Select Page

Pinjaman online atau lebih dikenal dengan istilah “pinjol”akhir-akhir ini menjadi marak bagi kalangan masyarakat Indonesia. Jaminan uang cair dengan hitungan menit membuat banyak orang tergiur demi mendapatkan pinjaman uang secara instan. Kredivo merupakan salah satu aplikasi pembiayaan yang cukup terkenal di Indonesia.

Visi dan misi perusahaan pembiayaan ini adalah memberikan solusi keuangan berupa kredit yang efektif, mudah, dan aman guna meminimalisir adanya kesenjangan penetrasi kredit yang ada di Indonesia. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai kerugian menggunakan kredivo akan lebih baik kita mengetahui bagaimana dan mengapa kredivo menjadi menarik di kalangan masyarakat Indonesia.

Mengapa Kredivo Sangat Menarik Digunakan?

Sebagai platform finansial online, kredivo menawarkan beberapa kemudahan aksesibilitas bagi konsumen yang membutuhkan uang untuk memperoleh barang atau uang secara cepat. Dengan mottonya yang sangat terkenal yaitu “beli sekarang, bayar nanti”kredivo memberikan kemudahan pinjaman sebagai berikut :

1.       Pendaftaran akun yang cepat dan mudah

Untuk mendaftarkan akun anda di kredivo tidak perlu pusing karena prosesnya kurang dari 5 menit anda. Sistem konfirmasi instan yang dimiliki kredivo merupakan salah satu pelayanan untuk konsumen agar leluasa dalam memenuhi kebutuhan belanja online, bayar nanti.

2.       Pencairan kilat

Setelah mendaftarkan akun anda, anda bisa langsung menggunakannya untuk belanja atau mengajukan pinjaman yang proses pencairannya sangat cepat. Anda dapat memperoleh limit pinjaman hingga 30 juta dengan 2 klik pembelian atau pengajuan pinjaman yang cair kurang lebih dalam waktu 1 menit.

3.       Bunga rendah

Dibandingkan dengan perusahaan pembiayaan lainnya, kredit memberikan bunga rendah dengan tanpa DP. Anda dapat memilih pembayaran dalam kurun waktu 30 hari atau pembayaran cicilan 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan.

4.       Aman

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan PIN dan OTP akan membantu untuk protect akun anda tetap aman.

Cara Mendaftar Kredivo

Jika anda tertarik ingin mencoba menggunakan kredivo kamu dapat mendaftar dengan cara seperti dibawah ini :

1.       Pastikan anda telah menyiapkan syarat-syarat pendaftaran berupa Foto KTP, alamat email, nomor handphone yang aktif

2.       Pastikan anda sudah menginstal aplikasi kredivo dengan mendownload di playstore atau appstore

3.       Setelah itu biasanya anda akan diberi pilihan tipe aplikasi. Anda dapat memilih opsi “basic”atau “premium” dan lanjutkan dengan menyentuh tombol lanjutkan.

4.       Isi formulir data diri berupa unggah foto KTP dan selfie, dan menghubungkan ke marketplace yang anda gunakan. Tekan tombol kirim.

5.       Pendaftaran anda akan diproses dan ditinjau untuk selanjutnya diverifikasi.

6.       Setelah berhasil diverifikasi oleh kredivo, maka proses pendaftaran anda sudah selesai.

Kekurangan Dan Kerugian Menggunakan Kredivo

Jika melihat dari kemudahan dan kenyamanan yang diberikan oleh kredivo tentunya sangat menarik dan menggoda untuk menggunakan aplikasi kredit ini. Namun, dibalik kemudahan itu terdapat segudang kekurangan dan kerugian dari aplikasi kredivo sendiri. Berikut ini beberapa kerugian menggunakan kredivo yang mungkin dialami oleh pengguna kredivo :

1.       Suku bunga tinggi

Setiap kredit pasti mempunyai suku bunga, namun dibanding dengan aplikasi serupa lainnya kredivo memiliki bunga yang cukup tinggi yaitu 2,9 % dan bunga per tahunnya hingga 41,74%.  Sebagai pencegahan anda sebaiknya menghitung pengeluaran dan pemasukan anda setiap bulannya.

2.       Riba

Dalam agama islam praktek pinjam-meminjam dengan adanya bunga dapat dikategorikan sebagai bentuk riba.

3.       Denda

Dalam aplikasi ini jika anda melakukan keterlambatan pembayaran maka anda harus siap untuk membayar dendanya. Denda 6% per 30 hari dari total tagihan yang harus dibayar apabila terlambat lebih dari 1 bulan. Denda sebesar 4% per 30 hari jika terlambat menunaikan prestasi dengan adanya denda bulanan jika anda sudah melewati batas pembayaran 1 bulan.

4.       Tenggang waktu pembayaran singkat

Jangka waktu pembayaran di kredivo cukup singkat yaitu maksimal 1 tahun. Dengan cicilan per 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

5.       Belum merata di seluruh Indonesia

Sebagai salah satu aplikasi terkemuka di Indonesia kredivo masih belum maksimal dalam pemerataan pelayanan di seluruh bagian negara. Kredivo hingga saat ini hanya menjangkau kota-kota besar saja.

6.       Konsumtif

Dengan penawaran kemudahan belanja kredit membuat kita berasumsi untuk terus berbelanja secara kredit karena dapat membayar di lain waktu.

7.       Harga lebih mahal

Sebenarnya biaya membeli barang secara kredit jauh lebih mahal dibanding membayar cash, karena terdapat biaya administrasi dan bunga yang ditanggung oleh konsumen.

8.       Reputasi BI Checking jelek

Apabila kita terlambat melakukan pembayaran cicilan maka data kita di BI Checking dapat dikategorikan sebagai nasabah kredit macet yang dapat berpengaruh jika kita melakukan pinjaman ke bank dan pinjaman lainnya. Efek buruknya pinjaman kita tidak akan disetujui karena kredit macet.

Itulah beberapa kerugian menggunakan kredivo yang dapat anda alami, maka dari itu anda perlu bijak dalam melakukan kredit online, jika tidak mendesak sebaiknya tidak perlu melakukan kredit online. Semoga membantu !!!