Select Page

Salah satu bisnis yang tidak akan lekang oleh waktu adalah makanan. Beberapa orang menyebutnya dengan istilah bisnis food and beverage atau kerap disebut juga F&B. Apabila ingin terjun ke dalamnya, maka Anda bisa menyimak seluruh pembahasan pada kali ini sebagai bekal agar bisa berjalan lancar.

Kenapa Bisnis F&B Sangat Menguntungkan?

1. Evergreen

Permintaan akan makanan dan minuman tidak akan pernah habis karena setiap orang pasti membutuhkannya. Oleh karena itu, ketika menjalani usaha ini jangan pernah khawatir masalah pasarnya. Satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah bagaimana terus memperbaiki kualitas dan berinovasi.

2. Modal terjangkau

Anda tidak perlu menyewa tempat senilai puluhan juta untuk memulai bisnis ini. Pasalnya, di rumah pun usaha ini tetap bisa dijalankan. Bahkan, sudah cukup banyak pebisnis rumahan yang sukses seperti jasa katering, delivery food, dan lain-lain. Jadi, bisa dibilang modalnya hanya berupa bahan makanan serta alatnya saja.

3. Repeat order tinggi

Jika rasa dan kualitas produk Anda memang berkualitas, maka kesempatan mendapatkan repeat order akan sangat tinggi. Bahkan, tidak jarang orang akan dengan senang hati mempromosikan karena merasa puas.

4. Mudah dipasarkan

Pemasaran produk ini sangat mudah. Anda bisa membuka booth, menjajakan ke orang-orang, atau melalui media sosial. Apalagi jika sudah memiliki branding yang kuat, maka pemasaran sudah bukan hal sulit lagi.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis F&B

Jika Anda berminat untuk menggeluti usaha ini, maka silakan ikuti langkah-langkah berikut ini. Tujuannya adalah agar semua terencana dengan baik sehingga risiko kerugian bisa ditekan.

1. Mulai dari skala kecil

Jangan terburu-buru untuk langsung membuka dalam skala besar, terlebih lagi jika belum memiliki pengalaman berbisnis. Akan lebih baik jika Anda memulai dari skala kecil terlebih dahulu. Cobalah menawarkan makanan ke tetangga atau teman dekat dan minta masukan dari mereka.

Masukkan ini akan sangat berarti di fase-fase awal karena membantu meminimalkan kesalahan serupa dan meningkatkan kualitas produk. Jika perlu, jangan ragu-ragu memberikan sampel gratis atau diskon khusus sebagai tanda terima kasih kepada mereka.

2. Bangun tim jika mampu

Apabila skalanya sudah mulai besar dan pesanan cukup banyak, artinya sudah waktunya Anda untuk membangun tim. Tidak perlu banyak-banyak, satu atau dua orang saja sudah cukup. Jika belum mampu membayar gaji karyawan, mintalah bantuan saudara atau teman dekat terlebih dahulu.

Anda bisa menggunakan sistem bagi hasil kepada mereka. Selanjutnya, ketika sudah memiliki budget cukup, maka silakan rekrut karyawan dan sebaiknya sudah Anda kenal. Bukan bermaksud berprasangka buruk, namun orang yang dikenal akan lebih mudah diajak bekerja sama dibandingkan orang benar-benar asing.

3. Pasarkan melalui sosial media

Langkah terakhir adalah mulai memasarkan di media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, atau TikTok. Di fase ini, Anda mungkin akan membutuhkan social media officer yang bertugas melakukan interaksi, membuat konten, dan mengevaluasi sosial media.

Rekomendasi Bisnis F&B

Sebenarnya ada banyak sekali produk yang bisa Anda pilih. Semua tergantung dari selera atau kesukaan masing-masing. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengincar pasar anak muda, maka lebih baik pilih produk seperti minuman kekinian, makanan pedas, atau makanan unik lainnya.

Apabila ingin menyasar pasar kelas menengah ke atas, Anda bisa membangun restoran atau kafe. Tentu saja modal juga harus dipertimbangkan. Beberapa produk lain yang bisa dicoba antara lain frozen food, fried chicken, Thai Tea, kue handmade, jajanan pasar, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Jam Operasional Bank BJB

Tips Bagi Anda yang Ingin Menjalankan Bisnis F&B

1. Tentukan target market

Meskipun bisa dinikmati semua orang, namun menentukan target market yang spesifik sangat penting. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan bagaimana cara memasarkannya. Sebagai contoh, apabila ingin menjalankan usaha minuman boba, maka target market yang disarankan adalah anak-anak mudah.

Lain halnya jika menjual nasi goreng. Makanan ini bersifat lebih general. Oleh karena itu, Anda bisa menyasar ke orang dewasa yang sudah berkeluarga karena kebanyakan orang membeli nasi goreng secara beramai-ramai.

2. Tingkatkan kualitas

Alat pemasaran terbaik untuk produk F&B adalah kualitasnya. Jika rasa dan kualitasnya benar-benar baik, maka pembeli akan melakukan repeat order. Tak hanya itu, biasanya mereka juga akan suka rela merekomendasikan kepada teman-teman sehingga bisa menjadi tim pemasaran secara gratis.

3. Pilih lokasi strategis

Pada dasarnya memasarkan produk F&B bisa dilakukan secara online melalui sosial media. Akan tetapi, jika ingin membuka outlet, pilihlah lokasi yang strategis. Ciri-ciri lokasi strategis adalah sering dilewati orang yang merupakan target market Anda.

Beberapa contoh lokasi strategis antara lain dekat dengan sekolah, dekat dengan fasilitas umum, di depan mall, di area kos-kosan, dan lain-lain. Tak masalah jika harga sewa lebih tinggi asalkan bisa mendatangkan pembelian lebih banyak.

Jadi, sekarang Anda bisa mulai merencanakan untuk membuka bisnis food and beverage dengan lebih matang. Mengingat potensi pasar yang sangat besar, usaha ini sangat layak untuk digeluti.