Select Page

Trend dalam melakukan transaksi uang pada saat sekarang ini sudah mengalami perubahan. Jika di masa dahulu hanya berlaku secara offline, namun sekarang sudah bisa dilakukan secara online melalui transfer antar rekening.

Akan tetapi untuk dapat melakukan transfer antar bank, dibutuhkan nomor referensi. Jika tidak, transaksi transfer tidak akan dilakukan. Hal ini berlaku untuk semua jenis bank yang ada di Indonesia termasuk Bank BNI.

Mengenal Nomor Referensi BNI

Sumber Gambar : BNI Indonesia

Nomor referensi merupakan kumpulan dari beberapa angka unik yang membedakan antara satu bank dengan yang lainnya. Nomor ini digunakan sebagai nomor petunjuk atau kadang disebut juga sebagai nomor acuan.

Nomor ini akan diminta mesin ATM ketika ingin melakukan transfer antar bank sebelum memasukkan nominal dan nomor rekening yang akan dikirimkan uang. Umumnya nomor referensi bank ini hanya terdiri dari tiga angka saja dan setiap bank itu memiliki nomor yang berbeda.

Ketika melakukan pengiriman uang nomor referensi yang dimasukkan tersebut harus benar, jika tidak maka pengiriman uang akan terganggu bahkan bisa tidak terkirim ke nomor rekening yang diinginkan.

Untuk kasus Bank BNI, nomor referensinya terbagi atas dua jenis yaitu nomor referensi nasabah dan nomor referensi bank. Untuk lebih rincinya, berikut penjelasan mengenai kedua nomor referensi Bank BNI tersebut :

1. Nomor referensi Nasabah BNI

Nomor referensi nasabah BNI merupakan sebuah nomor yang dibuat sendiri oleh nasabah sebagai tanda bahwa dirinya telah melakukan sebuah transaksi. Nomor ini diperlukan pada kegiatan transaksi untuk membayar suatu produk yang memiliki kode unik saja.

Karena nomor referensi ini dibuat sendiri, membuatnya tidak ada ketentuan khusus sehingga anda bisa membuatnya sesuka hati. Berbeda dengan nomor referensi resmi Bank BNI yang terdapat ketentuan khusus dalam penentuannya agar tidak sama dengan bank lainnya. Sedangkan untuk mengetahui nomor referensi nasabah ini pengirim dapat memintanya langsung ke pengirim atau tujuan.

Perbedaan yang paling jelas antara nomor referensi nasabah dengan nomor referensi bank ialah Anda tidak harus memasukkannya ketika melakukan transaksi.

2. Nomor Referensi Bank BNI

Nomor referensi Bank BNI sendiri merupakan nomor unik yang dimiliki bank sebagai pembeda antara satu bank dengan bank lainnya. Apabila pada nomor referensi nasabah tidak wajib dimasukkan ketika melakukan transaksi, berbeda dengan nomor referensi bank yang harus dimasukkan agar transaksi dapat dilakukan.

Dalam pembuatan nomor referensi bank ini terdapat beberapa ketentuan sehingga berbeda antara satu sama lain. Umumnya nomor ini terdiri hanya dari tiga angka saja dan dimasukkan pada awal nomor sebelum nomor rekening tujuan.

Cara Mengetahui Nomor Referensi Bank BNI

Nomor Referensi Bank BNI
Sumber Gambar : pikiran-rakyat.com

Pada zaman yang maju ini sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi, termasuk nomor referensi suatu bank. Sebenarnya Anda bisa melihat nomor referensi Bank BNI hanya menggunakan smartphone dengan mencarinya di Google dengan kata kunci “nomor referensi Bank BNI”.

Sebagai seorang nasabah yang menggunakan layanan Bank BNI mungkin Anda akan bertanya “Apakah nomor referensi antara Bank BNI dan Bank BNI Syariah itu sama”? Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah tidak sama. Walaupun berada di bawah perusahaan yang sama, akan tetapi terdapat perbedaan nomor referensi antara kedua jenis Bank tersebut.

Alasan kenapa kedua bank tersebut memiliki nomor referensi ialah karena Bank BNI dan Bank BNI Syariah menjalankan sistem yang berbeda. Untuk Bank BNI sendiri memiliki nomor referensi 009, sedangkan Bank BNI Syariah memiliki nomor referensi 427.

Pada dasarnya nomor referensi ini tidak dijelaskan secara rinci pada website masing-masing bank termasuk Bank BNI. Sebab itu untuk mendapatkan informasi lebih rincinya berikut beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui nomor referensi Bank BNI tersebut :

1. Mencarinya Di Google Penelusuran

Cara pertama ini merupakan cara paling mudah untuk dilakukan dalam mencari tahu nomor referensi Bank BNI. Akan tetapi untuk dapat melakukan cara ini, Anda terlebih dahulu harus memiliki smartphone serta paket data untuk mengakses jaringan internet. Untuk langkah-langkahnya sendiri silakan ikuti cara-cara berikut :

  1. Pastikan terlebih dahulu smartphone yang akan Anda gunakan terkoneksi jaringan internet dengan baik.
  2. Bukalah aplikasi browser yang ada di smartphone tersebut. Anda bebas menggunakan aplikasi browser apa saja, mulai dari browser bawaan hingga browser buatan Google.
  3. Setelah itu silakan Anda ketikkan pada kolom pencarian “nomor referensi Bank BNI” dan lakukan penelusuran.
  4. Maka Anda akan melihat Google menampilkan berbagai artikel yang membahas tentang nomor referensi Bank BNI ini.
  5. Pilihlah salah satu artikel dan dan bacalah hingga Anda menemukan nomor referensi pada pembahasan tersebut.

Ini merupakan cara umum yang dilakukan oleh banyak orang, akan tetapi terdapat kelemahan di mana Anda tidak bisa melakukannya ketika tidak memiliki jaringan internet ataupun smartphone.

2. Melihat Nomor Referensi Pada Mesin ATM

Cara kedua dalam mengetahi nomor referensi Bank BNI ini sama mudahnya dengan cara yang pertama. Akan tetapi terdapat kemudahan pada cara kedua ini karena Anda tidak membutuhkan akses internet dan hanya memanfaatkan mesin ATM. Untuk mengetahui nomor referensi tersebut, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut :

  1. Kunjungilah mesin ATM bank terdekat yang ada di daerah Anda.
  2. Masukkanlah kartu ATM serta inputkan PIN dari ATM tersebut.
  3. Silakan Anda pilih transaksi lainnya dan lihatlah pada menu transaksi lainnya tersebut “kode bank”.
  4. Pada menu kode bank tersebut akan dipaparkan seluruh kode referensi bank yang ada di Indonesia. Carilah dari banyak bank yang ada tersebut Bank BNI dan Anda akan melihat kode referensinya.
  5. Ingatlah kode referensi tersebut dan kembali ke menu transfer.
  6. Masukkan terlebih dahulu kode referensi dan dilanjutkan dengan nomor rekening tujuan.
  7. Setelah itu masukkan jumlah nominal uang yang akan Anda kirim dan tunggulah proses hingga uang tersebut berhasil dikirim.

Cara kedua ini memang tidak membutuhkan koneksi internet dalam mengetahui nomor referensi Bank BNI. Akan tetapi terdapat kelemahan pada cara keduan ini dimana Anda harus mencari kode referensi bank tersebut secara manual.

3. Mencari Nomor Referensi Menggunakan Mobile Banking

Nomor Referensi BNI
Sumber Gambar : kompas.com

Cara ketiga ini bukalah cara umumnya yang dilakukan orang untuk mencari tahu nomor referensi Bank BNI. Akan tetapi cara ini cukup worthed digunakan dalam mengetahui nomor referensi Bank BNI. Untuk mengetahui nomor referensi tersebut, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut :

  1. Pertama-tama silahkan Anda buka terlebih dahulu aplikasi mobile banking yang ada di smartphone. Disini Anda bebas menggunakan aplikasi Mobile Banking apa saja, tidak harus menggunakan aplikasi Mobile Banking BNI.
  2. Jika sudah silahkan masukan nomor rekening dan pin dari mobile banking yang Anda gunakan.
  3. Langkah selanjutnya pada menu dasbor silakan Anda pilih transaksi.
  4. Selanjutnya silakan pilih transaksi antar bank.
  5. Pada menu transaksi antar bank, pilihlah bank tujuan Bank BNI. Disitu akan diperlihatkan secara otomatis kode referensi Bank BNI. Anda tidak bisa mengubah kode referensi tersebut dan cukup ingat saja.
  6. Jika sudah silahkan kunjungi ATM bank terdekat yang ada di di daerah Anda Dan lanjutkan proses transaksi seperti yang sudah dijelaskan pada cara kedua.

Untuk cara yang ketiga ini jika Anda ingin melanjutkan proses transaksi menggunakan mobile banking, Anda hanya perlu memasukkan nomor rekening tujuan saja. Setelah itu masukkan nominal uang yang akan dikirim dan proses transaksi akan dilakukan.