Select Page

Di masa pandemi seperti sekarang ini mencari bisnis baru bisa dikatakan mudah apabila Anda jeli melihat berbagai peluang usaha. Salah satu bisnis yang saat ini sedang viral adalah bisnis waralaba atau kemitraan kuliner.

Ide kemitraan kuliner merupakan salah satu bisnis yang mempunyai prospek yang cukup bagus walau di masa pandemi seperti sekarang. Menjadi mitra bisnis kuliner adalah solusi cerdas yang menjadi pilihan Anda. Misalnya menjadi bagian dari kemitraan kekinian bernama Chicken Pop.

Nah untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi terkait tips jualan Chicken Pop dan prospek ke depannya di Indonesia.

Tips Memulai Usaha Jualan Chicken Pop

Memulai usaha jualan chicken pop sebenarnya tidak membutuhkan banyak peralatan yang mewah serta pengetahuan tentang kuliner yang mendalam untuk mendukungnya. Anda cukup melakukan beberapa langkah awal yang mudah namun menentukan ke depannya. Tidak berlama-lama lagi inilah beberapa tips memulai bisnis Chicken Pop yang bisa Anda jadikan referensi. Simak baik-baik:

1. Mencari Informasi Kemitraan Chicken Pop

Tips yang pertama jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis kemitraan Chicken Pop adalah mencari informasi terkait Chicken Pop. Informasi atau pengetahuan tentang bisnis kemitraan Chicken Pop bisa dikatakan sangat penting. Hal ini tidak terlepas dengan istilah keren orang barat yang mengatakan Knowledge is Power. Memang benar bahwa segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang dan dimulai dengan perencanaan yang tepat. Kita tahu bahwa dewasa ini berbagai bisnis mulai tumbuh, dari bisnis industrial hingga kuliner.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa tidak semua pebisnis itu niatnya tulus membantu. Ada yang semata-mata karena kesadaran untuk meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia dan ada juga yang hanya ingin mencari keuntungan pribadi alias penipuan. Nah untuk itu, Anda harus mencari informasi terkait apa saja yang menyangkut Chicken Pop agar Anda yakin untuk menjalankan bisnis tersebut dengan sepenuh hati.

2. Bermitra dengan Bisnis Chicken Pop

Bermitra atau menjalin kerjasama umumnya dilakukan dengan cara-cara yang cukup ribet dan pastinya memakan waktu dan biaya yang cukup banyak. Nah di bisnis Chicken Pop, Anda mendapatkan sejumlah fasilitas yang cukup banyak. Di antaranya Anda dapat memilih beberapa paket yang disediakan yaitu paket rumahan dan paket booth.

Jika Anda lebih cocok dengan paket rumahan, Anda cukup melakukan pembayaran investasi atau modal awal sebesar 6 juta rupiah. Dengan paket rumahan ini Anda berhak mendapatkan beberapa perlengkapan berbisnis sebagai pendukung yaitu satu buah spanduk berisi tentang desain produk yang dijajakan, sejumlah peralatan memasak, bahan baku berupa ayam serta bahan lan dan juga perlengkapan berjualan lainnya.

Sedangkan jika Anda merasa lebih cocok dengan paket booth, Anda cukup melakukan pembayaran investasi dengan nominal sebesar Rp. 8 juta saja. Dengan paket booth ini Anda mendapat cukup banyak peralatan yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis chicken pop. Peralatan-peralatan ini diantaranya adalah booth portable, X banner, perlengkapan jualan, perlengkapan masak dan tentunya bahan baku.

Lebih gila lagi pihak kemitraan chicken pop sedang mengadakan promo besar-besaran untuk Anda yang ingin menjadi mitra bisnis chicken pop dengan memilih paket-paket ini yaitu hanya sebesar 2,9 juta rupiah untuk mitra chicken pop rumahan dan 3,9 juta untuk Anda yang memilih paket booth.

3. Teknis Pemasaran Chicken Pop

Pemasaran atau dalam bahasa kerennya marketing sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis, terlebih dalam bisnis kuliner kekinian. Kalau tidak ahli, bisa-bisa usaha yang Anda jalankan akan tergerus oleh pebisnis lain yang lebih menguasai medan pasar. Nah lalu bagaimanakah dengan teknis marketing bisnis Chicken Pop? Tentu dalam menjalankan bisnis keren satu ini tidak perlu khawatir karena pihak mitra Chicken Pop sendiri sudah memfasilitasi berbagai macam alat. Baik itu secara cetak maupun secara digital, jadi Anda hanya fokus untuk menjalankannya.

Jika Anda ingin lebih melebarkan sayap dalam berbisnis Chicken Pop, Anda perlu mengatakan beberapa konsumen utama, khususnya anak muda kekinian. Sebisa mungkin tempat atau booth Chicken Pop yang menjadi tempat berdagang harus di area strategis seperti, persimpangan jalan raya, dekat kampus, alun-alun, mall, food court atau tempat keramaian lain yang mudah dijangkau oleh semua konsumen.

Keuntungan dan Prospek Bisnis Chicken Pop

Usaha jualan Chicken Pop merupakan makanan yang terbuat dari bahan baku ayam tanpa tulang yang kemudian dicampur tepung, lalu digoreng dan ditambah taburan bumbu kering atau bisa diganti dengan saus. Olahan Chicken Pop jika dilihat dengan seksama mirip dengan olahan kuliner shihlin atau ayam crispy namun berbeda sebutan saja.

Keuntungan yang Anda dapat dalam menjalankan bisnis chicken pop bisa dikatakan besar. Berdasarkan sejumlah orang yang sudah menjalankan bisnis chicken pop dan sudah berjalan mengatakan bahwa harga jual untuk satu porsi chicken pop memiliki banyak varian rasa yang tersedia. Takaran harga yang ditawarkan adalah dari Rp. 8000 hingga Rp. 10.000 untuk satu porsi sedang. Sementara jika menggunakan cara lain yang lebih fleksibel seperti dengan aplikasi online harganya bisa mencapai Rp. 12.000 untuk satu porsi sedang sudah termasuk harga ongkir pengiriman.

Untuk penjelasan lebih detail silahkan perhatikan penjelasan di bawah ini:

1 mangkok/porsi Chicken Pop mempunyai berat 100 gram dihargai senilai Rp. 8.000, jika modal pembuatan Chicken Pop 100 gram: Rp. 5.571 maka kamu bisa meraup keuntungan sebesar Rp. 2.429 per satu porsi yang Anda jual.

Untuk perhitungan keuntungan per-satu bulan Anda dapat menghitungnya sebagai berikut:

Jika Anda dapat menjual 80 porsi dalam satu bulan maka keuntungan yang akan Anda dapatkan sebesar 75 x Rp.8.000: Rp.6.000 x 30 hari = 18.500.000 per satu bulan.

Sementara untuk pengeluaran modal bahan baku Anda dapat menjumlahkan dengan perhitungan sebagai berikut:

75 porsi x keuntungan (Rp. 5.571): Rp. 417.825 x 30 hari = Rp. 12.534.750 dan keuntungan bersih yang dapat Anda peroleh sebesar: 75 porsi x Rp. 2.429: Rp. 1.821.772 x 30 hari = Rp. 5.465.250.  Jadi keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah Rp. 5.465.250 (Lima Juta Empat Ratus Enam Puluh Lima Ribu Dua Ratus Lima Puluh Perak).

Untuk prospek bisnis chicken pop ternyata sudah banyak dilirik oleh pengusaha lain. Karena Chiken Pop diyakini akan mendapat pangsa pasar yang luas sehingga menjangkau seluruh daerah di Indonesia. Siapapun tentu menyukai olahan ayam, terlebih setelah dimasak sedemikian rupa dengan tambahan crunchy, Pada kenyataannya, anak-anak, remaja sampai orang tua menggemari olahan ayam. Di mana pun tempat berjualan pasti menjadi kuliner primadona bagi penikmat kuliner ayam.

Itulah beberapa informasi terkait usaha jualan Chiken Pop yang bisa saya sampaikan kali ini. Bagi Anda yang saat ini lagi mencari peluang usaha potensial untuk dikelola, cobalah menjalankan usaha yang satu ini.