Select Page

Apa saja sih perbedaan atm link dan atm bersama? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh kita yang sedang mencari lokasi ATM Bersama terdekat. Dan kita menemukan di mesin ATM ada logo ATM Link dan ATM Bersama.

Pastinya kita sering melihat di unit mesin ATM ada banyak logo jaringan ATM, seperti ATM Bersama, ATM Link, ATM Cirrus, ATM Prima dan masih banyak lainnya. Setiap jaringan ATM tersebut pastinya memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya.

Dari banyaknya jaringan ATM yang ada ATM Bersama dan ATM Link adalah yang paling banyak digunakan. Tetapi banyak dari nasabah bank yang belum mengetahui perbedaan antara atm link dengan atm bersama.

Jadi disini kami akan menjelaskannya dengan detail tentang kedua jaringan ATM tersebut.

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama

Berikut ini ada perbedaan antara atm link dengan atm bersama yang harus kamu ketahui :

1. Bank Anggota

Pertama kita bisa melihat perbedaan dari Bank anggota kedua jaringan ATM Bersama dan ATM Link. Secara umum pemilik kartu ATM Link juga bisa dikatakan sebagai anggota dari ATM Bersama.

Karena ATM Link hanya memiliki anggota dari 4 bank milik pemerintah seperti Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BRI dan Bank BNI.

Sedangkan untuk ATM Bersama ke empat bank tersebut juga masuk menjadi anggota jaringan ini, ditambah dengan 90 lebih anggota perbankan dan non bank lainnya di dalamnya. Untuk lebih jelas bisa cek di postingan daftar anggota ATM bersama.

2. Logo dan Warna Mesin ATM

Untuk mengetahui perbedaan kedua jaringan ATM isa kita lihat dari Logo dan warna dari mesin ATM. Jika kita melihat secara sekilas ATM Bersama dan ATM Link tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Perbedaan paling jelas yang dapat kita lihat adalah dari logonya. Untuk ATM Bersama memiliki logo berwarna biru, sedangkan ATM Link memiliki logo berwarna merah.

Selain tampak dari Logo, kita juga dapat melihat perbedaannya dari warna mesin ATM. Untuk mesin ATM Link umumnya memiliki dominan warna merah dan putih lebih cerah dibanding ATM bersama.

3. Biaya Transaksi

Untuk perbedaan lainnya adalah dilihat dari biaya transaksi. Untuk biaya transaksi ATM Link memiliki biaya dari Rp 4.000 sampai Rp 6.500, sedangkan untuk biaya tarik tunai ATM bersama adalah Rp 6.500 sampai Rp 8.000. Jadi untuk biaya transaksi bisa dikatakan ATM Link lebih murah daripada ATM bersama.

Tetapi ATM Link terbatas hanya untuk 4 bank BUMN yaitu Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BNI. Sedangkan ATM bersama memiliki lebih dari 90 anggota bank dan non bank.

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama Dilihat Dari Segi Fitur Yang Dimiliki

Perbedaan ATM Link dan ATM Bersama Dilihat Dari Segi Fitur Yang Dimiliki

Perbedaan atm link dan atm bersama selanjutnya dilihat dari fitur yang dimilikinya, berikut penjelasan fitur ATM Bersama dan ATM Link.

Fitur ATM Bersama

ATM Bersama adalah sebuah jaringan Switching terbesar di indonesia yang terhubung dengan 90 lebih perusahaan bank dan non bank yang dapat mempermudah proses berbagai macam transaksi secara online dan realtime.

Berikut ini penjelasan fitur utama dari ATM bersama.

  • Transaksi Tarik Tunai

Nasabah Bank yang memiliki kartu ATM dengan logo ATM bersama dapat mengambil uang atau transaksi tarik tunai di seluruh unit mesin ATM yang berlogo ATM bersama.

  • Cek Saldo

Selain dapat menarik tunai uang di ATM bersama, nasabah bank yang memiliki kartu ATM berlogo ATM bersama juga dapat mengecek saldo rekening di seluruh jaringan unit ATM bersama.

  • Transfer Sesama Bank dan Beda Bank

ATM Bersama memberikan layanan transfer sesama bank dan beda bank dengan mudah ke semua nasabah perusahaan bank dan non bank anggota ATM bersama.

  • Transfer Ke Pihak Ketiga

ATM Bersama memiliki fasilitas untuk anggota ATM Bersama untuk bisa melakukan pengiriman uang dengan kartu ATM Bank ABC di Unit Mesin ATM Bank XYZ ke Rekening bank 123.

Dengan catatan seluruh bank tersebut adalah anggota dari ATM bersama.

Fitur ATM Link

ATM Link merupakan jaringan switching dari 4 Bank pemerintah yaitu Bank BTN, Bank BRI, Bank BNI dan Bank Mandiri. Saat ini ATM Link telah memiliki lebih dari 53 ribu unit ATM Link di seluruh Indonesia.

Fitur ATM Link yang bisa kita gunakan adalah sebagai berikut :

  • Cek Saldo/Balance Inquiry
  • Transfer Antar Bank
  • Tarik Tunai/Cash Withdraw
  • Pembelian pulsa dan pembayaran tagihan
  • Top Up atau isi ulang BLink, TapCash, Brizzi, dan E-Money
  • Top Up uang elektronik

Itulah yang dapat kami sampaikan tentang perbedaan atm link dan atm bersama, semoga kamu menjadi lebih paham tentang perbedaan dari kedua jaringan ATM terbesar di Indonesia dari segi biaya, manfaat dan fitur yang diberikannya.