Beli Pulsa SMS Banking BRI: Format, Nominal Minimal, Tarif

Gambar 1 - Cara beli pulsa SMS banking BRI dan format SMS yang dapat dipakai

Kehabisan pulsa di tengah jalan? Jangan khawatir, Anda bisa beli pulsa SMS banking BRI. Semua bisa dilakukan lewat HP asal tahu format SMS-nya. Mudah dan cepat.

SMS banking merupakan salah satu layanan yang ada di setiap perbankan. Salah satunya BRI. Untuk mendapatkan layanan ini, Anda harus mendaftarkan nomor HP aktif terlebih dulu. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui ATM dan atau kantor cabang terdekat.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai pembelian pulsa melalui SMS banking yang ada di bank BRI, silakan simak ulasan ini sampai selesai sebab kami akan membahasnya secara detail.

Sekilas tentang SMS banking BRI

SMS banking BRI merupakan layanan yang memungkinkan nasabah untuk dapat bertransaksi perbankan melalui pesan singkat biasa. Transaksi yang dimaksud di sini bisa finansial, bisa juga non finansial.

Di antara transaksi yang dapat dilakukan dari fasilitas SMS banking adalah:

  1. Transfer dana ke rekening bank BRI lain.
  2. Transfer uang ke rekening bank lainnya seperti mandiri, BCA, BNI, dll.
  3. Pembelian pulsa.
  4. Pembelian token listrik.
  5. Pembayaran tagihan-tagihan.
  6. Cek mutasi rekening.
  7. Cek tagihan-tagihan, dll.

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa untuk menikmati layanan ini, Anda harus mendaftar dulu baik melalui ATM maupun datang ke kantor cabang terdekat.

Tapi, sebelum mendaftar Anda harus tahu bahwa proses pendaftaran ini terdiri dari dua jenis, yakni:

  1. Pendaftaran melalui ATM yang hanya akan mengaktifkan transaksi non finansial. Maksudnya, jika pendaftaran hanya dilakukan di ATM, maka Anda hanya bisa melakukan transaksi seperti cek saldo, cek mutasi rekening, atau pengecekan lain. Jadi, tidak ada dana yang keluar dari rekening Anda.
  2. Jika pendaftaran melalui kantor cabang, maka nomor HP bisa digunakan untuk seluruh transaksi, baik non finansial maupun finansial. Jadi tak hanya untuk pengecekan, tapi juga pembayaran.

Khusus untuk pembelian pulsa, Anda harus mengaktifkan transaksi finansial. Sebab sifatnya mengeluarkan dana dari rekening Anda.

Cara beli pulsa SMS banking BRI dan format SMS yang dapat dipakai

Cara beli pulsa SMS banking BRI dan format SMS yang dapat dipakai

Setelah melakukan pendaftaran dengan kondisi aktif untuk seluruh transaksi, Anda bisa memakai nomor HP terdaftar untuk membeli pulsa. Caranya adalah dengan mengirimkan format SMS seperti di bawah ini:

PULSA (spasi) Nomor HP yang akan diisi (spasi) nominal dalam ribuan (spasi) PIN SMS banking.

Contoh:

PULSA 0877454220987 100 224466

Selanjutnya, kirim format SMS di atas ke nomor 3300.

Arti dari format di atas adalah pengisian pulsanya dilakukan di nomor HP 0877454220987 sejumlah Rp 100.000,-.

Minimal isi pulsa SMS banking BRI

Sebelum melakukan pengisian ulang, Anda perlu mengetahui nominal pulsa minimal yang bisa diisikan di HP. Berikut ini adalah beberapa nominal-nominal yang dapat diisikan:

  1. Rp 20.000,- atau ditulis 20.
  2. Rp 25.000,- atau ditulis 25.
  3. Rp 50.000.- atau ditulis 50.
  4. Rp 100.000,- atau ditulis 100.

Selain nominal di atas, batas maksimal pengisian pulsa melalui perbankan juga tergolong besar. Yakni mencapai Rp 50.000.000,-.

Tarif SMS banking BRI

Setiap kali bertransaksi perbankan melalui SMS, ditetapkan tarif yang sudah disesuaikan dengan provider-nya. Tarif per SMS secara umum adalah Rp 500,-. Harga ini belum termasuk PPn. Kalau plus PPn-nya, jumlahnya bisa mencapai Rp 550,-.

Tarifnya juga harus disesuaikan dengan operator yang Anda pakai pada saat pertama kali mendaftarkan nomor HP ke fasilitas SMS banking.

Cara beli pulsa listrik lewat SMS banking

Cara beli pulsa listrik lewat SMS banking

Selain isi ulang pulsa HP, Anda juga bisa memakai layanan e-banking ini untuk membeli token listrik. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengganti format SMS-nya saja. Berikut ini adalah format SMS yang dapat digunakan:

BELI (spasi) PLNPRE (spasi) Nomor ID pelanggan (spasi) Nominal token listrik yang mau dibeli (spasi) PIN.

Contoh:

BELI PLNPRE 32115676787612 50 113355

Kirim SMS di atas ke nomor 3300

Setelah SMS dikirimkan, silakan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan nomor voucher listrik yang dapat diisikan di meteran. Pada saat mengisikan, jangan sampai salah digitnya karena transaksi bisa gagal. Jika sampai terjadi, ulangi sampai digit yang dimasukkan benar semua.

Soal nominal minimal yang dapat diisikan dan tarif pulsanya sama dengan pembelian pulsa biasa. Silakan diperhatikan dengan saksama.

Kendala saat pengisian pulsa

Kendala saat pengisian pulsa

Ada beberapa kendala yang biasanya dialami oleh para nasabah saat melakukan transaksi pengisian pulsa. Berikut ini adalah FAQ dan masalah yang sering dialami oleh para nasabah dan solusinya:

Jumlah pulsa yang diisikan

Pada saat membeli pulsa, kadang nasabah tidak memperhatikan jumlah minimal yang dapat diisikan. Mereka kadang langsung mengisikan 10 ribu. Padahal angka ini tidak memenuhi batas minimal pengisian pulsa.

Akibatnya, transaksi yang dilakukan gagal dan pulsa tidak terisi. Justru pulsa berkurang karena harus mengirim format SMS ke nomor 3300.

Transaksi gagal karena tidak bisa bertransaksi finansial

Salah satu keterangan yang umum terbaca setelah mengirimkan format SMS adalah gagal karena nomor HP tidak bisa dipakai bertransaksi finansial.

Jika ini yang terjadi, maka tandanya nomor HP Anda baru terdaftar di ATM saja. Belum diaktivasi untuk transaksi finansial melalui kantor cabang terdekat.

Untuk membuktikannya, coba pakai nomor HP Anda untuk cek saldo. Jika bisa, berarti memang masalahnya hanya perlu aktivasi di kantor cabang terdekat saja agar bisa menikmati fasilitas transaksi finansial.

Pulsa paket data belum bisa dilayani di BRI

Yang perlu menjadi catatan para nasabah adalah bahwa pembelian pulsa ini khusus untuk nominal tertentu. Bila nasabah ingin membeli paket data, maka hal tersebut tidak bisa dilayani secara langsung.

Pembelian paket data bisa dilayani secara tidak langsung. Yakni dengan cara di bawah ini:

  1. Cek harga paket data yang mau dibeli.
  2. Isi pulsa dengan nominal sesuai dengan harga paket datanya. Misalnya, harganya 90 ribu, maka isi 100 ribu.
  3. Jika sudah terisi, silakan pakai pulsanya untuk membeli paket data ke provider secara langsung.

Pulsa pra bayar dan pulsa pasca bayar

Untuk format SMS yang tertulis di atas adalah khusus untuk pembelian pulsa pra bayar. Untuk pulsa pasca bayar, maka namanya bukan pembelian, melainkan pembayaran tagihan pasca bayar. Jadi, formatnya berbeda.

Pulsa akan terpotong sebanyak 2 kali

Saat melakukan pengisian ulang, tarif SMS yang dibebankan adalah sebanyak dua kali. Pertama untuk mengirim format SMS. Kedua untuk menerima SMS.

Misalnya, Anda mengirimkan format SMS untuk reload pulsa, maka akan diberlakukan tarif sekali SMS. Saat 3300 akan mengirimkan informasi ke nomor HP yang terdaftar SMS banking, maka pulsa Anda juga akan terpotong sekali lagi.

Oleh karena itu, sebelum melakukan transaksi pastikan pulsanya mencukupi. Sebab jika pulsa Anda habis saat penerimaan SMS, maka prosesnya harus dilakukan dari awal.

Jangan lupa cek mutasi rekening setelah pengisian

Setelah melakukan reload, pastikan transaksi sudah berhasil dengan mengecek langsung pulsanya ke nomor HP yang diisi. Pengecekan bisa dilakukan setelah Anda mendapatkan notifikasi berhasil berupa SMS dari 3300.

Selain melakukan pengecekan langsung ke nomor HP yang diisi, Anda juga harus melakukan cara melihat mutasi rekening BRI agar lebih aman. Hal ini untuk menghindari terjadinya autodebet dobel atau hal-hal lain yang dapat terjadi by system.

Pengecekan mutasi rekening akan makin mudah bila dilakukan melalui Mutaeasy.com. Apalagi jika transaksi debit kredit Anda padat dan sering transfer atau menerima dana.

Mutaeasy merupakan situs yang dapat membantu melakukan pengecekan mutasi dengan cepat, menyeluruh, dan cocok buat para pebisnis. Tak hanya BRI, Anda bisa cek data transaksi dari perbankan lain secara langsung di situs ini.

Oleh karena itu, situs ini sangat direkomendasikan untuk seluruh nasabah yang sering bertransaksi perbankan. Tak hanya saat selesai beli pulsa SMS banking BRI saja, melainkan juga transaksi lainnya di bank-bank lain.

One Reply on “Beli Pulsa SMS Banking BRI: Format, Nominal Minimal, Tarif”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *