7 Cara Melihat Mutasi Rekening BRI Lengkap, Online dan Offline

Gambar 2 - Cara cek mutasi rekening BRI lewat HP pakai mobile banking

Tak hanya lewat ATM, cara melihat mutasi rekening BRI itu beragam. Dari metode online hingga offline. Masing-masing metode juga punya kelebihannya sendiri-sendiri. Mereka saling melengkapi.

Maka dari itu, nasabah bisa memilih mana metode yang paling tepat sesuai dengan situasi dan kondisinya pada saat sedang membutuhkan catatan data transaksi.

Kami akan membahas metode-metodenya dalam artikel ini. Selamat menyimak.

Cara melihat mutasi rekening BRI via buku tabungan

Untuk mengetahui mutasi, opsi pertama yang bisa dilakukan adalah melalui petugas di bank. Maksudnya, Anda dapat membaca catatan transaksi dengan mencetak buku tabungan di cabang terdekat.

Cara melihat mutasi rekening BRI via buku tabungan - Persyaratan dokumen

Siapkan dulu persyaratannya, seperti:

  1. KTP atau kartu identitas diri lainnya (SIM, Paspor, KITAS, dll) sesuai dengan identitas yang dipakai untuk buka rekening pertama kali. Pastikan nama di KTP sama dengan nama di buku rekeningnya.
  2. Buku tabungan/rekening.
  3. Kartu ATM (bila perlu).

Untuk cetak buku, Anda bisa sekalian menyetor uang atau memang sengaja datang khusus untuk cetak saja. Kalau mau langsung print, silakan ambil antrean langsung ke teller. Tapi jika mau sekalian setor. Isi dulu slip penyetoran.

Perlu diketahui bahwa data transaksi terakhir akan tercatat dengan jelas bila Anda mencetak buku tabungan secara rutin. Bila sudah lama tidak cetak, maka transaksinya akan diakumulasikan.

Misalnya, transaksi 6 bulan terakhir akan diakumulasikan (dijumlahkan) di kolom debit dan kreditnya. Kalau mau yang lebih jelas, Anda perlu cetak rekening koran BRI.

Cara cek mutasi di ATM BRI

Setiap kali membuka rekening, Anda akan mendapatkan buku dan kartu debit sesuai dengan jenis tabungannya. Nah, kartu debit ini bisa dimanfaatkan untuk cek mutasi rekening lewat mesin ATM.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Datanglah ke gerai ATM terdekat.
  2. Masukkan kartu ke mesin dalam posisi yang seharusnya.
  3. Input PIN ATM.
  4. Pilih menu Transaksi Lainnya.
  5. Klik menu Info rekening.
  6. Pilih Mutasi Rekening.

Catatan historinya akan tercetak di struk yang keluar dari mesin. Silakan tunggu. Biasanya, struk ini menampilkan maksimal 5 transaksi terakhir yang berisi debit dan kredit.

Cara cek mutasi BRI lewat SMS

SMS banking BRI merupakan layanan yang bisa mempermudah seluruh transaksi nasabah. Hanya dengan berkirim pesan Anda akan memperoleh informasi yang dibutuhkan, salah satunya mutasi rekening.

Namun perlu diingat bahwa untuk memanfaatkan layanan ini Anda perlu mendaftarkan diri dulu melalui ATM dan kantor cabang terdekat.

Setelah nomor HP Anda terdaftar dan tersinkron dengan rekening, maka barulah Anda bisa menggunakannya untuk bertransaksi. Kalau mau cek histori transaksinya atau mutasi, silakan pakai format SMS di bawah ini:

MUTASI (spasi) PIN SMS banking yang dibuat pada saat pendaftaran.

Misalnya, MUTASI 12071xx

Setelah itu, kirim SMS ke nomor 3300.

Pengiriman SMS ini berbayar dan berbeda untuk masing-masing provider. Biasanya, tarifnya sekitar Rp 660,- per SMS. Pembayaran ini sudah termasuk Ppn 10%.

Setelah mengirim pesan, silakan tunggu sebentar sampai informasi yang Anda butuhkan masuk lewat pesan teks juga.

Cara melihat mutasi rekening BRI ini tergolong mudah karena Anda tidak perlu ke ATM dan tidak butuh kuota. Jadi, hemat waktu, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa perlu sinyal yang kuat.

Cara cek mutasi rekening BRI lewat HP pakai mobile banking

Mobile banking merupakan layanan yang memudahkan para nasabah. Sama dengan SMS banking, Anda pun perlu mendaftar dulu untuk memanfaatkan mobile banking.

Cara cek mutasi rekening BRI lewat HP pakai mobile banking

Selain registrasi dan aktivasi, nasabah juga perlu mengunduh aplikasi BRI mobile terlebih dulu. Jika sudah aktif, maka pengecekan histori transaksi BRI dapat dilakukan dengan langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BRI mobile.
  2. Pilih mobile banking BRI.
  3. Klik menu Info.
  4. Pilih Info Mutasi.
  5. Masukkan PIN.
  6. Klik Send.

Selanjutnya, tunggu beberapa saat. Informasi mutasinya akan masuk melalui SMS ke HP Anda. Perlu diketahui bahwa layanan ini memerlukan pulsa setiap kali bertransaksi. Jadi, nomor HP yang didaftarkan harus selalu terisi pulsa.

3 Trik cek mutasi rekening BRI via internet banking

Pengecekan mutasi via internet banking secara umum terdiri dari dua cara, yakni lewat HP dan PC.

Trik cek mutasi rekening BRI via internet banking

Mengecek mutasi rekening BRI lewat aplikasi internet banking di HP

Pengecekan pertama bisa dilakukan via HP, yakni lewat aplikasi BRI mobile. Caranya sangat mudah, silakan ikuti langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BRI mobile.
  2. Pilih Internet Banking BRI.
  3. Masukkan User ID dan Password kemudian klik Login.
  4. Pilih menu Info Rekening.
  5. Layar akan menampilkan jumlah saldo.
  6. Silakan klik pada kotak saldo tersebut.
  7. Akan muncul 5 transaksi terakhir.

Susunan informasinya adalah tanggal, debit atau kredit, dan jumlah transaksinya. Informasi yang muncul ini masih sederhana. Kalau ingin yang lebih lengkap dan detail silakan akses internet banking melalui browser.

Mengecek data transaksi BRI via internet banking di browser HP

Untuk melakukan pengecekan via browser, silakan lakukan langkah di bawah ini:

  1. Buka browser HP. Misalnya Mozzilla Firefox.
  2. Kunjungi situs internet banking BRI.
  3. Masukkan user ID dan password.
  4. Input nomor validasi yang muncul di layar pada kolom yang tersedia. Pastikan nomornya benar.
  5. Klik Login.
  6. Klik garis tiga yang ada di pojok kiri atas.
  7. Pada kolom rekening, pilihlah rekening yang mau dilihat.
  8. Atur periode mutasi yang ingin ditampilkan. Bila sudah, silakan klik Tampilkan.

Data yang Anda inginkan pun akan tampil di layar smartphone. Saat memakai browser di HP, jangan lupa atur tampilannya seperti tampilan desktop.

Melakukan pengecekan melalui browser yang ada di laptop / PC

Jika Anda memang dari awal mau melakukan pengecekan lewat internet banking, maka pengecekan melalui PC adalah yang paling mudah dan direkomendasikan.

Sebab jika menggunakan cara ini, Anda bisa melihat tampilan data secara menyeluruh dan detail. Periode transaksinya juga jauh lebih panjang.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka browser.
  2. Masuk ke situs BRI internet banking.
  3. Masukkan user ID dan password ibank Anda.
  4. Masukkan nomor validasi yang muncul dengan benar.
  5. Pilihlah rekeningnya.
  6. Pilih menu Mutasi Rekening yang ada pada Informasi dan Mutasi.
  7. Atur periode yang ingin dilihat.
  8. Klik Tampilkan.

Data yang Anda kehendaki akan muncul di layar dengan jelas.

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pengecekan melalui internet banking seperti cara di atas, para nasabah harus mendaftar terlebih dulu via ATM dan ke kantor cabang terdekat.

Pengecekan mutasi via mutaeasy

Terakhir, Anda bisa melakukan pengecekan melalui Mutaeasy.com. Berbeda dengan cara di atas yang mengharuskan Anda untuk mendaftar dan mengaktivasi ke kantor cabang BRI, trik kedelapan ini mudah karena tanpa registrasi yang ribet Anda sudah bisa melakukan cara melihat mutasi rekening BRI.

Caranya adalah cukup dengan melihat transaksinya melalui situs berbasis informasi rekening. Situs ini tidak hanya dapat dipakai untuk BRI, melainkan juga bisa dipakai untuk cek rekening lain seperti BCA, BNI, mandiri, dll.

Jadi, dalam satu tempat Anda dapat melakukan cara melihat mutasi rekening BRI dan bank lainnya. Cepat, lengkap, dan pasti amannya.

One Reply on “7 Cara Melihat Mutasi Rekening BRI Lengkap, Online dan Offline”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *