Select Page

Ketahui jam offline BCA, BRI, Mandiri, dan bank lainnya di Indonesia agar bisa bertransaksi dengan lancar tanpa ada yang pending.

Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu lagi saat hendak mengirimkan dana, melakukan pembayaran, atau transaksi-transaksi keuangan lainnya.

Jam offline yang dimaksud di sini di antaranya adalah jadwal buka kantor cabang hingga waktu offline dan online dari layanan internet banking yang notabene bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Pada kesempatan ini, kami akan membahasnya secara detail, selamat menyimak.

Jam Operasional Bank BRI, BCA, Mandiri, dan Perbankan Lainnya

Sebagaimana diketahui, salah satu cara paling mudah yang bisa ditempuh nasabah untuk bertransaksi perbankan adalah dengan mendatangi kantor cabang terdekat dari bank tersebut.

Jam Operasional Bank BRI, BCA, Mandiri, dan Perbankan Lainnya

Oleh karena itu, penting buat seluruh nasabah untuk tahu bank buka jam berapa. Mulai dari bank yang Anda punya rekeningnya, sampai bank lain yang tidak dimiliki rekeningnya.

Pasalnya, kadang Anda mungkin perlu sewaktu-waktu saat butuh setor atau transfer ke rekening orang lain yang tidak sama dengan rekening Anda sendiri.

Nah, perlu diketahui bahwa secara umum jam operasional bank BRI sama dengan BCA, Mandiri, dan perbankan lain. Yakni mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 sesuai dengan zona waktu daerah masing-masing. Bisa WIB, WIT, atau WITA. Tinggal disesuaikan saja.

Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan jam operasional umum ini berubah. Misalnya saja saat bulan puasa atau adanya PPKM akibat kasus covid-19. Lebih jelas mengenai jadwal masing-masing perbankan, berikut ini informasinya:

BRI

Hari kerja efektifnya adalah Senin sampai Jumat. Namun kadang ada beberapa unit yang buka di hari Sabtu atau Minggu. Contohnya yang ada di pusat perbelanjaan.

Untuk jam kerjanya, mulai pukul 8 pagi sampai 3 sore di hari Senin sampai Jumat. Bank ini menetapkan istirahat pada pukul 12.00 sampai 13.00 pada hari Senin sampai Kamis. Sementara hari Jumatnya, istirahat ditetapkan pada pukul 11.30 sampai 13.00.

Khusus untuk Ramadhan, biasanya 14.30 WIB, BRI sudah tutup. Selain itu, operasional pada saat PPKM adalah dari jam 8 pagi sampai 2 siang saja.

BCA

Sama dengan BRI, hari kerjanya juga antara Senin sampai Jumat dengan kondisi unit khusus buka di hari Sabtu atau Minggu.

Jam Operasional Bank BRI, BCA, Mandiri, dan Perbankan Lainnya - BCA

Jam kerjanya dari pukul 8 pagi sampai 3 sore untuk hari Senin – Jumat. Khusus untuk yang buka di hari Sabtu dan Minggu, jam kerjanya dari pukul 10 pagi sampai 3 sore.

Jam istirahat bank BCA sama dengan BRI. Sementara pada saat PPKM, operasionalnya berubah mulai dari 8 pagi sampai 2 siang tergantung zonanya.

Mandiri

Secara umum, Bank Mandiri memiliki jadwal yang sama persis dengan bank BCA. Mulai dari hari kerja, jam kerja, hingga jam istirahatnya.

Khusus untuk jadwal operasional bank Mandiri pada saat PPKM, Anda bisa datang pada jam 9 pagi sampai 3 sore tergantung zonanya.

BNI

Bank BNI hanya buka di hari Senin sampai Jumat mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore. Meski begitu, sebagian kantor BNI juga ada yang tutup di jam 3 sore. Jadi, pastikan Anda tahu BNI di daerah Anda tutup jam berapa. Atau kalau mau lebih aman, datanglah ke kantor sebelum jam 3 sore.

Jam istirahat BNI mulai pukul 12 siang sampai 1 siang pada hari Senin – Kamis. Untuk hari Jumat, istirahatnya mulai jam 11.30 sampai 13.00.

Pada saat PPKM, bank BNI menetapkan jadwal 09.00 – 15.00 untuk daerah zona merah. Sementara zona non merah memiliki jadwal normal (08.00 – 15.00).

BTN

Dalam kondisi normal, BTN buka dari pukul 08.00 dan tutup pada 15.00. Sementara pada saat PPKM, bukanya mundur di jam 09.00 dengan jam tutup yang sama (untuk daerah zona merah). Khusus untuk zona non merah, jam bukanya sama dengan jam buka normal.

Itulah beberapa informasi jadwal operasional dari masing-masing bank di Indonesia. Agar lebih aman dan tidak terkena jam offline BCA, Mandiri, BRI, dan yang lainnya, silakan datang ke cabang lebih awal.

Sebab, jadwal di atas bisa berubah sewaktu-waktu dan biasanya masih dikondisikan dengan kondisi di lapangan, apakah cabangnya sedang ramai antrean atau tidak.

Jam Offline BCA, BRI, Mandiri, dan Perbankan Lain untuk Internet Banking

Internet banking merupakan salah satu layanan yang diklaim bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Meski begitu, perlu Anda tahu bahwa terdapat jam offline pada layanan ini. Saat Anda bertransaksi di jam offline, maka transaksinya akan pending.

Jam Offline BCA, BRI, Mandiri, dan Perbankan Lain untuk Internet Banking

Untuk itu, agar lebih aman, jangan lakukan transaksi di jam offline BCA, Mandiri, BCA, atau yang lainnya. Sebaliknya, lakukan transaksinya di jam online sehingga lebih aman karena bersifat otomatis.

Berikut ini informasi waktu offline beberapa perbankan di Indonesia:

Bank BCA

Buat para nasabah BCA yang menggunakan layanan internet banking untuk bertransaksi, perlu diketahui bahwa BCA memberlakukan jam offline untuk internet banking dengan detail sebagai berikut:

  • Hari Senin – Jumat, offline pada pukul 21.00 sampai 00.00 WIB.
  • Hari Sabtu, offline pada pukul 18.00 sampai 20.00 WIB. Kemudian, jam 21.00 sampai 23.00 WIB.
  • Minggu, offline-nya pada jam 00.00 sampai maksimal pada jam 06.00 WIB.

Alasan terjadinya jam offline BCA ini adalah karena bank perlu melakukan end of day (eod) pada proses transaksi di sistem IT. Maka dari itu, transaksi yang dilakukan pada saat offline akan dipending sampai online kembali.

Anda tentu sering melihat laporan pengiriman dana yang ada tulisan PEND di bagian mutasi rekening BCA. Ada kemungkinan hal ini menjadi penanda bahwa transaksinya masih dipending.

Bank Mandiri

Selain bank BCA, perbankan lain yang menerapkan sistem offline adalah Mandiri. Maka dari itu, selain harus tahu limit transfer Mandiri, Anda juga perlu tahu jadwal offline-nya supaya tidak salah pilih waktu saat hendak mengirimkan dana.

Waktu offline dari bank Mandiri untuk layanan internet banking adalah:

  • Senin sampai Jumat dari pukul 23.00 sampai 04.00 WIB.
  • Sabtu sampai Minggu dari pukul 21.00 sampai 05.00 WIB.

Setelah mengetahui jadwal di atas, maka kami sarankan kepada Anda untuk melakukan transaksi khususnya transfer dana pada jam online-nya saja. Yakni selain jam yang kami sebutkan di atas.

Pasalnya, jika memaksakan diri bertransaksi di waktu offline, akan ada beberapa hal yang mungkin terjadi. Misalnya, saldo Anda berkurang tapi dana belum sampai kepada penerima sehingga penerima mungkin akan protes.

Selain itu, hal lain yang dapat terjadi adalah eror transfer sampai lebih dari satu kali. Tentu ini sangat merugikan karena bisa mengurangi saldo tabungan.

Perbankan lainnya

Berbeda dengan dua bank di atas, perbankan lain seperti Bank BRI, Danamon, BNI, CIMB Niaga, BTN, dan yang lainnya secara umum online selama 24 jam. Meski begitu, agar tetap aman lakukanlah transaksi di siang hari saja.

Demikian informasi tentang jam offline BCA, BRI, Mandiri, BTN, dan BNI. Sebagai solusi alternatif, jika Anda ingin mentransfer sewaktu-waktu, ATM merupakan pilihan yang bisa diambil karena online selama 24 jam.

Sumber:

Money.kompas.com. https://money.kompas.com/read/2021/07/02/063350826/jadwal-jam-buka-bank-selama-ppkm-bni-bri-btn-mandiri-dan-bca

Btn.co.id. https://www.btn.co.id/id/Conventional/Informasi-yang-Anda-Butuhkan-Saat-Ini/Info/Perubahan-Waktu-Layanan-Nasabah