Select Page

Kini bermunculan sangat banyak aplikasi pinjaman online yang memberikan kemudahan akses kredit kepada masyarakat. Hanya bermodalkan KTP saja dalam beberapa menit dana akan masuk ke rekening.

Tren ini semakin berkembang dan diikuti oleh beragam perusahaan besar maupun kecil. Salah satunya ada Akulaku. Akulaku adalah aplikasi pinjaman online yang memudahkan penggunanya untuk melakukan pinjaman tanpa kartu kredit.

Dengan Akulaku maka seseorang mendapatkan kesempatan membeli beragam kebutuhannya sebelum gajian tiba. Akulaku saat ini telah diunduh sebanyak 10 juta kali. Ini menunjukan tingginya antusiasme masyarakat untuk menggunakan aplikasi Akulaku.

Cara Daftar Akun Akulaku dengan KTP

Cara Daftar Akun Akulaku dengan KTP

Jika saat ini anda tak tahu bagaimana cara mendaftar di Akulaku, berikut cara daftar di Akulaku:

1. Pendaftaran Akun

  1. Pertama, instal terlebih dahulu aplikasi Akulaku melalui Play Store (bagi pengguna Andoid) dan App Store (bagi pengguna iOS)
  2. Selanjutnya klik Personal lalu klik Login / Daftar
  3. Setelah itu masukan nomor HP. Nanti akan dilakukan verifikasi melalui SMS. Aplikasi akan bekerja sendiri kemudian klik selanjutnya.
  4. Terakhir masukan kata sandi lalu kllik kirim pendaftaran.

2. Mengisi Data Diri

Setelah mendaftar, selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi data diri. Pastikan data yang diisi benar.

  1. Isi form dengan nama lengkap
  2. Kemudian isi dengan email yang masih aktif.
  3. Selanjutnya isi dengan jenjang pendidikan terakhir anda.
  4. Lalu isi informasi keluarga yang meliputi status perkawinan, jumlah tanggungan dan nama ibu kandung.
  5. Terakhir anda diminta untuk mengisi alamat secara lengkap.

3. Kontak Darurat

Kontak darurat ini adalah kontak yang akan dihubungi oleh Akulaku apabila nomor anda tidak dapat dihubungi saat penagihan. Nomor kontak darurat yang anda cantumkan bisa siapapun baik itu keluarga, kerabat, atau orang tua. Kontak ini pula yang akan menjadi jaminan.

  1. Pilih hubungan dengan kontak darurat.
  2. Klik gunakan kontak untuk mencari nomor HP orang yang hendak anda jadikan nomor kontak darurat.
  3. Kemudian klik selanjutnya.

4. Informasi Pekerjaan

Pihak Akulaku tak sembarangan dalam memilih calon debitur, mereka akan melakukan seleksi berdasarkan informasi pekerjaan untuk menentukan kelayakan calon debitur.

  1. 1. Isi bidang pekerjaan anda (terdapat pilihan: karyawan, pengusaha, PNS, atau BUMN) pilihan lainnya adalah Pelajar, Pekerja Lepas, dan Lainnya. Namun pilihan pelajar, pekerja lepas, dan lainnya tak akan menampilkan pendapatan bulanan. Jika memilih pilihan tersebut maka pengajuan kredit dapat gagal.

Oleh sebab itu apabila anda adalah seorang pelajar, mahasiswa, pekerja lepas maka dapat mengisinya dengan Pengusaha lalu isi dengan pendapatan bulanan anda. Pilihan ini lebih berpeluang untuk di-approve Akulaku.

  • Lalu isi dengan Pengalaman kerja, bidang usaha, dan pendapatan bulanan anda.
  • Isi dengan nama perusahaan di komol pencari. Jika perusahaan anda tak muncul ataupun belum terdaftar maka tulislah saja di kolomp pencarian secara lengkap kemudian klik bagian bawahnya.

5. Upload foto KTP dan Selfie Bersama KTP

Selanjutnya anda akan diminta untuk mengupload foto KTP lalu kemudian berselfie bersama KTP untuk memastikan bahwa anda sendiri yang melakukan peminjaman tersebut. Pastikan foto yang diupload adalah foto yang kualitasnya bagus, tidak buram, terbaca, dan jelas.

Jika anda memfoto dengan tepat maka nantinya nomor NIK otomatis akan muncul. Cek kembali apakah nomor NIK nya sudah tepat atau belum.

6. Hubungkan Akun dengan BPJS Ketenagakerjaan atau Facebook

Selanjutnya adalah menghubungkan dengan BPJS Ketenagakerajaan jika ada. Jikapun tidak ada maka bisa menghubungkan dengan akun Facebook yang anda miliki. Pastikan bahwa nama di Facebook sudah sesuai dengan nama aslinya.

7. Verifikasi Suara

Verifikasi suara dilakukan dengan cara membacakan angka yang muncul di layar ponsel sambil terekam oleh aplikasi Akulaku. Ini dilakukan sebanyak dua kali. Agar berhasil, bacakan nomor secara perlahan.

Selesai

Setelah melewati tahap diatas, anda sudah berhasil mendaftar ke Akulaku tanpa menggunakan NPWP dan BPJS Ketenagakerjaan. Namun anda tak dapat langsung menggunakan layanan yang ada di aplikasi Akulaku sebab butuh dilakukan verifikasi terhadap data anda oleh pihak Akulaku.

Proses ini dapat memakan waktu 24 jam. Selama masa verifikasi ini pastikan nomor HP anda aktif demikian juga nomor kontak darurat anda.

Penyebab Gagal Daftar Akulaku

Tak jarang orang menemui kegagalan dalam mendaftar Akulaku, mengapa hal itu dapat terjadi. Setidaknya ada beberapa sebab utama hal tersebut dapat terjadi diantaranya sebagai berikut:

1. Data yang Diisi Tidak Benar

Hal yang sangat umum terjadi adalah pendaftar mengisi dengan data yang tidak benar. Pihak Akulaku sendiri melakukan pengecekan dan pencocokan antara satu data dengan data yang lain sehingga saat ada perbedaan isian data maka pendaftaran akan gagal.

Selain itu mungkin data yang diisi tidak benar disebabkan oleh kesalahan dalam mengetik. Data yang cukup sensitif terhadap perbedaan huruf atau angka seperti nomor HP, nomor KTP, nama ibu kandung dan lain sebagainya.

Terakhir kesalahan isian dapat terjadi karena salah paham terhadap data yang diminta. Apa yang diisi bukanlah data yang diminta. Ini menyebakan kegagalan saat melakukan pendaftaran. Oleh sebab itu sebaiknya telitilah terlebih dahulu sebelum mengisi form. Jika ada yang kurang dipahami, tanyalah orang lain, atau mencarinya di Google terlebih dahulu.

2. Nomor Kontak Darurat Tidak Sesuai

Nomor kontak darurat adalah nomor orang yang dekat dengan anda sehingga apabila terjadi sesuatu pada anda, nomor darurat dapat dihubungi. Nomor darurat juga digunakan oleh Akulaku untuk melakukan penagihan apabila telat bayar. Ini membuat sebagian orang takut untuk mengisi nomor kontak darurat dengan benar.

Padahal nomor kontak darurat akan dicek oleh Akulaku apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum maka akun anda akan ditolak. Oleh sebab itu isilah kontak darurat dengan tepat jika ingin akun anda di-approve.

3. Pekerjaan Tidak Sesuai

Salah satu faktor utama diterima atau tidaknya pendaftaran seseorang oleh Akulaku adalah bagaimana mereka mengisi bagian pekerjaan. Pekerjaan adalah aspek yang paling penting sehingga banyak orang mengakali bagian ini dengan mengisi dengan data yang bukan sebenarnya. Sialnya, pihak Akulaku dapat mengetahuinya. jika anda ingin mengisi dengan data yang bukan sebenarnya, pastikan bahwa anda cukup meyakinkan saat mengisi dengan data yang mendukung pekerjaan anda.

4. Bukan Mengguanakan KTP Elektronik

KTP terbaru adalah KTP Elektronik yang masa berlakunya seumur hidup. Jika anda menggunakan KTP lama maka siap-siap anda akan ditolak oleh Akulaku.

Penutup

Akulaku adalah salah satu aplikasi peminjaman yang sangat populer dan salah satu aplikasi terbaik yang dapat anda gunakan. Namun mendaftar di Akulaku tidaklah mudah sebab ada cukup banyak form yang perlu diisi saat mendaftar. Ini berbanding terbalik dengan aplikasi pinjaman online lainnya.

Hal tersebut dilakukan oleh Akulaku untuk mematikan calon debitur yang terdaftar memang sanggup untuk membayar. Jika anda berhasil terdafar maka anda akan mendapatkan layanan yang sangat memuaskan dari Akulaku.