Select Page

Bayar BAF Via M Banking BCA sangat mudah dilakukan, apalagi jika sudah jatuh tempo namun Anda belum punya waktu untuk membayar langsung ke kantor BAF terdekat. Sebab bank BCA punya fitur khusus untuk pembayaran tersebut.

4 Syarat Utama Bayar BAF Via M Banking BCA

Bagi Anda yang saat ini punya kewajiban bayar angsuran kredit BAF, lalu ingin mencoba bayar pakai M Banking BCA. Perlu tahu terlebih dahulu, apa saja syarat yang harus dipenuhi jika ingin menggunakan cara bayar tersebut.

  • Memiliki rekening Bank BCA yang masih aktif dan memiliki saldo cukup untuk membayar angsuran. Jika tidak, tentu Anda tidak akan punya akses untuk membayar tagihan tersebut.
  • Memiliki perangkat HP yang terhubung dengan internet, yang koneksi internetnya bagus. Supaya proses pembayaran bisa berjalan lancar
  • Sudah mengunduh aplikasi M Banking BCA pada perangkat, tahu fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut.
  • Menyimpan nomor kontrak produk yang dibayar kredit menggunakan BAF atau kode BAF BCA. Bisa dilihat dari aplikasi BAF atau dari salinan kontrak yang didapat setelah transaksi kredit disepakati.

6 Tahapan Bayar BAF Via M Banking BCA

Untuk bisa bayar BAF via M Banking BCA, Anda harus mengikuti beberapa tahapan pembayaran. Seperti penjelasan berikut:

  • Aktifkan perangkat HP, koneksikan dengan internet
  • Buka aplikasi M Banking BCA yang ada di ponsel Anda, lalu masuk ke halaman akun sendiri dengan memasukkan username dan password yang sudah biasa digunakan
  • Pada halaman utama yang muncul, pilih menu m-transfer, lalu klik pada pilihan BCA virtual account
  • Akan muncul halaman virtual account, kemudian ketik angka 22000 dan tambahkan nomor kontrak angsuran Anda
  • Klik ok, kemudian pilih opsi “dari rekening” dan pilih BCA dan nomor rekening BCA yang Anda miliki
  • Tekan tombol send dan akan muncul pesan konfirmasi tentang nama pemilik kontrak BAF, berapa nominal angsuran yang harus dibayar. Pastikan informasi tersebut sudah benar
  • Klik tombol ok, lalu masukkan PIN transaksi m-BCA yang biasa digunakan untuk transaksi menggunakan m-banking
  • Tunggu sampai proses selesai dan pembayaran sukses, ditandai dengan pesan notifikasi bahwa transaksi sudah selesai.

Bisakah Bayar BAF Lewat ATM BCA

Selain menggunakan M Banking BCA, Anda juga dapat melakukan pembayaran menggunakan ATM BCA. Caranya hampir sama dengan pembayaran tagihan lain via ATM bank swasta ternama di Indonesia tersebut.

  • Ketika sudah berada di ruang mesin ATM BCA, masukkan kartu ATM ke dalam mesin, ketik pin untuk masuk ke menu selanjutnya.
  • Pada halaman menu, tekan pilihan “transaksi lainnya” lalu pilih “pembayaran”
  • Pilih lagi opsi “lain-lain” lalu masukkan nomor kontrak kredit BAF yang mau dibayar. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan angka, agar proses pembayaran tidak bermasalah
  • Pada halaman konfirmasi, cek terlebih dahulu informasi seputar kontrak yang muncul
  • Jika sudah benar, maka ketik berapa jumlah pembayaran akan dilakukan dan klik tombol “ya”
  • Tunggu proses selesai dan struk transaksi dicetak oleh mesin ATM. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran sah. Jika seandainya suatu saat pihak BAF membutuhkan dokumen tersebut.

Kelebihan Bayar BAF Via M Banking BCA

Apa kelebihan bayar BAF via M Banking BCA? Sangat banyak, oleh karena itulah banyak nasabag BAF menggunakan cara ini dibandingkan cara lain. Lantas apa saja kelebihannya?

Aman

Kelebihan pertama terletak pada keamanan transaksi pembayaran, meskipun online namun keamanan berlapis. Apalagi bank sekelas BCA yang merupakan bank internasional, tentu sudah memiliki pengamanan berkualitas untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui aplikasi m-Banking.

Keamanannya akan sama dengan transaksi lain yang menggunakan m banking BCA, berada dalam satu sistem aplikasi yang juga selalu update berkala terutama pada fitur keamanan. Supaya tidak ada kebocoran data nasabah dan masalah lainnya.

Biaya Admin Murah

Jika dibandingkan dengan biaya admin transaksi lain, yang dapat dilakukan melalui m Banking BCA. Ternyata, biaya admin untuk bayar angsuran BAF lebih murah. Jadi saldo yang terpakai untuk transaksi dan admin tidak akan terlalu besar.

Kisaran biaya admin Rp.5000/transaksi, namun dapat berubah kapan saja sesuai update dari pihak bank maupun BAF.

Cepat

Prosesnya cepat, hanya butuh beberapa menit saja dari mulai membuka aplikasi sampai transaksi pembayaran selesai. Coba bandingkan dengan bayar langsung di kantor BAF yang harus menunggu antrian, apalagi jika nasabah yang datang cukup banyak. Dimana Anda perlu menyediakan waktu lebih sampai proses bayar angsuran selesai.

Baca Juga : Cara Bayar Kartu Kredit BCA dengan Mudah

Praktis

Praktis karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama perangkat HP Anda terhubung dengan internet, saldo di dalam rekening BCA mencukupi untuk membayar angsuran, dan Anda punya waktu luang untuk melakukan transaksi tersebut

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana bayar BAF via M Banking BCA dan apa kelebihannya dibanding pakai cara lain. Kalau ada cara mudah, kenapa harus buang waktu antri di bank atau kantor BAF hanya untuk bayar angsuran?