Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Siapa sih yang tidak tau aplikasi jual beli online terbesar di Indonesia? yap shopee. Dimana setiap harinya menawarkan berbagai diskon dan voucher untuk menarik minat konsumen. Tidak jarang banyak konsumen yang khilaf mata karena diskon dan langsung check out tanpa melihat kualitas produk. Selain itu, pasti juga sering tidak sadar membeli barang yang salah tapi sudah terlanjur di check out dan dibayar. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim khususnya yang sudah dilakukan pembayaran.

Sebelum membahas mengenai carapembatalan pesanan di shopee, terlebih dahulu kita harus memahami bagaimana syarat dan ketentuan dalam melakukan pembatalan pesanan di Shopee. Untuk syarat dan ketentuannya yaitu :

  1. Kedua belah pihak, yaitu pembeli dan penjual tidak mempunyai hak untuk memilih prodk mana yang dibatalkan jika pesanan sudah dalam status diproses. Tetapi, kita diberi opsi untuk dapat membatalkan semua produk dalam pesanan.
  2. Jika pembeli belum memproses pembayaran pesanan. Maka sebagai pembeli anda dapat memilih produk yang ingin anda batalkan
  3. Perlu dicermati bahwa pengajuan pembatalan pesanan di Shopee hanya dapat dilakukan tidak lebih dari satu kali

Pada pesanan yang sudah dikirim, istilah yang digunakan bukan pembatalan pesanan namun biasa dipakai yaitu pengembalian barang atau uang ke penjual. Pembatalan pesanan yang anda lakukan di shopeetentunya melibatkan kedua belah pihak, nah sehingga penjual ataupun pembeli dapat melakukan pembatan pesana dengan cara sebagai berikut :

Pembatalan pesanan shopee yang dilakukan penjual

Sebagai penjual berikut ini cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim yang dapat dilakukan oleh penjual untuk melakukan pembatalan pesanan :

  1. Buka website atau aplikasi shopee
  2. Masuk ke akun shopee seller
  3. Masuk ke halaman “Saya”
  4. Pilih menu “Toko saya”
  5. Kemudian pilih “Penjualan saya”
  6. Lalu anda dapat memilih pesanan mana yang akan anda batalkan dalam ketentuan status pesana “perlu dikirim”
  7. Kemudian klik “jawab”untuk mengisi alasan anda melakukan pembatan
  8. Klik “konfirmasi”
  9. Proses telah selesai

Pembatalan pesanan shopee yang dillakukan oleh pembeli

Sebagai pembeli berikut ini langkah yang dapat dilakukan oleh pembeli untuk melakukan pembatalan pesanan yang dilakukan di shopee:

  1. Buka website atau aplikasi shopee
  2. Masuk ke akun shopee anda
  3. Masuk ke halaman “Saya”
  4. Dalam menu “pesanan saya”, pilih menu “dikemas”
  5. Pilih pesanan mana yang ingin anda batalkan
  6. Klik tombol “batalkan pesanan”
  7. Pilih alasan mengapa anda melakukan pembatalan pesanan dan ajukan pembatalan pesanan shopee
  8. “konfirmasi”pembatalan anda
  9. selesai

Jika anda sudah membeli namun belum sampai proses membayar maka beikut ini cara membatalkan pesanan yang belum sampai proses pembayaran :

  1. Buka website atau aplikasi shopee
  2. Masuk ke akun shopee anda
  3. Masuk ke halaman “Saya”
  4. Dalam menu “pesanan saya”, pilih menu “belum bayar”
  5. Pilih pesanan mana yang ingin anda batalkan
  6. Klik tombol “batalkan pesanan”
  7. Pilih alasan mengapa anda melakukan pembatalan pesanan dan ajukan pembatalan pesanan shopee
  8. “konfirmasi”pembatalan anda
  9. selesai

Lalu bagaimana jika saya sudah membayar namun dengan metode pembayaran COD atau Cash On Delivery. Apakah masih bisa dibatalkan? Tenang dear, tentu bisa. Karena dalam syarat tidak dijelaskan bahwa metode pembayaran tidak mempengaruhi pembatalan dalam pesanan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk membatalkan pesananmu di shopee

Pesanan Yang Belum Dikirim

Langkah-langkah yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Hubungi penjual
  2. Ajukan permintaan pembatalan disertai dengan alasannya dan disetujui penjual
  3. Jika disetujui maka pesanan dapat dibatalkan
  4. Tunggu penjual akan menghubungi kurir agar mengembalikan pesanan kepada penjual
  5. Anda dapat membatalkan pesanan pada “status pesanan”, klik batalkan pesanan anda.

Pesanan yang sudah dikirim

Langkah-langkah yang dilakukan hampir sama, yaitu sebagai berikut :

  1.  Menghubungi penjual secara langsung
  2. Ajukan permintaan pembatalan secara jelas disertai alasan dan disetujui penjual
  3. Jika penjual telah mengkonfirmasi maka pesanan dapat dibatalkan walaupun sudah dikirim
  4. Jika ternyata barang sudah sampai, maka anda dapat memberikasn informasi kepada kurir bahwa barang tersebut sudah dibatalkan dan kurir dapat mengembalikan paket dari shopee tersebut kepada penjual.

Pesanan dibatalkan otomatis oleh shopee

Selain dari penjual dan pembeli yang sapat membatalkan pesanan, pihak shopee sendiri juga mempuanyai kewenangan untuk dapat membatalkan pesanan secara otomatis. Berikut ini yang menyebabkan pesanan anda dibatalkan secara otomatis oleh pihak shopee :

  1. Apabila pembeli sudah melakukan pemesanan barang, namun hingga jangka waktu yang ditentukan pembeli belum menyelesaikan proses pembayaran, maka barang yang dipesan dapat dibatalkan secara otomati soleh pihak shopee.
  2. Jika pembeli sudah memesan barang dan sudah melakukan pembayaran, namun hingga dalam jangka waktu yang ditentukan oleh shopee penjual tidak merespon pesanan tersebut maka pesanan tersebut akan batal secara otomatis
  3. Jika pembeli sudah memesan barang dan menyelesaikan proses pembayaran, dan penjual pun juga merespon, namun apabila penjual tidak memasukkan resi pengiriman dengan jangka waktu yang telah ditetapkan oleh shopee, maka pesanan tersebut dapat batal secara otomatis.

Itulah beberapa langkah cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirimyang dapat anda lakukan jika ingin melakukan pembatalan pesanan di Shopee, namun perlu diingat bahwa sebagai pembeli anda hanya dapat mengajukan satu kali permohonan pembatalan untuk setiap pesanan. Jadi apabila permohonan anda ditolak oleh penjual, anda tidak bisa mengajukan permohonan pembatalan pada pesanan yang sama. Dikarenakan dalam sistem shopee penjual diperbolehkan untuk menolak permohonan pembatalan pesanan yang sudah dikemas atau diatur pengirimannya. Untuk pembatalan pesanan sendiri juga memiliki ketentuan yang berbeda tergantung jenis pesanan, yaitu :

  1. Pesanan dalam negeri yang sudah menyelesaikan proses pembayaran (bukan pre-order)

Pembatalan untuk jenis ini dapat dilakukan secara instan setiap saat dengan catatan sebelum pengiriman diatur oleh penjual atau sebelum satu jam setelah melakukan pemesanan, karena anda tidak dapat melakukan pembatalan ketika pengiriman sudah diatur

  • Pesanan dalam negeri yang sudah menyelesaikan proses pembayaran (pre-order)

Dalam jenis ini, anda membutuhkan persetjuan dari pernjual untuk melakukan pembatalan terlepas dari apakah status barang sudah diatur pengirimannya. Setelah anda mengajukan permintaan pembatalan, penjual mempunyai kewajiban untuk merespon dalam jangka waktu 3×24 jam. Apabila penjual dan pembeli tidak berhasi melakukannya, maka pesanan anda akan dibatalkan secara otomatis oleh sistem shopee dan dana anda akan dikembalikan sesuai dengan metode pembayaran yang telah digunakan

  • Pesanan luar negeri (tanpa pre-order)

Pembatalan bisa dilakukan secara instan dalam jangka waktu satu jam setelah anda melakukan pemesanan, dan sebelum pengiriman diatur oleh penjual. Setelah lewat satu jam , anda perlu persetujuan penjual untuk dapat melakukan pembatalan pesanan anda.

Selain cara membatalkan pesanan di shopee yang sudah dikirim tersebut, untuk mengetahui apakah permohonan pembatalan anda diterima atau tidak anda dapat memeriksa status pembatalan pesanan anda, dengan cara lihat rincian pembatalan untuk pesanan melalui menu pembelian saya. Untuk pemesanan yang telah dibayarkan anda tidak perlu khawatir, karena apabila pembatalan berhasil pengembalian dana akan diproses secara otomatis oleh pihak shopee.