Select Page

Biaya tarik tunai atm bersama berapa? Pastinya ini merupakan salah satu pertanyaan yang banyak orang ingin ketahui ketika sedang mencari lokasi ATM Bersama tedekat.

Karena kita ingin menggunakan ATM bersama untuk transaksi, ketika tidak ada atm bank yang sama dengan kartu atm yang kita miliki. Jadi mau tidak mau kita akan menggunakan ATM bersama untuk melakukan transaksi tarik tunai.

Sebelum membahas secara detail tentang biaya tarik tunai atm bersama, kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu ATM Bersama secara ringkas.

Pengertian ATM Bersama

ATM Bersama merupakan sebuah jaringan switching terbesar yang ada di Indonesia yang dapat menghubungkan kita dengan ratusan perbankan dan lembaga non bank dengan mudah dan praktis.

Manfaat ATM Bersama

Manfaat ATM Bersama

Dengan adanya ratusan bank yang ada di Indonesia, transaksi antar bank tidak terhindarkan baik dalam proses transaksi tarik tunai maupun transfer.

Sehingga dengan adanya ATM bersama semua transaksi beda bank akan menjadi lebih mudah di seluruh mesin ATM yang ada di Indonesia.

Kita dapat melakukan berbagai macam transaksi antar Bank melalui mesin ATM bersama, asalkan pada mesin ATM tersebut memiliki logo ATM Bersama.

Jadi dimanapun kita berada baik di kota, desa atau daerah yang susah dijangkau, tetapi ketika ada mesin ATM dengan logo ATM Bersama kita dapat melakukan transaksi di ATM tersebut.

Selain manfaat tersebut ada sejumlah manfaat ATM bersama lainnya, seperti :

1. Terhubung dengan lebih 70 ribu Unit Mesin ATM di Seluruh Indonesia

ATM Bersama yang dikelola oleh PT Artajasa Pembayaran Elektronik, saat ini sudah terkoneksi dengan 77 ribu lebih unit mesin ATM di Indonesia.

Sehingga dengan jumlah unit yang sangat bank ini, kita dapat melakukan transaksi tunai dan non tunai dengan mudah di seluruh Indonesia berkat adanya ATM Bersama.

Informasi lengkap tentang Bank dan perusahaan yang bekerjasama dengan ATM Bersama baca di artikel Daftar Anggota ATM Bersama.

2. Lebih Fleksibel

Dengan perkembangan zaman yang sangat cepat dan kita masuk ke era serba digital, dengan adanya ATM bersama kita dalam melakukan transaksi keuangan menjadi lebih fleksibel.

Sehingga dengan adanya ATM bersama membuat kita ketika berada di perkotaan maupun pedesaan tetap bisa melakukan transaksi tunai dan non tunai secara realtime.

3. Dapat Melakukan Transaksi Lain

ATM bersama tidak hanya digunakan untuk melakukan aktivitas penarikan tunai saja. Karena ATM bersama telah memberikan layanan transaksi perbankan secara online untuk seluruh nasabahnya yang terhubung dengan jaringan switching.

Kita dapat melakukan transaksi lain seperti membayar tagihan, top up saldo dompet digital ataupun mengecek saldo.

4. Mempermudah Transaksi Antar Bank

Dengan kemudahan transaksi antar bank seperti transfer uang antar bank, membuat ATM Bersama menjadi solusi terbaik bagi pebisnis dalam aktivitas transfer.

Tapi sebelum melakukan transfer, pastikan bank penerima sudah tergabung dalam anggota ATM Bersama.

Berapa Biaya Tarik Tunai ATM Bersama?

Berapa Biaya Tarik Tunai ATM Bersama

Jika kamu ingin mengetahui berapa biaya tarik tunai atm bersama? Menurut website resmi dari ATM bersama.

Seluruh nasabah anggota bank yang terdaftar dengan ATM bersama akan dikenakan biaya untuk setiap transaksi yang dilakukan. Baik transaksi cek saldo, transaksi transfer ataupun transaksi tarik tunai.

  • Biaya tarik tunai atm bersama terbaru adalah Rp 7.500 per transaksi
  • Tarif cek saldo atm bersama adalah Rp 4.000 per transaksi, untuk biaya cek saldo terbaru Rp 3.000 per transaksi
  • Biaya transfer antar bank ATM bersama adalah Rp 6.500 per transaksi
  • Biaya transaksi gagal karena saldo tidak cukup adalah Rp 3.000 per transaksi

Tetapi biaya tarik tunai atm bersama juga bisa tergantung dari peraturan dan kebijakan dari masing-masing bank, jadi bisa juga lebih mahal dari yang tertera di atas ataupun bahkan bisa gratis/tidak dikenakan biaya transaksi.

Hal Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Transaksi di ATM Bersama

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan juga ketika menggunakan ATM Bersama tentang cara menggunakan dan biaya yang dikenakan.

1. Pastikan Mesin ATM dan Kartu ATM Terdapat Logo ATM Bersama

Untuk memastikan apakah bank yang kamu gunakan terhubung dengan jaringan ATM bersama, Kamu dapat mengecek Kartu ATM yang kamu miliki. Pada bagian belakang kartu ATM yang kamu miliki apakah ada logo ATM bersama atau tidak.

Selain itu pastikan juga unit mesin ATM yang akan kamu gunakan untuk bertransaksi juga terdapat logo ATM bersama.

Jika ternyata kartu ATM kamu miliki tidak ada logo ATM bersama atau pada mesin ATM tidak terdapat logo ATM Bersama. Maka kamu tidak akan dapat melakukan transaksi pada unit ATM tersebut.

2. Biaya Dihitung Per Transaksi

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, setiap transaksi di ATM Bersama memiliki biaya yang berbeda-beda.

Karena setiap transaksi akan dihitung biayanya, Misalnya ketika kamu menggunakan ATM bersama untuk melakukan tarik tunai maka biaya tarik tunai atm bersama yang akan dikenakan adalah Rp 7.500 per transaksi.

Jika kamu melakukan proses tarik tunai sebanyak 2 kali di mesin ATM bersama tersebut, maka biaya tarik tunai atm bersama juga dihitung 2 kali. Jadi total biaya yang dikenakan adalah Rp 7.500 + Rp 7.500 = Rp 15.000.

Jika setelah kamu melakukan proses transaksi tarik tunai 1 kali, setelah itu cek saldo. Maka biaya yang dikenakan adalah biaya tarik tunai atm bersama dan biaya cek saldo yaitu Rp 7.500 + Rp 3.000 = Rp 10.500.

Jadi, agar kamu tidak dikenakan biaya berulang pastikan kamu menggunakan ATM bersama sesuai dengan transaksi yang kamu butuhkan saja.