Ikuti Kelas Jualan dan Dropshipping Shopee dan Raih Jutaan Rupiah Setiap Bulannya. DISKON 50% DENGAN KODE PROMO MUTAEASY.COM 

Ada berbagai macam hal dimana perlu diketahui oleh para pemilik rekening seperti ketika tiba-tiba saldo ATM minus tersebut. Sebenarnya masalah satu ini adalah hal wajar dan sering terjadi tetapi bagi sebagian besar orang tentu akan bertanya-tanya apa penyebabnya bukan?

Kenapa Saldo ATM Minus

Apa itu Saldo ATM Minus?

Penggunaan kartu ATM memang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat tetapi bagaimana jika tiba-tiba saldo yang ada didalamnya tiba-tiba berkurang? Tentu akan membuat sebagian besar dari penggunanya akan merasa kaget bukan?

Adapun saldo ATM minus disini merupakan besaran nominal dari sisa saldo anda di dalam rekening berkurang secara otomatis bahkan melebihi saldo tersisa. Adapun masalah satu ini biasanya disebabkan oleh banyak faktor.

Namun jangan terlalu khawatir berlebihan begitu saja karena ini juga termasuk bagian dari sistem autodebet. Sebab kemungkinan besar dari Anda akan menggunakan saldo didalamnya untuk membayar angsuran, premi asuransi ataupun tagihan secara otomatis.

Penyebab Dana di ATM Berkurang

Sampai disini, pastinya Anda bertanya-tanya bukan apa yang sebenarnya menjadi penyebab jumlah dana tersebut berkurang? Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, sebenarnya ada segudang penyebab mengapa tiba-tiba jumlahnya berkurang bergitu saja.

Agar anda tidak merasa khawatir secara berlebihan, berikut ini beberapa penyebab yang harus dipahami dengan baik.

Pembayaran Pinjaman Online Autodebet

Kehadiran dari pinjaman online semakin menjamur belakangan ini karena mampu memenuhi kebutuhan keuangan bagi masyarakat. Di samping itu, jasa keuangan satu inipun ternyata juga sudah memanfaatkan kehadiran teknologi buat mengembangkan bisnis anda.

Yakni dengan menerapkan sistem autodebet sehingga otomatis rekening yang terdaftar didalam sistem pinjaman online akan melakukan pembayaran sesuai dengan jatuh temponya. Hal tersebut tentunya sangat berguna karena meminimalisir keterlambatan dalam pembayaran.

Disinilah pentingnya apabila melakukan pinjaman online dengan autodebit harus memastikan bahwa saldo didalam rekening sudah mencukupi. Dengan begitu tidak akan mengakibatkan minus.

Premi Asuransi Autodebet

Penyebab saldo rekening berkurang lainnya adalah adanya premi asuransi autodebet. Adapun tujuannya adalah melakukan pembayaran premi asuransi jiwa dimana sudah disepakati Bersama dengan pihak nasabah.

Dari sekian banyaknya kejadian, penyebab satu ini mungkin tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Terlebih lagi saat pendaftaran atau mendapatkan informasi, Anda selalu setuju dengan apa yang dikatakan oleh pihak petugas.

Adanya Transfer Yang Terjadwal

Hilangnya saldo didalam kartu ATM ternyata juga disebabkan karena adanya transfer yang terjadwal. Fitur satu ini memang bisa ditemukan dengan mudah karena hampir setiap bank ternyata menyediakan layanan satu ini seperti BRI mobile banking.

Dengan adanya fitur itulah maka secara otomatis Anda akan mengalokasikan dana yang tersisa dalam rekening buat digunakan sebagai dana untuk transfer terjadwal nantinya.

Penarikan Data Secara Harian

Sebenarnya masih ada penyebab lainnya kenapa saldo tersebut tiba-tiba berkurang begitu saja yakni karena adanya penarikan data secara harian dari sistem BRI. Dimana penarikan data harian inilah akan membuat saldo terpotong secara otomatis.

Namun jangan khawatir karena setelah proses penarikan itulah maka saldo akan dikembalikan ke dalam data rekening dari nasabah. Mengingat tujuan dari kegiatan satu ini adalah buat pendataan dari pihak bank.

Penyebab Lainnya Saldo ATM Berkurang

Selain penyebab di atas, sebenarnya masih ada beberapa faktor lainnya dimana mengakibatkan dana tersebut tiba-tiba terpotong. Nah, untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya berikut:

Potongan Bulanan

Penyebab kenapa saldo minus tiba-tiba biasanya diakibatkan karena adanya potongan bulanan. Dimana ini adalah penyebab paling utama dan wajar sehingga dapat dimaklumi oleh setiap nasabah.

Mengingat biaya bulanan sendiri akan dipotong secara langsung oleh pihak bank. Sedangkan tujuannya adalah buat kebutuhan biaya administrasi untuk pemeliharaan sistem dari bank bersangkutan.

Perbaikan Layanan

Tidak merasa mempunyai tunggakan autodebet tetapi saldo tiba-tiba berkurang begitu saja? Adanya perbaikan layanan inilah kemungkinan besar menjadi akibatnya. Jadi saldo tersebut hilang karena memang adanya perbaikan terutama membutuhkan waktu cukup lama.

Cara Mengatasi Masalah Saldo ATM Minus

Cara Mengatasi Masalah Saldo ATM Minus

Sesudah memahami apa sajakah penyebab dari masalah diatas, maka penting bagi Anda agar mengetahui cara mengatasi masalah satu ini. Terlebih lagi sebagian besar dari Anda tentu akan merasa jengkel apabila terjadi terus menerus bukan?

Untuk nasabah dimana tidak merasa mempunyai angsuran atau tagihan secara otomatis maka silahkan untuk melaporkannya kepada pihak bank terkait. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

  • Datang ke bank terdekat untuk mengadukan masalah pemotongan diatas
  • Bawa kartu ATM, buku rekening atau kartu identitas terkait
  • Apabila Anda tidak mempunyai waktu, silahkan tanyakan kepada bagian call center dari pihak Bank terkait.

Baca Juga : Produk Bank BJB Syariah Paling Populer

Sebenarnya masalah pemotongan dana di rekening merupakan hal yang wajar dilakukan terutama untuk pembayaran autodebet ataupun potongan bulanan. Sampai disini, Anda pasti sudah memahami bagaimana penyebab kenapa saldo ATM minus tiba-tiba bukan?