Select Page

BNI atau singkatan dari Bank Negara Indonesia merupakan badan usaha milik atau biasa disingkat dengan BUMN. Bank yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat serta memiliki banyak nasabah di seluruh indonesia.

Sebenarnya banyak nasabah bank BNI tidak terlepas dari kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak bank terhadap para nasabah tersebut. Salah satu bentuk kepuasan para nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh bank BRI hijab operasionalnya yang tersusun rapi.

Profil Singkat Bank BNI

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Bank BNI merupakan salah satu perusahaan Persero yang memiliki sejarah cukup panjang dari awal berdiri hingga terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pada awal berdirinya, Bank BNI merupakan Bank Sentral, namun seiring berjalannya waktu bank ini mengalami bermacam-macam perubahan status sehingga menjadi di salah satu perusahaan publik.

Catatan sejarah juga mengatakan bahwasanya Bank BNI merupakan perusahaan/bank pertama yang dimiliki oleh BUMN. Setidaknya ada 60% saham Bank BNI ini yang dimiliki oleh pemerintah Republik Indonesia, sedangkan sisanya yang 40% baru dimiliki oleh masyarakat luas. 

Jam Operasional Bank BNI

Informasi Jam Operasional Bank BNI

Sama halnya dengan perusahaan lainnya, Bank BNI juga memiliki jam operasionalnya sendiri. Pada dasarnya Bank BNI memiliki jam operasional yang tetap, akan tetapi terdapat perbedaan jam operasional pada hari-hari tertentu contohnya pada hari Jumat.

Lebih jelasnya berikut jam operasional bank BNI untuk beberapa kantor cabang :

1. Kantor Cabang Bank BNI Daerah Istimewa Yogyakarta

Untuk Bank BNI cabang Daerah Istimewa Yogyakarta, pada umumnya seluruh kantor cabang yang ada di daerah tersebut memiliki jam operasional yang sama. Seluruh kantor cabang Bank BNI tersebut akan mulai beroperasi pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

2. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi Bali

Untuk Bank BNI cabang Provinsi Bali, setidaknya ada sekitar 55 kantor cabang di daerah tersebut. Seluruh kantor cabang tersebut pada dasarnya memiliki jam operasional yang sama yaitu mulai buka pukul 08.00 dan tutup pukul jam 15.00 WST.

3. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi Bangka Belitung

Untuk provinsi Bangka Belitung sendiri, Bank BNI pada daerah tersebut tidak memiliki banyak kantor cabang. Setidaknya hingga saat sekarang ini baru terdapat sekitar delapan kantor cabang pada provinsi Bangka Belitung. Untuk ke delapan kantor cabang BNI di provinsi Bangka Belitung tersebut memiliki jam operasional yang sama yaitu mulai buka pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WST.

4. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi Banten

Pada Provinsi Banten ini, Bank BNI memiliki cukup banyak kantor cabang yang tersebar di setiap kota. Setidaknya terdapat sekitar 70 kantor cabang Bank BNI yang tersebar di seluruh kota pada Provinsi Banten ini. Untuk jam operasionalnya sendiri, seluruh kantor cabang Bank BNI pada Provinsi Banten buka pada jam yang sama yaitu mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WST.

5. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi Bengkulu

Untuk Provinsi Bengkulu, Bank BNI memiliki sekitar sebelas kantor cabang pada daerah ini. Kesebelas kantor cabang tersebut memiliki jam operasional yang sama yaitu mulai buka pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WST.

6. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi DKI Jakarta

Provinsi yang satu ini merupakan salah satu daerah yang memiliki kantor cabang Bank BNI paling banyak. Pada Provinsi DKI Jakarta setidaknya sudah tercatat sekitar 359 kantor cabang Bank BNI di seluruh kota yang ada hingga saat sekarang ini. Walaupun demikian ke seluruh kantor cabang Bank BNI yang ada di provinsi DKI Jakarta ini memiliki jam operasional yang sama yaitu mulai buka pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WST.

7. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi Papua

Pada Provinsi Papua terdapat sekitar 28 kantor cabang yang tersebar di seluruh kota dan kabupatennya. Ke seluruh kantor cabang ini memiliki jam operasional yang sama yaitu mulai buka pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WST.

8. Kantor Cabang Bank BNI Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu daerah yang memiliki cukup banyak kantor cabang Bank BNI. Setidaknya hingga saat sekarang ini tercatat sudah ada sekitar 172 kantor cabang pada provinsi Jawa Tengah, walaupun tidak sebanyak kantor cabang yang ada di provinsi DKI Jakarta. Ke seluruh kantor cabang yang ada di provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 172 tersebut, memiliki jam operasional yang sama yaitu buka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 15.00 WST. 

Jam Istirahat Bank BNI di Indonesia

Jam operasional bank BNI yang dijelaskan di atas pada dasarnya belum masuk jam istirahat. Umumnya seluruh kantor atau perusahaan memiliki jam istirahat di pertengahan hari sebagai waktu makan atau untuk melakukan hal lain.

Untuk bank BNI sendiri memiliki jam istirahat yang dimulai pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB. Ini merupakan waktu yang cukup singkat, akan tetapi pada jam-jam tersebut apabila ada nasabah yang datang tetap tidak akan dilayani sampai jam istirahat tersebut selesai. 

Hari Operasional Bank BNI di Indonesia

Pada dasarnya Bank BNI Itu hanya buka sebanyak 5 hari dalam satu minggu yaitu pada hari Senin hingga hari Jumat. Akan tetapi terdapat juga beberapa Kantor Bank BNI yang ada di kota-kota besar yang tetap buka walaupun weekend atau hari Sabtu dan Minggu. 

Alasannya karena jam kerja masyarakat perkotaan biasanya lebih tinggi sehingga membutuhkan lebih banyak transaksi. Namun hal ini tidak berlaku untuk seluruh kota yang ada di Indonesia, hanya beberapa kota tertentu saja yang memberlakukan jam operasional seperti ini.

Sedangkan untuk tanggal merah, hari libur keagamaan, dan hari libur nasional bank BNI tutup sama dengan kantor-kantor lainnya. Sedangkan untuk bulan Ramadhan, Bank BNI akan tutup pada mulai H-1 hingga Idul Fitri selesai. 

Rangkuman Jam Operasional Bank BNI di Seluruh Indonesia

  1. Berdasarkan data yang dijabarkan di atas, dapat diambil kesimpulan jam operasional Bank BNI yaitu sebagai berikut :
  2. Untuk seluruh kantor cabang yang ada pada umumnya buka mulai pukul 08.00 dan tutup pada pukul jam 15.00.
  3. Seluruh kantor Bank BNI memiliki jam istirahat selama 1 jam yang dimulai pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB. 
  4. Seluruh kantor Bank BNI buka setiap hari Senin hingga Jumat, akan tetapi terdapat beberapa kantor yang buka hingga hari Minggu terkhusus untuk daerah perkotaan tertentu.
  5. Pada tanggal merah dan hari libur nasional Bank BNI tutup.
  6. Untuk menyambut bulan Ramadhan, Bank BNI akan tutup H-1 dan pada saat Idul Fitri.

Itulah jam operasional Bank BNI untuk beberapa daerah yang ada di Indonesia. Pada dasarnya jam operasional bank BNI cenderung sama di seluruh kota maupun kabupaten di Indonesia. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mengetahui jam operasional Bank BNI, sehingga tidak mengalami kesalahan jam kunjungan.