Select Page

Apakah anda mulai tertarik dengan investasi saham? Saat ini bermain saham bukan hanya sekedar hobi yang menguntungkan saja akan tetapi sudah banyak orang yang melakukannya sebagai pekerjaan sampingan bahkan pekerjaan utama untuk mendapatkan penghasilan.

Ketika memasuki dunia investasi saham terdapat pilihan untuk menjadi investor atau trader. Akan tetapi apapun tujuan anda dalam berinvestasi saham pastikan anda sudah mengetahui beberapa hal dasar dalam saham termasuk jam buka pasar saham.

Sekilas tentang jam buka pasar saham di Indonesia

Berbicara tentang jam pasar saham Indonesia pastinya anda bertanya – tanya apa sih sebenarnya? Saat ini meskipun berinvestasi saham semakin diminati oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang dan usia yang berbeda akan tetapi tidak semua orang mengetahui hal – hal penting tentang saham termasuk dari jam buka pada pasar saham itu sendiri. Padahal jam terbukanya pasar saham merupakan hal paling mendasar dalam perdagangan saham.

Jam dari buka pasar saham merupakan waktu yang diberikan oleh lembaga yang membuka sarana trading atau jual beli saham untuk investor dan trader dalam memasukkan penawaran jual atau permintaan beli saham.

Di sinilah anda juga harus tahu bahwa ketika anda memulai dalam bidang investasi saham maka anda harus mengetahui kapan saja jam bursa tersebut dibuka.

Transaksi yang dilakukan di luar pembukaan jam saham tersebut maka dianggap tidak sah. Ini berarti apabila anda membeli atau menjual saham sebelum jam pasar mulai atau setelah jam pasar berakhir maka transaksi tersebut tidaklah berhasil.

Beberapa jenis pasar saham Indonesia

Ketika anda ingin memulai untuk investasi saham ada banyak hal yang harus anda ketahui dan anda pelajari dengan baik agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan dan tujuan investasi anda salh satunya adalah dengan pasar saham.

Pasar saham merupakan tempat untuk melakukan transaksi jual beli saham melalui bursa efek Indonesia. Bursa saham Indonesia merupakan pengelolanya sementara penjual adalah perusahaan sekuritas dan pembelinya adalah para investor.

Indonesia mempunyai banyak ketentuan dan peraturan yang harus di patuhi oleh emiten dan investor sehingga anda tidak bisa sembarangan dan sesuka hati melakukan transaksi jual beli saham apabila sudah berada di pasar saham. Pasar saham yang masuk pasar modal Indonesia juga menjual obligasi atau surat utang, reksadana, EFT dan masih banyak lagi.

Terdapat tiga jenis pasar saham setiap jenisnya yang harus anda ketahui selain penjualan dan pembeli saham anda juga akan menemukan pihak lainnya di pasar saham termasuk lembaga dan profesi yang berhubungan dengan saham. Beberapa profesi tersebut diantaranya adalah perusahaan sekuritas, broken saham, pialang saham dan sebagainya. Berikut ketiga jenis pasar saham yang dapat anda kenali dengan baik.

Pasar regular

Pasar reguler merupakan tempat dilaksanakannya perdagangan saham di bursa yang dilakukan berdasarkan proses tawar menawar secara lelang dan berkesinambungan oleh anggota bursa efek melalui Jakarta Automated Trading System. Penyelesaian dari transaksi ini pada umumnya dilakukan di hari bursa ketiga setelah transaksi bursa. Di pasar saham jenis ini saham diperjualbelikan dalam satuan lot dimana 1 lot adalah 100 lembar saham.

Pasar tunai

Pasar tunai lebih pada saham diperdagangkan di bursa berdasarkan proses tawar menawar secara lelang dan berkesinambungan oleh anggota BEI melalui Jakarta Automated Trading system. Akan tetapi penyelesaian transaksinya lebih cepat apabila dibandingkan dengan pasar reguler yakni di hari terjadinya transaksi. Adapun satuan yang digunakan dalam perdagangan saham di pasar ini adalah lot dimana 1 lot berisi 100 lembar saham.

Pasar negosiasi

Pasar negosiasi merupakan jenis pasar saham yang digunakan untuk perdagangan saham yang dilakukan secara pribadi. Penjual dan pembeli langsung melakukan negosiasi di pasar saham ini dengan kata lain perdagangan tidak dilakukan melalui bursa. Bursa saham ini hanya akan memantau jalannya transaksi dan kemudian menyepakati hasilnya. Pembelian saham dalam jumlah besar umumnya dilakukan di pasar negosiasi ini.

Pertanyaan umum seputar Jam pasar saham di Indonesia

Ketika anda berinvestasi saham di Indonesia akan lebih baik apabila berfokus pada jam buka pasar saham di negara dimana anda melakukan trading atau perdagangan saham.

Apabila anda mengumpulkan berbagai informasi seputar jam pasarnya ada beberapa pertanyaan umum yang akan membantu anda dalam menggali informasi lebih dalam lagi sehingga anda akan semakin tahu perihal saham dana bagaimana mendapatkan return dari investasi tersebut.

Berapa lama proses penjualan saham?

Ketika anda menjual saham milik anda maka uang anda akan masuk ke rekening efek miliknya dalam waktu tiga hari. Setelah itu uang tersebut baru bisa ditarik ke rekening bank. Akan tetapi biasanya BEI akan mempercepat proses transaksi menjadi dua hari. Dengan begitu para investor yang menjual sahamnya akan mendapatkan uang mereka dengan lebih cepat dan dapat menggunakannya kembali untuk membeli saham lainnya yang dinilai menguntungkan.

Kapan waktu yang tepat dalam membeli saham?

Membeli saham tentunya menjadi tantangan tersendiri terutama bagi para investor pemula. Pembelian saham ini dapat dilakukan di setiap kuartal saat IHSG mulai rebound saat akan mendapatkan sentiment negative, perusahaan dalam kondisi baik dan mempunyai prospek cerah.

Banyak investor terampil melakukannya di awal penjualan saham sekitar 9.30-10.30. jam buka pasar saham tersebut dinilai sebagai jam pasar saham terbaik dalam perdagangan harian. Anda juga bisa memperpanjang hingga 11.30 terlebih apabila ingin menambah poin dalam satu jam perdagangan lagi.

Sebagai pemula akan lebih baik menghindari perdagangan di jam buka pasar saham yang bergejolak setidaknya pilihlah jam – jam pertama di awal hari ini berarti bahwa waktu tepat untuk membeli saham tergantung pada kekuatan anda dalam menganalisis saham.