Select Page

Tabungan Mapan CIMB Niaga siap mewujudkan kebutuhan Anda lewat tabungan berjangka dengan setoran bulanan rutin. Kenali fiturnya sekarang!

Sebagai salah satu perbankan swasta yang terkenal di Indonesia, CIMB Niaga terus melakukan inovasi produk guna memenuhi kebutuhan nasabah. Salah satunya lewat tabungan masa depan yang lebih sering disingkat mapan.

Lewat produk ini, nasabah bisa menabung secara berjangka dan rutin setiap bulan. Untuk menyetorkan uang, nasabah tidak perlu datang ke kantor. Pasalnya, semuanya sudah bisa online dan dilakukan secara otomatis melalui rekening sumber dana.

Selain bisa membantu mewujudkan kebutuhan, produk ini juga mengajak seluruh nasabah untuk disiplin menabung. Jadi, jika selama ini Anda merasa kesulitan mengumpulkan uang, Tabungan Mapan CIMB Niaga bisa jadi produk pilihan.

Pada kesempatan ini, kami akan membahas produknya secara detail. Selamat menyimak sampai selesai.

Apa Itu Tabungan Mapan CIMB Niaga?

Sebagaimana disampaikan di atas, ini adalah sebuah produk tabungan berjangka dengan sistem setoran rutin bulanan. Artinya, setiap nasabah dipaksa harus disiplin menabung dan mengumpulkan uang setiap bulan.

Apa Itu Tabungan Mapan CIMB Niaga

Pada dasarnya, produk ini sama dengan jenis tabungan BCA berjangka. Hanya saja, nilai minimum setoran bulanannya lebih kecil. Selain itu, tenornya pun jauh lebih pendek. Jadi, Anda tidak perlu menunggu lama untuk jatuh temponya.

Syarat Buka Rekening CIMB Niaga Tabungan Mapan dan Ketentuannya

Jika Anda tertarik untuk buka rekening berjangka ini, berikut poin persyaratan yang perlu disiapkan:

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Mengisi formulir syarat dan ketentuan Tabungan Mapan.
  • Melampirkan fotokopi KTP.
  • Harus memilih rekening sumber dana dari tabungan CIMB Niaga lain selain Tabungan Mapan, Tax Amnesty, Investor.
  • Rekening sumber dananya juga harus 1 CIF dengan Tabungan Mapan.
  • Sumber dana harusnya adalah rekening pribadi individu, bukan Join atau Or.
  • Setoran rutin bulanannya minimal Rp 100.000,- per bulan dan berlaku kelipatan (khusus untuk Mapan Reguler dan tidak untuk Mapan Hadiah).

Jika Anda merasa memenuhi syarat buka rekening CIMB Niaga di atas, maka silakan datang ke kantor cabang bank terdekat. Atau, silakan buka rekening CIMB Niaga online melalui OCTO Mobile jika ingin lebih praktis.

OCTO Mobile sendiri bisa diunduh melalui Google Play Store, App Store, atau App Gallery Huawei. Jika Anda kesulitan membuka rekening secara online, silakan hubungi 14041 atau langsung datang saja ke cabang terdekat supaya lebih mudah.

Keuntungan

Ada beberapa keuntungan atau kelebihan yang bisa diperoleh jika Anda membuka rekening ini, di antaranya adalah:

1. Fleksibel

Tabungan ini bersifat fleksibel karena nasabah bebas menentukan tenor atau jangka waktu menabung. Selain bebas menentukan jangka waktunya, Anda juga bebas memilih mau menabung berapa atau bebas menentukan setoran bulanannya.

Dengan begitu, nasabah punya kebebasan untuk menentukan nominal uang yang bisa disimpan setiap bulan sampai jangka waktunya selesai. Nominal yang dipilih seharusnya adalah nilai yang bisa disimpan setiap bulan tanpa mengganggu kebutuhan bulanan lainnya.

2. Mudah dan nyaman

Tabungannya juga sangat mudah dan nyaman karena nasabah akan dikirimi mutasi rekening setiap 3 bulan. Selain itu, mutasinya juga bisa diakses melalui OCTO Clicks, OCTO mobile, dan phone banking di 14041.

3. Praktis

Yang menarik dari tabungan ini adalah Anda tidak perlu repot menyetorkan uang setiap bulan untuk menabung. Pasalnya, penyetoran sudah bisa dilakukan secara otomatis oleh sistem.

Asalkan rekening sumber dananya sudah tersedia, maka setiap bulan akan ada autodebet ke rekening sumber dana tersebut dengan jumlah sesuai dengan nominal yang Anda pilih untuk disetorkan per bulan.

Menariknya lagi, tidak hanya saat penyetoran saja yang bisa dilakukan secara otomatis. Saat jatuh temponya datang, jumlah tabungan juga akan langsung masuk ke rekening sumber dana dengan cepat.

4. Nisbah atau bagi hasilnya menarik

Bagi hasilnya juga sangat menarik atau dengan kata lain tingkat pengembaliannya cukup tinggi.

Suku Bunga atau Nisbah

Agar lebih jelas mengenai tingkat pengembalian yang ada di tabungan ini, berikut ini informasi suku bunganya berdasarkan tenor atau jangka waktu yang dipilih:

  • Untuk tenor 6 bulan, nisbahnya adalah 3,5%.
  • tenor 1 atau 2 tahun, nisbahnya adalah 3,75%.
  • Untuk tenor 3, 4, 5, atau 10 tahun, nisbahnya adalah 4%.

Dapat dilihat bahwa semakin panjang tenor yang dipilih, maka semakin besar pula persentase suku bunga yang akan didapatkan.

Nisbah atau porsi bagi hasil di atas berlaku fixed hingga jatuh temponya datang. Nilai imbal per bulan bisa berubah sesuai dengan GYD bulan berjalannya.

Sebagai catatan tambahan, pihak bank bisa mengubah nilai nisbah sewaktu-waktu dengan pemberitahuan kepada nasabah melalui cabang CIMB Niaga atau cara lainnya.

Produk ini juga ada yang syariah. Ketentuannya mengikuti akad syariah yang ada di produk tersebut.

Tarif dan Biaya Tabungan Mapan

Tarif dan Biaya Tabungan Mapan

Sebelum membuka rekening ini, berikut kami informasikan tarif dan biaya yang berlaku di produknya:

  • Setoran bulanan minimalnya adalah Rp 100.000,- dan berlaku kelipatan.
  • Metodenya jatuh tempo. Jika sebelum jatuh tempo rekeningnya sudah ditutup, maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000,-.
  • Nisbah atau porsi bagi hasilnya fixed sampai jatuh tempo dan nisbah bulanannya bisa berubah sesuai dengan GYD bulan berjalan. Jika ada perubahan, pihak bank juga akan memberitahukan melalui cabang terkait atau metode yang baik menurut pihak bank.
  • Biaya administrasi bulannya adalah Rp 5.000,- yang akan dimulai pada bulan keenam.
  • Jika terjadi gagal debet, maka akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 per bulan setelah proses debet gagal dua kali.

Gagal debet semacam ini kadang terjadi karena rekening sumber dana tidak punya saldo cukup untuk disetorkan. Jadi, pastikan saldo dari rekening sumber dananya selalu ada dan mencukupi.

Cara Mencairkan Tabungan Mapan CIMB Niaga

Sebagaimana diulas di atas, proses menabung sampai pencairan dana di tabungan ini sangat praktis. Hal ini karena semuanya bisa berjalan secara online dan otomatis.

Cara Mencairkan Tabungan Mapan CIMB Niaga

Jika menabungnya bisa dilakukan dengan cara autodebet dari rekening sumber dana, maka pencairannya juga bisa otomatis ke sumber dana ketika jatuh temponya sudah datang.

Lantas, bagaimana jika Anda ingin mencairkan dananya sebelum jatuh tempo? Silakan kunjungi langsung kantor cabang atau hubungi call center CIMB Niaga.

Cara Buka Rekening via OCTO Mobile

Jika Anda tertarik dengan fitur yang ditawarkan oleh produk ini, maka silakan langsung buka rekeningnya. Cara termudah adalah dengan mendownload OCTO Mobile di HP kemudian melakukan registrasi.

Unduh OCTO Mobile di Play Store, App Store atau App Gallery. Kemudian buka aplikasinya dan ikuti cara singkat di bawah ini:

  • Pilih menu Buka Tabungan Baru.
  • Klik opsi Tidak, Saya Ingin Membuka Rekening (khusus untuk nasabah baru).
  • Siapkan e-KTP, alat tulis (kertas dan pena), dan NPWP jika ada.
  • Silakan pilih jenis tabungan.
  • Foto dan upload dokumen yang tadi sudah disiapkan. Pastikan fotonya jelas dan informasinya terbaca di frame yang tersedia.
  • Lengkapi data diri dan pekerjaan.
  • Buat user ID Octo Mobile.
  • Lakukan verifikasi menggunakan passcode yang dikirimkan ke HP.
  • Video call dengan customer service untuk verifikasi akhir.

Demikian informasi tentang Tabungan Mapan CIMB Niaga. Semoga bermanfaat.

Sumber:

Cimbniaga.co.id. https://www.cimbniaga.co.id/id/syariah-personal/tabungan/tabungan-ib-mapan