Select Page

Mudah! Anda bisa mengajukan buka rekening mandiri secara offline (langsung datang ke cabang) dan online (pakai smartphone). Syaratnya mudah, prosesnya gampang, dan cepat!

Mandiri merupakan salah satu perbankan swasta nasional dengan performa keren. Jumlah nasabah bank ini sangat banyak dan tersebar dari seluruh pelosok negeri. Ada yang membuka rekening khusus untuk menabung, ada juga yang hanya digunakan untuk menerima gaji bulanan (payroll).

Mandiri mengeluarkan banyak sekali jenis tabungan untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya. Jadi, kalau Anda mau buka rekening, informasi tentang jenis tabungan ini sangat diperlukan.

Tapi sebelum ke sana, pada kesempatan kali ini kami akan fokus pada persyaratan pembuatan rekening dan cara-caranya. Selamat menyimak.

Pembukaan rekening Mandiri langsung di cabang

Metode pertama yang bisa dipilih saat hendak membuat tabungan Mandiri adalah dengan datang ke cabang terdekat. Cara manual inilah yang selama ini dilakukan oleh para calon nasabah sebab lebih nyaman, mudah, dan leluasa. Begitu juga dengan untuk pembuatan rekening bca dan tabungan bri.

Bila ada masalah bisa langsung ada solusinya. Kalaupun ada pertanyaan yang ingin diajukan, bisa langsung dapat jawabannya. Apa saja langkah yang harus dilakukan?

Siapkan syarat buka rekening Mandiri

 Siapkan syarat buka rekening Mandiri

Hal pertama yang perlu disiapkan sebelum berangkat ke cabang adalah menyiapkan dan membawa persyaratannya dari rumah. Persyaratan umum yang diperlukan adalah:

  1. KTP bagi WNI, KITAS/KIMS/KITPA bagi warga negara asing, dan pelajar perlu menyertakan surat persetujuan orang tua selain kartu pelajarnya.
  2. NPWP bagi yang sudah punya hukumnya wajib. Jika memang belum punya, Anda akan diminta untuk mengisi dan menandatangani surat pernyataan belum punya NPWP.
  3. Bawa uang untuk setoran awal.
  4. Nomor telepon yang bisa dihubungi.

Itu adalah 4 persyaratan umum yang perlu disiapkan dan dibawa ke cabang terdekat.

Datang ke cabang dan utarakan maksud kedatangan

Berangkatlah ke cabang terdekat. Saat penjaga keamanan membukakan pintu, silakan utarakan maksud kedatangan Anda, yakni membuka rekening baru. Petugas akan menunjukkan formulir yang perlu diisi untuk nasabah baru juga memencet tombol antrean ke customer service.

Sambil menunggu, Anda bisa mengisi formulirnya. Biasanya hanya informasi umum saja yang boleh diisi dengan label “Diisi oleh Nasabah”. Kalau ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk bertanya kepada CS bila sudah tiba giliran Anda maju.

Ketika giliran sudah tiba, maka lakukan setiap detail yang diungkapkan oleh CS. Serahkan persyaratan yang dibutuhkan, tanda tangan di beberapa dokumen, dan yang lainnya. Ikuti semuanya dengan baik.

CS biasanya juga akan menawari beberapa fasilitas seperti aktivasi internet banking, Mandiri Mobile atau yang lainnya sesuai dengan fasilitas yang bisa didapatkan dari jenis tabungan yang dipilih.

Jika memang fasilitas ini bisa Anda ambil, maka sebaiknya diambil. Sebab seperti cara transfer virtual account BRI, dengan fasilitas mandiri online Anda juga bisa mengirim dana melalui VA dengan cepat saat berbelanja di marketplace.

Buka rekening mandiri tanpa NPWP

Inilah salah satu kondisi yang cukup unik saat Anda mendaftar ke customer service. Di mana beberapa orang memang tidak memiliki NPWP sehingga mereka perlu mengisi dokumen tambahan berupa formulir pernyataan belum punya NPWP.

Buka rekening mandiri tanpa NPWP

Silakan isi agar proses pembukaan rekening bisa dilakukan dengan cepat dan tepat.

Pembukaan rekening tanpa NPWP ini biasanya cocok buat para mahasiswa yang memang belum memiliki penghasilan sehingga belum jadi wajib pajak.

Setoran awal rekening Mandiri

Secara umum, jenis simpanan Mandiri terbagi jadi dua, yakni kategori perorangan (individu) dan bisnis. Umumnya, orang-orang membuka tabungan untuk perorangan dengan setoran awal Rp 500.000,-. Sementara untuk membuka tabungan bisnis, perlu disiapkan uang sebesar Rp 1.000.000,-

Informasi di atas tidak termasuk jenis tabungan Valas, Rencana, dan Investor. Silakan baca atau tanyakan kepada CS mengenai jenis tabungan di Mandiri agar lebih jelas.

Uang yang digunakan sebagai setoran awal ini harus disetorkan melalui teller. Karena tugas CS dan teller sangat jauh berbeda.

Dapat buku tabungan dan ATM

Bila uangnya sudah disetor dan berhasil, maka transaksi tersebut akan langsung tercatat di buku tabungan Anda. Itulah mutasi rekening pertama di buku tabungan tersebut.

Biasanya, selain buku tabungan, Anda juga akan mendapatkan kartu ATM yang bisa digunakan untuk mengecek mutasi dan bertransaksi keuangan lainnya.

Buka rekening mandiri online

Selain pendaftaran di kantor cabang, kini Anda juga bisa melakukan pendaftaran secara online menggunakan smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Buka rekening mandiri online

Kunjungi situs buka rekening online dari browser di smartphone

Pertama-tama, Anda perlu mengunjungi situs join.bankmandiri.co.id. Situs ini hanya bisa diakses dari smartphone. Kalau Anda menggunakan android, browser yang dipakai adalah Google Chrome. Sementara untuk pengguna iOS atau iPhone, gunakanlah Safari.

Pendaftaran bisa dilakukan selama 7 hari dalam 24 jam. Namun begitu, untuk layanan video call yang berguna untuk verifikasi hanya bisa dilakukan pada jam 08.00 WIB – 21.00 WIB setiap hari.

Syarat buka rekening mandiri online

Persyaratan yang perlu disiapkan untuk melakukan pendaftaran di sini sedikit beda dengan di cabang Mandiri. Silakan cek langsung dalam daftar berikut ini:

  1. Anda harus memakai KTP, sebab jenis tabungan yang diperbolehkan oleh dibuka secara online hanya diperuntukkan bagi seluruh WNI yang tercatat di Dukcapil saja.
  2. Yang boleh mendaftar hanya mereka yang belum punya rekening mandiri sebelumnya (belum pernah mendaftar ke Mandiri) alias benar-benar baru.
  3. Wajib menyertakan NPWP, di mana menurut UU perpajakan di Indonesia, setiap wajib pajak wajib memiliki NPWP.
  4. Tanda tangan di atas kertas putih.
  5. Nomor Hp aktif. Provider-nya Telkomsel, Indosat, Axis, 3, Smartfren, dan XL
  6. Email aktif yang bisa menerima email.

Catatan: Dokumen seperti KTP, tanda tangan harus difoto dengan posisi dengan benar dan diunggah atau submit pada saat mendaftar secara online. Selain itu, Anda juga butuh melakukan foto selfie dengan membawa kartu identitas diri. Lakukan dengan benar menggunakan kamera smartphone.

Ikuti setiap step yang ada di situs tersebut

Agar proses berjalan lancar, silakan ikuti setiap proses yang ada di atas. Pilih jenis tabungan (Tabungan Rupiah), masukkan identitas atau data diri dengan benar, dan tahapan lainnya. Bila sudah, jangan lupa verifikasi dengan melakukan video call.

Yang perlu Anda ketahui adalah situs ini tidak bisa dikunjungi bila Anda mengaktifkan VPN. Jadi untuk sementara nonaktifkan VPN dulu.

Selain itu, bila pada saat proses registrasi ada masalah dan tiba-tiba Anda keluar dari situs tersebut, jangan khawatir. Anda tinggal membuka situsnya lagi dan melanjutkan pendaftaran dari bagian yang terakhir kali dilakukan. Sebab sudah ada menu terpisah untuk melanjutkan pembukaan rekening.

Cara memasukkan setoran awal

Penyetoran awal uang Anda bisa dilakukan lewat:

  1. Transfer dari rekening mandiri atau bank lain.
  2. Lewat mesin setor tunai.
  3. Melalui teller.
  4. Lewat mesin setor dan tarik tunai.

Setoran awal ini akan ditunggu maksimal 90 hari setelah pendaftaran berhasil dilakukan. Bila dalam 90 hari tidak ada setoran, maka rekening akan ditutup secara otomatis.

Tidak dapat buku tabungan tapi dapat kartu debit

Anda tidak akan mendaftar buku tabungan. Sebagai gantinya, mutasi rekening akan dikirim periode bulanan langsung ke alamat email aktif yang Anda gunakan untuk mendaftar.

Akan tetapi nasabah akan tetap dapat kartu debit atau ATM. Kartu ini akan dikirim  langsung ke alamat rumah Anda, paling cepat 7 hari kerja untuk yang berada di pulau Jawa dan Sumatera. Sementara untuk pulau lainnya butuh waktu 14 hari kerja.

Cara mengecek mutasi rekening mudah dan cepat

Melihat ulasan di atas, pengecekan mutasi rekening mandiri memang bisa dilakukan dengan mudah secara periodik. Namun, bila Anda ingin melakukan pengecekan sewaktu-waktu dengan cepat dan tepat, mutaeasy.com bisa jadi pilihan yang tepat.

Di sini, mutasi atau histori transaksi Anda akan tercatat dan ditampilkan dengan jelas. Tak perlu menunggu email bulanan dari pihak bank, juga tak perlu print buku tabungan ke cabang terdekat.

Utamanya bila transaksi keuangan dalam rekening Anda padat. Maka dibutuhkan tempat pengecekan yang tepat, cepat, dan dijamin keamanannya. Mutaeasy merupakan tempat pengecekan mutasi berbasis web yang sudah memenuhi semua itu.

Demikian informasi tentang cara buka rekening mandiri baik secara online maupun offline yang bisa kami sampaikan. Selamat mencobanya dan semoga bermanfaat.