Select Page

Kenali jenis tabungan BNI dan pilih mana yang sesuai dengan profil dan kebutuhan Anda. Mau buat haji, pendidikan anak, atau pensiun, semua ada.

Bila sudah mengenali tabungannya, Anda akan mudah dalam membuka rekening. Baik dengan datang langsung ke cabang maupun membuka rekening secara online dari rumah.

Namun perlu diketahui bahwa pembukaan rekening online tidak berlaku untuk semua jenis tabungan. Hanya beberapa jenis saja. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca ulasan ini sampai selesai. Selamat menyimak.

Jenis tabungan BNI lengkap dan kegunaannya

Pada kesempatan kali, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis tabungan yang ada di PT Bank Negara Indonesia, Tbk. Semua tabungan ini memiliki kegunaan dan fasilitas yang berbeda satu dengan lainnya, silakan kenali satu per satu.

Jenis tabungan BNI lengkap dan kegunaannya

BNI Taplus

Ini adalah jenis tabungan pertama yang paling terkenal dari BNI. Tipe rekening ini fokusnya tak hanya untuk menabung tapi juga kemudahan dalam bertransaksi.

Untuk membukanya, nasabah cukup menyediakan setoran awal minimal Rp 500.000,- untuk wilayah Jabodetabek. Sementara nasabah di luar Jabodetabek bisa membukanya dengan setoran minimal Rp 250.000,- saja.

Anda akan mendapatkan buku tabungan, kartu ATM, dan bisa menikmati layanan transaksi cepat seperti internet banking, sms banking, debit online, dll.

BNI Taplus Bisnis

Meski namanya adalah Taplus Bisnis, jenis tabungan ini bisa dibuka baik oleh pelaku usaha maupun bukan pelaku usaha. Bisa dibuka oleh perorangan dan non perorangan.

Fasilitas utama dari tabungan ini selain simpanan adalah kemudahan dalam bertransaksi bisnis.

Dengan membuka tabungan ini, nasabah akan mendapatkan kartu debit gold dan platinum yang limitnya lebih tinggi. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas e-banking dengan leluasa.

BNI Tappa

Tappa merupakan jenis simpanan yang dipergunakan untuk anggota atau pegawai sebuah perusahaan atau lembaga yang bekerja sama dengan BNI. Tujuannya adalah sebagai tabungan dan kartu identitas anggota/pegawai.

Selain buku, nasabah akan mendapatkan ATM dan bisa memanfaatkan fasilitas e-banking.

BNI Taplus Muda

BNI Taplus Muda adalah produk yang dibuat khusus untuk anak muda yang berusia 17 sampai 35 tahun. Lewat produk ini anak muda bisa berlatih menabung untuk keperluan masa depannya.

BNI Taplus Muda

Nasabah akan mendapatkan buku tabungan, ATM, dan bisa memakai layanan e-banking seperti SMS banking, mobile banking, dan internet banking.

Untuk membuka rekening ini Anda cukup menyiapkan uang minimal Rp 100.000,- sebagai setoran awal.

BNI Taplus Muda co-Brand

Jenis simpanan ini khusus untuk para mahasiswa di Perguruan Tinggi yang kerja sama dengan Bank Negara Indonesia. Biasanya dipakai untuk keperluan pembayaran SPP, dan yang lainnya.

Setoran awal produk ini ditentukan berdasarkan perjanjian kerja sama. Nasabah BNI Taplus Muda co-Brand ini juga mendapatkan ATM dan fasilitas e-banking.

BNI Taplus Anak

Jika Anda adalah orang tua yang sedang mencari produk tabungan buat anak atau dana pendidikan anak, BNI Taplus anak bisa jadi salah satu pilihannya.

Simpanan ini khusus untuk nasabah dengan usia 0 sampai 17 tahun. Tujuannya adalah untuk membiasakan anak menabung sejak dini.

Besaran setoran awalnya hanya Rp 100.000,-. Kelengkapan fasilitasnya adalah buku tabungan dan ATM yang ada foto anaknya.

Kartu ATM Taplus anak ini memiliki limit Rp 500.000,- per hari sebab memang khusus untuk tabungan saja.

BNI Taplus Anak co-Brand

Produk simpanan ini dibuat khusus untuk anak-anak dari sekolah yang bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia, Tbk. Tujuan utama dibuatnya jenis tabungan BNI ini adalah untuk menabung.

Fasilitas yang didapatkan adalah kartu debit yang ada logo sekolah dan bisa digunakan sebagai kartu identitas diri.

Setoran awal produk ini hanya Rp 100.000,- saja. Yang menarik dari jenis tabungan ini adalah orang tua bisa mendapatkan SMS notifikasi untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh anaknya.

BNI Tapenas

Tapenas adalah Tabungan perencanaan masa depan. Jadi sesuai dengan namanya, produk ini cocok buat Anda yang ingin merencanakan keuangan atau sedang ingin menambah tabungan buat investasi.

Tapenas merupakan simpanan berjangka yang dijamin keamanannya dan bisa dipakai untuk perencanaan jangka panjang.

Bila mau membuka tabungan ini, Anda bisa memilih mata uang rupiah atau dolar. Anda bebas menentukan setoran bulanannya. Khusus untuk rupiah, rentangnya dari Rp 100.000,- sampai Rp 5.000.000,- dengan perhitungan kelipatan Rp 50.000,-.

Syarat usia yang boleh ikut adalah 17 sampai 65 tahun saat jatuh tempo. Durasi yang bisa diambil mulai 2 tahun sampai dengan 18 tahun.

BNI Pandai

Ini adalah sejenis tabungan yang bisa dibuka baik lewat cabang bank negara Indonesia maupun agen. Produk ini lahir dari ide branchless banking.

BNI Haji

Sesuai dengan namanya, produk ini dikhususkan buat semua umat islam yang ingin menabung buat berangkat haji. Setoran awal simpanan ini minimal adalah Rp 500.000,- dengan setoran selanjutnya minimum Rp 5.000,-.

Anda bisa mendapatkan ATM, layanan internet banking, dan SMS banking.

BNI Dollar

Ada 3 mata uang yang bisa Anda simpan melalui Bank BNI, yakni AUD, SGD, dan USD. Setoran awal minimumnya adalah 100 untuk masing-masing mata uang yang dipilih.

Nasabah akan diberikan fasilitas berupa buku tabungan dan kartu ATM BNI Valas. Selain itu, nasabah juga bisa menikmati internet banking dan menggunakan dana di tabungannya sebagai pinjaman pengajuan kredit.

Simpanan Pelajar / Simpel BNI

Simpel ini tidak hanya ada di bank negara Indonesia, tetapi juga di bank yang ada di Indonesia lainnya. Produk ini dibuat untuk membuat kesadaran dan hobi menabung sejak dini. Khusus untuk pelajar PAUD, TK, SD, SMP, SMA (sederajat).

Nasabah akan mendapatkan fasilitas SMS banking, ATM, dan buku tabungan. Untuk membukanya, cukup menyediakan dana minimum Rp 5.000,- sebagai setoran awal.

BNI Tabunganku

Kalau simpel untuk para pelajar, Tabunganku bisa dibuka oleh nasabah dewasa dengan setoran awal yang sangat kecil, yakni Rp 20.000,- saja.

Tidak ada ATM untuk jenis tabungan BNI ini. Bila nasabah butuh menarik dana, mereka harus mengambil langsung melalui teller di cabang.

BNI Simponi

Ini adalah layanan program pensiun dari perbankan satu ini. Yang menarik dari produk ini adalah seluruh lapisan masyarakat dari berbagai profesi bisa mengikuti program ini.

BNI Deposito

Sesuai dengan namanya, ini adalah tabungan berjangka yang bisa dicairkan sesuai dengan tempo yang diambil. Anda bisa memilih 1, 3, 6, 12, atau 24 bulan sebagai temponya.

Selain bisa dibuka dalam mata uang rupiah, Anda juga bisa deposito dengan mata uang lain seperti AUD, GBP, USD, JPY, HKD, SGD, dan EUR. Khusus untuk rupiah, minimalnya Rp 10.000.000,-.

Buka rekening BNI online mudah

Bila Anda ingin membuka rekening secara online, maka perlu diketahui bahwa ini hanya bisa dilakukan untuk jenis tabungan BNI Taplus dan Taplus Muda saja. Untuk jenis simpanan lain, silakan datang ke cabang terdekat.

Buka rekening BNI online mudah

Berikut ini adalah langkah pembukaan rekening online BNI yang mudah:

  1. Pakailah android yang memiliki kamera depan agar bisa digunakan untuk video banking.
  2. Pastikan pulsa cukup untuk menerima SMS kode OTP.
  3. Download aplikasi BNI Mobile Banking di Play Store.
  4. Pilih menu Buka rekening BNI. Jika Anda baru pertama kali buka rekening, silakan klik Buka Rekening BNI. Kalau sudah punya rekening sebelumnya, silakan pilih Rekeningku kemudian klik Pembukaan Rekening.
  5. Selanjutnya, Anda akan mengarah ke BNI Pembukaan Rekening Digital.
  6. Siapkan KTP dan NPWP dan ikuti seluruh prosesnya melalui video banking dengan tim call center dari pihak bank.
  7. Jika prosesnya selesai, Anda akan dapat nomor rekening dan debit virtual.
  8. Silakan aktivasi akun mobile banking untuk mulai bertransaksi dengan mudah.

Cara pengecekan mutasi rekening BNI tanpa harus ke Bank

Kesibukan kadang membuat kita tidak bisa datang ke bank untuk mencetak buku tabungan dan mengetahui histori transaksi.

Masalahnya, tidak semua orang punya fasilitas e-banking sehingga cukup sulit untuk mendapatkan informasi tentang transaksi harian dan bulanannya.

Solusinya, Anda bisa mengecek riwayat transaksi melalui mutaeasy.com. Semua transaksi yang dilakukan di sini aman dan bisa dilakukan dengan cepat.

Tidak hanya BNI, Anda bisa melakukan pengecekan untuk perbankan lain, termasuk cetak rekening koran Mandiri.

Bila Anda memilih rekening BNI lebih dari satu pun bisa dicek dalam waktu yang sama dengan satu dua kali klik. Sifatnya solutif buat para pengusaha atau pemilik bisnis.

Demikian informasi jenis tabungan BNI, cara buka rekening, dan mengecek mutasinya yang mudah. Jangan lupa untuk tetap teliti menggunakan fasilitas offline dan online agar transaksi Anda selalu aman.