Select Page

Kini cara setor tunai di ATM BCA bisa dilakukan baik dengan kartu maupun tanpa kartu. Tak perlu antre di teller dan tidak perlu juga khawatir kalau pas lupa tidak bawa dompet.

Anda bisa tetap menabung dan menyetorkan uang dengan mudah. BCA memang top.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lengkap mengenai penyetoran uang tunai melalui mesin ATM BCA. Kami akan mulai membahas limit, penyetoran ke rekening sendiri, hingga cara setor tanpa menggunakan kartu.

Untuk lebih memahaminya, silakan simak ulasan di bawah ini.

Limit setor tunai BCA dan kondisinya

Seluruh nasabah Bank Central Asia yang hendak melakukan penyetoran uang secara tunai melalui mesin harus mengerti ketentuannya. Ketentuan ini berupa limit maksimal yang bisa ditransfer dan pecahan uang yang bisa dimasukkan.

f Limit setor tunai BCA dan kondisinya

Berikut ini adalah hal yang perlu Anda tahu soal limit, pecahan uang, dan hal-hal lain sebelum melakukan penyetoran uang secara tunai melalui mesin:

Jumlah setor tunai BCA maksimal

Untuk diketahui, per tahun 2015, secara umum penyetoran tunai di ATM BCA sudah meningkat jumlahnya menjadi Rp 15.000.000,- per hari untuk satu kartu. Sebelumnya, nasabah hanya bisa melakukan setoran tunai maksimal Rp 10.000.000,- juta per hari untuk satu kartu.

Agar lebih yakin soal limit, kenali dengan baik jenis tabungan BCA Anda dan silakan sesuaikan dengan fitur yang tersedia pada jenis tabungan tersebut.

Anda juga bisa cek khusus limit setoran tunai secara lengkap langsung di laman resminya untuk mengetahui secara detail.

Pecahan uang yang diterima oleh mesin

Agar proses setoran tunai bisa berjalan dengan lancar, Anda harus memastikan bahwa pecahan atau nominal uangnya sesuai. ATM BCA hanya bisa dipakai untuk setoran uang dengan nominal Rp 50.000,- dan Rp 100.000,-.

Anda bisa menggunakan pecahan Rp 50.000,- saja atau Rp 100.000,- saja. Anda juga bisa menggabungkan keduanya.

Jumlah maksimal lembar yang diterima

Perlu diketahui bahwa dalam sekali transaksi setoran tunai, mesin hanya bisa menerima maksimal 50 lembar uang. Tidak peduli pecahan apa yang dimasukkan.

Kalau Anda memasukkan uang Rp 50.000,- sebanyak 50 lembar, berarti setoran tunai Anda adalah Rp 2.500.000,-. Jika Anda memasukkan pecahan Rp 100.000,- sebanyak 50 lembar, berarti setoran tunainya Rp 5.000.000,-.

Bila Anda menggabungkan kedua pecahan (maksimal 50), maka jumlahnya tinggal disesuaikan berdasarkan kombinasi penggabungannya.

Kalau ingin menyetor nominal yang lebih banyak, proses penyetoran bisa diulang. Yang jelas, sekali setoran tunai maksimal pecahan uang yang dimasukkan adalah 50 lembar.

Kondisi uang

Sebelum memasukkan uang ke dalam mesin, hendaknya perhatikan dulu bagaimana kondisi uangnya. Pastikan kondisinya masih bagus, tidak terlipat, dan tidak terlalu lusuh.

Hal ini karena bila kondisi uang tidak terlalu bagus, mesin akan kesulitan mengenali dan menghitungnya. Akibatnya, dia akan mengeluarkannya kembali dan hanya menerima yang bagus saja.

Namun tak perlu khawatir jika uang yang Anda masukkan dikeluarkan oleh mesin. Sebab Anda bisa mengulang proses setor tunai di ATM BCA dan memasukkan uangnya lagi.

Cara setor tunai di ATM BCA (Rekening sendiri dan orang lain) – pakai kartu

Berikut ini adalah langkah mudah yang bisa dilakukan nasabah BCA untuk melakukan penyetoran secara tunai melalui mesin ke rekening sendiri:

Cara setor tunai di ATM BCA (Rekening sendiri dan orang lain) – pakai kartu

  1. Masuk ke gerai ATM.
  2. Masukkan kartu ATM ke mesin, pastikan bahwa posisinya sudah pas.
  3. Input PIN Anda dengan benar. Kalau salah sampai 3 kali, maka kartu bisa kena blokir.
  4. Tutup menggunakan tangan ketika Anda memasukkan PIN supaya lebih aman.
  5. Pilihlah menu “Setoran Tunai”.
  6. Masukkan uang yang sudah Anda siapkan pada kotak yang terbuka, pastikan kondisinya bagus dan jumlah maksimalnya 50 lembar.
  7. Mesin akan menghitung uang dan proses akan berjalan, silakan tunggu.
  8. Setelah uang terhitung dan diterima semua, layar ATM akan menampilkan jumlah uang yang disetor. Jika benar, silakan pilih “Setor”.
  9. Untuk menyetor ke rekening sendiri, silakan pilih “Rekening Anda”.
  10. Ketikkan nomor rekening Anda. Perhatikan layar untuk mengecek bahwa tidak ada kesalahan input.
  11. Jika sudah pasti tak ada kesalahan input, silakan pilih Benar.
  12. Tunggu bukti setoran keluar dari mesin.

Bila Anda menyetor uang ke rekening pribadi, biasanya akan muncul informasi tentang jumlah setoran dan saldo terbaru.

Cara setor tunai di ATM BCA ke rekening lain

Bila ingin menyetor ke rekening lain, silakan pilih “Rekening Lain” pada langkah kesembilan di atas. Selanjutnya, masukkan nomor rekening yang akan disetori.

Cek nomor rekening tujuan dengan benar. Bila sudah benar, silakan lanjutkan langkah sebagaimana tertulis di atas.

Cara setor tunai di ATM BCA tanpa kartu

BCA kini makin maju dalam hal pelayanan digital, salah satunya adalah kemudahan dalam melakukan setoran tanpa perlu menggunakan kartu. Layanan ini bisa dilakukan melalui aplikasi BCA Mobile yang bisa diunduh gratis pakai smartphone.

Cara setor tunai di ATM BCA tanpa kartu

Artinya, untuk bisa melakukan setoran lewat mesin ATM tanpa perlu bawa kartu adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasinya langsung ke HP Anda. Selanjutnya, Anda perlu mengaktifkan aplikasi tersebut. Mengoneksikannya dengan akun atau buku rekening Anda di Bank Central Asia.

Bila sudah, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi BCA mobile.
  2. Pilih menu Cardless yang ada di BCA mobile.
  3. Klik pada pilihan Setoran Tunai dan Setor.
  4. Masukkan nomor rekening yang dituju (boleh nomor rekening sendiri atau orang lain).
  5. Input PIN mBCA Anda kemudian dapatkan 6 digit kode transaksi.
  6. Bila kode transaksi sudah didapatkan, catatlah, dan silakan berangkat ke ATM terdekat.
  7. Masuk ke gerai ATM setoran tunai kemudian pilih transaksi tanpa kartu yang biasanya tertera di layar.
  8. Lanjutkan dengan input nomor HP BCA mobile (yang terdaftar) dan kode transaksi yang tadi sudah didapatkan.
  9. Setor atau masukkan uang ke dalam mesin ATM.
  10. Cek kembali jumlah yang Anda masukkan dengan nominal yang ditampilkan di layar.
  11. Bila keduanya sudah sinkron, silakan pilih Benar.
  12. Tunggu sampai buktinya muncul dan semua prosesnya selesai.

Bila Anda kesulitan untuk aktivasi BCA mobile, silakan datang ke cabang terdekat untuk mendapatkan bantuan. Dengan aplikasi ini, bertransaksi akan jauh lebih mudah.

Perlu diketahui bahwa transaksi tersebut hanya sebatas untuk satu rekening dengan kombinasi nomor HP yang sama. Untuk melakukan pengecekan rekening lain, Anda bisa tidak bisa melakukan dari pintu yang sama.

Sebagai solusinya, silakan manfaatkan fitur yang ditawarkan oleh Mutaeasy.com. Di sini, Anda bisa melakukan cek mutasi rekening untuk semua jenis perbankan. Tidak hanya BCA, Anda bisa mengecek mutasi rekening mandiri, BNI, BRI, dan yang lainnya.

Bila rekening BCA Anda berjumlah lebih dari satu, pengecekan transaksi pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Jadi, setelah melakukan langkah setor tunai di ATM BCA Anda bisa langsung mengecek histori rekening Anda di sini dengan cepat dan hemat waktu.

Pun saat penyetoran dilakukan pada rekening bank lain. Fitur dari Mutaeasy ini sangat bermanfaat bila mobilitas keuangan Anda tinggi dengan jumlah transaksi yang terus mengalir setiap hari. Selamat mencoba.