Saldo Minimal Mandiri Lengkap Sesuai Jenis Tabungannya

Gambar 2 - Ketentuan saldo minimal mandiri sesuai jenis tabungannya - Tabunganku

Jangan sampai terkena denda karena jumlah tabungan Anda di bawah saldo minimal mandiri. Ketahui nominalnya sesuai jenis tabungan yang diambil.

Sebagaimana diketahui, setiap perbankan memiliki ketentuan saldo minimum berbeda. Masing-masing bank juga masih memecah ketentuan jumlah saldo minimal ini sesuai jenis tabungan yang diambil nasabah.

Sebagai nasabah, Anda harus mengetahui nominal minimalnya. Sebab jika tidak, saldo tersebut justru akan semakin berkurang karena terpotong untuk membayar denda. Jika terus dibiarkan, maka rekening bisa dorman dan tidak aktif lagi.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang saldo minimal bank mandiri. Selamat menyimaknya sampai selesai jika Anda adalah nasabah bank mandiri.

8 Ketentuan saldo minimal mandiri sesuai jenis tabungannya

Berikut ini adalah beberapa jenis tabungan berikut saldo minimalnya yang harus Anda tahu. Silakan sesuaikan dengan buku rekening Anda.

 Ketentuan saldo minimal mandiri sesuai jenis tabungannya

Tabungan rupiah (reguler)

Rekening pertama ini adalah produk simpanan yang paling banyak diminati oleh nasabah. Dengan tipe tabungan rupiah ini, Anda bisa menyimpan uang sekaligus bertransaksi secara leluasa.

Setoran awalnya adalah Rp 500.000,- dengan saldo minimalnya Rp 100.000,-. Jadi, jika dalam rekening Anda hanya ada Rp 150.000,-, maka uang yang dapat ditarik adalah Rp 50.000,-.

Apabila jumlah saldonya di bawah ketentuan, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- per bulan. Jika saldo di bawah Rp 50.000,- selama 3 bulan berturut-turut, maka akan ada penalti karena rekeningnya yang pasif sebesar Rp 5.000,- per bulan.

Tabungan valas

Jika Anda membuka rekening valas di bank ini, maka jumlah ketentuan saldo minimalnya tergantung pada mata uang yang dipilih. Berikut ini ketentuan minimal saldonya:

  1. USD – 100.
  2. SGD – 200.
  3. JPY – 10.000.
  4. EUR – 100.
  5. CHF – 100.
  6. GBP – 100.
  7. AUD – 100.
  8. HKD – 500.

Bila saldonya kurang dari ketentuan di atas, maka akan dikenakan biaya administrasi atau denda senilai:

  1. USD – 5.
  2. SGD – 10.
  3. JPY – 500.
  4. EUR – 5.
  5. CHF – 5.
  6. GBP – 5.
  7. AUD – 5.
  8. HKD – 10.

Jika rekeningnya pasif, maka juga akan berlaku denda sebagai berikut:

  1. USD – 1.
  2. SGD – 1.
  3. JPY – 100.
  4. EUR – 1.
  5. CHF – 1.
  6. GBP – 1.
  7. AUD – 1.
  8. HKD – 5.

Dendanya memang lumayan besar, jadi memang harus dikelola dengan baik supaya tak ada kebocoran dana.

Tabungan rencana

Jenis simpanan ini khusus buat Anda yang ingin menabung uang dalam jangka panjang. Proses penyimpanan uang dengan jenis rekening ini sangat cocok buat Anda yang mau mengumpulkan uang untuk membeli rumah, menabung buat DP rumah, atau yang lainnya.

Produk ini sangat cocok buat pemula yang ingin mulai berlatih menyimpan uang sebab nominal setoran bulanannya sangat fleksibel dan tidak terlalu besar. Setoran minimum bulanannya mulai dari Rp 100.000,-.

Saldo minimal mandiri tabungan rencana memang tidak ditentukan atau tidak ada sebab tabungannya memang tidak bisa diambil sewaktu-waktu.

Jangka waktu yang dapat diambil nasabah mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun. Selama periode, nasabah akan mendapatkan informasi rekening koran triwulan secara rutin.

Anda juga bisa request cetak rekening koran mandiri di luar R/K tersebut. Namun, ada biayanya sekitar Rp 2.500 per lembar.

Untuk diketahui, meski tak ada saldo minimal, ada ketentuan lain yang harus Anda tahu. Di mana ada biaya penutupan rekening yang dibebankan jika dilakukan sebelum jatuh tempo, yakni sebesar Rp 150.000,- untuk penalti dan Rp 5.000,- untuk administrasi.

Tabunganku

Produk ini ada di setiap perbankan di Indonesia dengan setoran awal minimal sama, yakni Rp 20.000,-. Setoran berikutnya juga sangat ringan, mulai dari Rp 10.000,-.

Ketentuan saldo minimal mandiri sesuai jenis tabungannya - Tabunganku

Bila Anda membuka rekening ini, maka ketahui bahwa minimum saldonya adalah Rp 20.000,-. Dengan ketentuan ini, diharapkan nasabah bisa mengembangkan dananya dan menabung dengan nyaman.

Apabila saldonya kurang dari ketentuan minimalnya, maka ada biaya atas rekening pasif sebesar Rp 20.000,- dengan biaya administrasi rekening pasifnya Rp 2.000,-. Nah, untuk menutup rekening, Anda juga perlu membayar Rp 20.000,-.

Mandiri Tabungan TKI

Ini adalah sejenis rekening yang khusus untuk TKI. Setoran awalnya sangat kecil dengan saldo minimal yang kecil juga, hanya Rp 10.000,-.

Dengan rekening ini, para pekerja yang ada di luar negeri bisa mendapatkan gaji dalam bentuk rupiah dan dapat dipakai baik di dalam maupun luar negeri.

Tabungan investor

Ini adalah rekening yang khusus ditawarkan kepada calon nasabah yang senang dengan dunia pasar modal. Dengan tabungan ini, Anda bisa mulai belajar berinvestasi dengan membeli saham.

Baiknya, tak ada minimum setoran awal pada tipe tabungan ini. Minimum saldonya juga tidak ditentukan atau tidak ada sama sekali. Jadi, sangat fleksibel.

Tabungan haji

Sesuai dengan namanya, rekening ini khusus ditawarkan kepada nasabah mandiri yang ingin mengumpulkan uang guna berangkat ke tanah suci.

Sistemnya hanya mengumpulkan uang. Jadi tidak ada keleluasaan untuk bertransaksi. Fokusnya hanya untuk menyimpan uang sampai mendapatkan nomor untuk pemberangkatan haji.

Tabungan ini memiliki setoran awal Rp 100.000,- saja tanpa adanya saldo minimal mandiri karena memang kegunaan rekeningnya adalah dijadikan sebagai tempat tampungan dana haji.

Rekening tabungan bisnis

Jika jenis tabungan mandiri Anda adalah khusus buat bisnis, maka setoran awalnya adalah Rp 1.000.000,-. Setiap akhir bulan, saldo minimal yang ada di rekening Anda harusnya adalah Rp 10.000.000,-.

Jenis tabungan ini memiliki nominal dana yang cukup besar sebab fokusnya untuk bisnis. Sangat cocok buat para pebisnis yang memiliki arus kas padat, baik debit maupun kredit.

Keuntungan mengetahui saldo minimal mandiri

cocok buat para pebisnis yang memiliki arus kas padat, baik debit maupun kredit.

Dengan informasi di atas, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Di antaranya adalah hal-hal di bawah ini:

Tidak was-was saat mau transfer, mengambil uang, atau transaksi finansial lain

Hal pertama yang langsung didapatkan secara otomatis adalah rasa tenang saat mau transfer atau mengirimkan dana ke orang lain. Tidak ada rasa khawatir “saldo tak cukup” karena sudah tahu nominal minimumnya.

Hal ini juga berlaku untuk transaksi keuangan lainnya seperti pembayaran marketplace hingga tagihan-tagihan tertentu.

Terlebih sekarang ada banyak transaksi finansial yang mengharuskan aktivasi autodebet. Artinya, saldo Anda harus selalu di atas jumlah minimal jika memang ada fitur pembayaran autodebet yang aktif. Misalnya autodebet angsuran atau pembayaran BPJS.

Antisipasi denda di bawah saldo minimal

Dengan mengetahui jumlah minimalnya Anda juga bisa mengelola keuangan dengan lebih baik, yakni dengan menjaga supaya saldonya tidak sampai di bawah minimal. Karena jika sampai di bawah minimal, maka rekening bisa jadi akan pasif atau dorman.

Imbasnya, Anda mungkin akan ribet mengurus pembukaan rekening baru dari awal apabila hal semacam ini terjadi.

Tips: sering cek mutasi rekening secara berkala

Agar jumlah tabungan tak sampai kehabisan dana, maka seringlah cek mutasi rekening secara berkala melalui mutaeasy.com. Dengan situs ini, Anda akan memperoleh informasi yang lengkap, detail, dan menyeluruh mengenai rekening mandiri.

Dengan tahu mutasi dan saldonya, Anda dapat membuat laporan dan perencanaan keuangan dengan lebih baik.

Demikian informasi tentang saldo minimal mandiri dan denda yang dibebankan apabila saldonya di bawah ketentuan. Semoga bermanfaat.

One Reply on “Saldo Minimal Mandiri Lengkap Sesuai Jenis Tabungannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *