoba.

Baca Juga : Keuntungan Dan Kelemahan Menggunakan Jne Cod Sebagai Ekspedisi Pilihan

Membuat Aksesoris Jilbab Sendiri

Anda juga dapat membuat aksesoris jilbab sendiri. Sebagai permulaan, pilih model aksesoris yang sederhana dan mudah untuk dibuat contohnya bros dari kain atau pita. Simak bahan dan cara membuatnya berikut ini :

  1. Pita
  2. Manik-manik
  3. Peniti khusus bros
  4. Benang
  5. Jarum
  6. Gunting
  7. Korek api
  8. Lem tembak

Cara Membuat

  • Potong pita menyerupai bentuk daun dengan 2 ukuran yang berbeda, yakni 3 cm dan 4 cm. Untuk pita ukuran 3 cm buat sebanyak 10 potong, sementara untuk pita ukuran 4 cm buat sebanyak 15 potong atau dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  • Bakar ujung pita dengan korek api sehingga menyerupai bentuk kelopak bunga.
  • Satukan pita yang telah menyerupai bentuk kelopak bunga tersebut menggunakan benang jahit.
  • Susun ujung pita secara melingkar menggunakan benang jahit sehingga membentuk lingkaran sempurna.
  • Apabila telah terbentuk bunga sempurna, tempelkan manik-manik di bagian tengah bros menggunakan lem tembak.
  • Tempelkan peniti khusus bros di sisi belakang menggunakan lem tembak. Untuk memperkuat peniti dan pita, Anda dapat menjahitnya menggunakan benang.
  • Bungkus dengan plastik bening lalu tempelkan brand Anda beserta informasi lengkap terkait media sosial dan nomor yang bisa dihubungi.

Itulah ulasan terkait bisnis aksesoris jilbab yang layak untuk dicoba sebagai tambahan penghasilan.