Select Page

Pegadaian merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa gadai dan dinaungi oleh badan OJK (otoritas jasa keuangan). Pegadaian bertujuan sebagai solusi bisnis di bidang gadai yang dapat menjadi alternatif khususnya untuk masyarakat kalangan menengah kebawah. 

Pegadaian memberikan masyarakat pembiayaan yang secepat mungkin, aman, mudah serta memberikan pembinaan usaha menengah guna mendorong kemajuan ekonomi masyarakat.

Pegadaian juga memastikan adanya pemerataan infrastruktur dan pelayanan di seluruh cabang pegadaian yang tersebar di Indonesia guna mendukung pelayanan yang terbaik bagi masyarakat serta membantu mengabdi pada pemerintah dan negara dalam proses peningkatan kesejahteraan khususnya bagi masyarakat menengah kebawah. Lalu bagaimanakan jam operasional pegadaian ini?

Jenis Usaha Pegadaian

Pegadaian sendiri memiliki beberapa usaha yang dapat dicoba diantaranya yaitu usaha dibidang pembiayaan, usaha dibidang emas, dan usaha di berbagai aneka jasa.

1.       Untuk usaha dalam bidang pembiayaan sendiri juga terdiri dari beberapa usaha seperti:

a.        KCA atau gadai konvensional berupa barang perhiasan dari emas dan permata, kendaraan bermotor, alat elektronik, dan barang gudang.

b.      RAHN yaitu perjanjian utang piutang dengan menjaminkan barang yang nantinya akan ditahan, di pegadaian sendiri syarat mengajukan RAHN cukup mudah dengan membawa KTP dan barang bergerak seperti emas, laptop, hp dan kendaraan. 

c.       Krasida yaitu kredit bulanan dengan jaminan emas.

d.      Kreasi atau gadai BPKB yaitu pinjaman berjangka dengan memberikan jaminan fidusia atau jaminan gadai yang ditujukan untuk pengusaha baik mikro dan kecil yang membutuhkan kucuran dana pengembangan usaha.

e.      Amanah yaitu pemberian pinjaman dengan prinsip syariah kepada karyawan atau pengusaha untuk digunakan dalam pembelian kendaraan.

f.        Arrum yaitu kredit angsuran berupa fidusia yang ditujukan untuk usaha mikro dengan berdasar pada prinsip syariah.

2.       Untuk usaha dibidang emas sendiri terdiri dari :

a.       Mulia : layanan jual emas batangan baik secara tunai maupun cicilan dengan jangka waktu yang lebih fleksibel   

b.      Tabungan emas : pemberian layanan jual beli emas dengan metode membeli emas logam mulia 24 karat dengan metode selayaknya nasabah sedang menabung

c.       Konsinyasi emas yaitu titip jual dimana pegadaian  sebagai tempat penitipan emas akan menjual kembali emasnya lalu order ulang emas pengganti yang sama kadar dan beratnya

3.       Untuk usaha aneka jasa pegadaian terdiri dari usaha :

a.       Pegadaian remittance             : layanan berupa transfer dan menerima uang baik dari dalam negeri maupun luar negeri dengan dikenai biaya yang bekerjasama dengan remittance internasional.

b.      Multi Payment Online (MPO)              : layanan tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, dan telepon, pulsa, beli tiket kereta, pembayaran asuransi, dll.

c.       Pegadaian mobile                                            : layanan pembayaran seperti PDAM, TY Berlangganan, Tagihan kartu pascabayar, telkom grup dan pulsa all operator.

d.      Sewa gedung               : persewaan gedung yang biasa disebut langen palikrama yang saat ini tersedia di kota jakarta, solo, dan sidoarjo

e.      Sertifikasi batu mulia                : sertifikasi batu yang diuji berupa gemstone brief report, mounted gemstone brief report, gemstone ID report, Gemstone ID report with origin dan ada juga layanan diamond grading.

f.        Taksiran   : yaitu jaka penaksiran emas dan berlian

g.       Titipan              : penyediaan fasilitas penitipan berupa barang-barang berharga milik klien atau nasabah

Jam operasional pegadaian?

Melihat berbagai penawaran yang disediakan oleh pegadaian rasanya memang benar bahwa pegadaian merupakan salah satu instansi yang dapat memberikan solusi aman dan mudah dalam masalah financial dan emas.

Jika anda ingin ke kantor pegadaian untuk mencari informasi atau meminta pelayanan maka anda perlu mengetahui jam operasional pegadaian sendiri hari apa. Pada umumnya kantor pegadaian buka dari hari Senin hingga hari sabtu dengan jam operasional untuk hari kerja (senin-jumat) pukul 07.30 hingga pukul 15.00 dan pada hari sabtu pukul 07.30 hingga pukul satu.

Sebenarnya layanan pegadaian juga dapat ditemukan pada beberapa mall yang buka setiap hari senin hingga minggu namun jam operasionalnya menyesuaikan dengan ketentuan dari mall itu sendiri. Jangan mencoba untuk datang ke pegadaian di hari Minggu karena hari minggu tidak ada pelayanan atau tutup

Karena sedang memasuki bulan ramadhan terdapat beberapa perubahan jam operasional cabang pegadaian di seluruh indonesia yaitu hari senin sampai kamis buka pukul 08.00 hingga 14.30 dengan jam istirahat pukul 12.00-12.30, lalu di hari jumat buka pukul 08.00 hingga 14.30 dengan jam istirahat pukul 12.00 hingga 12.30 dan di hari sabtu pukul 08.00 hingga 12.30

Contact Person Pegadaian

Jika anda tertarik dengan pelayanan pegadaian dan ingin mencobanya atau sekedar mencari tahu informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi kantor pusat pegadaian di alamat Jl. Kramat raya 162 jakarta pusat 10430 atau mengunjungi cabang pegadaian terdekat di kota anda.

Anda juga dapat menghubungi layanan pelanggan di nomor telepon 021 8581 162 atau 02180635162 dan melalui email customer.care@pegadaian.co.id. Ketika anda menghubunginya pastikan anda menghubungi di jam operasional pegadaian yang masih aktif yakni di jam kerja agar lebih cepat pelayanannya. Untuk melakukan pengaduan merahasiakan identitas anda makan anda dapat email ke alamat berikut ini whistle.blower@pegadaian.co.id,.