Select Page

Kebanyakan dari Anda pasti sudah sering mendengar nama token BCA, walaupun tidak mengetahui apa fungsinya. Token BCA atau biasa disebut dengan KeyBCA merupakan suatu alat yang disediakan oleh pihak Bank BCA dalam membantu transaksi yang dilakukan para nasabah nya.

Lalu apakah sih sebenarnya fungsi token BCA? Untuk mengetahui hal tersebut alangkah baiknya jika Anda simak pembahasan ini sampai akhir.

Apa Fungsi Token BCA atau KeyBCA?

Pada saat sekarang ini, penggunaan internet banking sudah sangat umum dan membantu para nasabah bank dalam melakukan transaksi. Hal tersebut membuat pihak Bank BCA memberlakukan aturan baru agar keamanan dan kemudahan para nasabah dalam melakukan transaksi tersebut semakin terjamin. Sebab itulah kenapa token BCA atau KeyBCA ini diberlakukan.

Pada dasarnya token BCA ini baru diberlakukan untuk transaksi yang dilakukan pada klikbca.com saja. Apapun transaksi yang Anda lakukan di klikbca.com tidak akan bisa apabila tidak adanya token BCA ini baik itu meliputi transfer uang, pembayaran tagihan, bahkan pembelian pulsa. Akan tetapi Anda tetap masih bisa melihat jumlah saldo di klikbca.com ini walaupun tidak memiliki token sekalipun.

Bagaimana Cara Kerja dari Token BCA

Sumber Gambar : wulansari.net

Melihat dari fungsi token BCA seperti yang dijelaskan di atas, tentu Anda akan bertanya bagaimana cara kerjanya. Mengapa alat sekecil itu bisa dijadikan sebagai alat untuk melakukan transaksi, padahal tidak terhubung jaringan sama sekali.

Hal tersebut bisa dijelaskan secara fungsional karena token BCA atau KeyBCA ini memiliki nomor serinya sendiri. Nomor seri ini tentunya berbeda-beda pada setiap alat yang di keluarkan. Tujuannya untuk menghindari dari gandanya data sehingga terjadinya pengambilan uang oleh orang yang tidak bersangkutan.

Bahkan ketika ingin mengaktifkan token BCA ini, nasabah harus menggandengkannya dengan ID internet banking yang dimiliki. Dengan demikian pemrosesan data pada chip KeyBCA ini akan terhubung langsung ke server dengan ID klik BCA melalui server Bank BCA.

Bagaimana Cara Mendapatkan Token BCA?

Setelah mengetahui fungsi serta cara kerja token BCA ini, tentu Anda tertarik untuk mendapatkannya bukan? Akan tetap untuk mendapatkan token BCA ini, ada beberapa prosedur yang harus Anda lalui terlebih dahulu. Berikut cara untuk mendapatkan token BCA.

  1. Sudah memiliki setidaknya satu rekening BCA baik itu Tahapan, Tahapan Xpresi, Tapres, Giro, maupun BCA Dollar.
  2. Sudah melakukan registrasi internet banking BCA sebelumnya.
  3. Memiliki kartu identitas diri.
  4. Melakukan pembayaran admin sesuai ketentuan dari Bank BCA.
  5. Mendaftarkan diri dan membuat akun klik BCA.

Jika Anda sudah memiliki semua persyaratan yang disebutkan di atas, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mengunjungi kantor BCA terdekat di daerah tempat tinggal Anda. Di kantor BCA tersebut, silakan Anda lakukan pengajuan untuk membuat token BCA dengan membayar biaya admin sebesar Rp10.000.

Cara Menggunakan Token BCA atau KeyBCA untuk Keperluan Transaksi

Fungsi Token BCA
Sumber Gambar : teraa.net

Setelah mengetahui semua prosedur di atas, hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui ialah bagaimana cara menggunakan token BCA atau KeyBCA ini. Bagi Anda yang belum paham bagaimana cara menggunakannya, berikut penjelasan rincinya :

  1. Pertama-tama silakan Anda kunjungi terlebih dahulu link klikbca.com di ponsel atau laptop.
  2. Pada website tersebut, silakan Anda lakukan login menggunakan akun yang sudah Anda buat sebelumnya.
  3. Jika sudah masuk ke dalam website tersebut, langkah selanjutnya silakan pilih transaksi yang ingin dilakukan, misalnya ingin melakukan transfer dana.
  4. Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk memiliki rekening tujuan yang ada pada daftar, silakan pilih salah satu dan tekan kirim.
  5. Setelah itu silakan Anda masukkan nomor rekening tujuan Anda dengan benar.
  6. Jika sudah, silakan Anda nyalakan KeyBCA dengan cara menekan tombol segitiga yang ada di pojok kanan bawah.
  7. Pada halaman tersebut Anda akan diminta untuk memasukkan nomor, silakan tekan nomor tersebut sesuai arahan angka yang muncul di kilkbca.com tersebut.
  8. Setelah itu silakan Anda masukkan 8 digit angka yang tertera di halaman klinkbca tersebut pada KeyBCA.
  9. Maka akan muncul kode dari KeyBCA, silakan Anda salin kode tersebut ke halaman klikbca kolom RESPON KEY BCA APPLY 2.
  10. Jika sudah silakan tekan lanjutkan.
  11. Pada halaman berikutnya langsung saja tekan kirim.
  12. Langkah selanjutnya silakan Anda masuk ke menu transfer ke rekening BCA.
  13. Silakan masukkan nominal uang yang akan di transfer.
  14. Jika muncul angka, tekan saja sesuai dengan arahan klikbca, kemudian salin kode tersebut ke halaman klikbca.
  15. Berikutnya KeyBCA akan memberikan respon, silakan input kode tersebut ke kolom dan tekan lanjutkan.
  16. Jika sudah silakan masukkan kode respon yang diberikan tadi pada layar KeyBCA dan tekan kirim.
  17. Jika sudah, maka transaksi yang Anda lakukan akan berhasil.

Itulah beberapa penjelasan tentang fungsi token BCA beserta cara penggunaannya. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu Anda dalam memahami token BCA serta bagaimana cara menggunakannya. Secara artian token BCA ini berfungsi untuk mempermudah Anda melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja.