Select Page

Jangan sampai disalahgunakan orang, segera lakukan cara blokir ATM BRI saat hilang atau tertelan. Anda bisa menghubungi call center, datang ke kantor cabang terdekat, atau melakukannya sendiri secara online.

Kini, ada banyak pilihan cara yang dapat dilakukan nasabah bank BRI yang ingin memblokir kartu ATM-nya. Caranya ada yang manual, ada pula yang praktis karena cukup memakai smartphone pribadi.

Fasilitas ini tentu akan makin memudahkan para nasabah yang kehilangan kartu debit. Sebab bagaimanapun, sangat wajar bila seseorang akan langsung panik saat tahu kartunya hilang.

Apalagi jika momen hilangnya kartu ini bersama dengan dokumen lain karena berada dalam satu dompet. Tentu saja, hal ini akan membuat pemiliknya was-was, khawatir, dan tak sedikit orang yang bingung harus bagaimana.

Dengan adanya fasilitas di atas, nasabah bisa jauh lebih lega karena tabungannya akan aman meski kartu debitnya hilang.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas fasilitas-fasilitas yang dapat dipakai untuk memblokir ATM BRI saat hilang, tertelan, atau sebab lainnya. Selamat menyimak sampai selesai.

Cara blokir ATM BRI call center

Langkah tercepat yang bisa Anda lakukan pada saat debit card hilang adalah dengan menghubungi call center. Biasanya nomor call center ini selalu tertulis di mesin ATM. Nomornya adalah 14017 atau 021.1500017.

 Cara blokir ATM BRI call center

Pada saat menghubungi nomor tersebut, Anda mungkin akan diminta antre dulu sampai ada call center yang bisa melayani.

Bersabarlah dan pastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan panggilan sehingga tidak terputus di tengah-tengah.

Setelah terhubung dengan CS, silakan sampaikan bahwa Anda ingin memblokir kartu ATM. Pihak CS biasanya akan meminta beberapa data untuk konfirmasi. Misalnya adalah saldo terakhir, nomor rekening, tempat pembuatan rekening pertama kali, nama ibu kandung, dll.

Konfirmasi data ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan apabila ada oknum yang mau memblokir ATM yang bukan atas namanya sendiri untuk kepentingan pribadi.

Setelah seluruh data sesuai, maka barulah kartu ATM akan diblokir by system. Itu berarti jika kartu debit ditemukan orang lain, mereka tidak bisa menggunakannya meski tahu PIN ATM tersebut.

Cara blokir ATM BRI yang tertelan atau hilang lewat kantor cabang BRI terdekat

Selain bisa lewat call center, Anda juga bisa datang ke kantor cabang terdekat untuk melakukan pemblokiran. Tak perlu ke kantor cabang pembuatan rekening sebab BRI kini sudah online.

 Jadi, lakukan cara di bawah ini untuk memblokir kartu lewat kantor cabang bank BRI:

  1. Siapkan buku tabungan dan kartu identitas diri.
  2. Masuk ke kantor cabang dan mengambil nomor antrean ke customer service.
  3. Tunggu sebentar hingga dipanggil.
  4. Majulah saat sudah tiba giliran dan sampaikan apa yang menjadi kendala Anda.
  5. Asalkan ada KTP dan buku rekening yang namanya sama, biasanya prosesnya akan cepat.

Dengan cara ini, Anda juga bisa sekalian mengambil uang melalui teller. Sebab kadang ATM yang hilang membuat nasabah tidak bisa bertransaksi cepat pakai kartu debit. Akibatnya, keuangan jadi agak terganggu.

Cara memblokir kartu ATM BRI menggunakan BRI mobile

Untuk memanfaatkan cara blokir ATM BRI yang ketiga ini, Anda harus download aplikasinya di Play store atau App Store. Kemudian mendaftarkan diri dulu di ATM. Registrasinya sama dengan cara daftar SMS banking BRI.

Cara memblokir kartu ATM BRI menggunakan BRI mobile

Jika sudah terdaftar, silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BRI mobile yang ada di HP atau smartphone Anda.
  2. Klik menu Mobile Banking BRI.
  3. Cari dan klik menu Pelayanan Nasabah. Letaknya di bagian bawah.
  4. Pilih menu Enable / Disable
  5. Kemudian input PIN BRI mobile.
  6. Anda akan menerima SMS otomatis yang isinya adalah bahwa kartu ATM telah berhasil diblokir.

Cara membuka blokir ATM BRI tanpa ke bank melalui BRI mobile

Jika suatu saat kartu ATM-nya ketemu, maka Anda bisa buka blokir dengan melakukan langkah yang sama. Bedanya, saat terblokir berarti kartu Anda terdisable. Saat buka blokir berarti debit card tersebut di-enable.

Cara ini jelas akan sangat memudahkan para nasabah karena bisa tutup dan buka blokir hanya dari HP.

2 Cara memblokir kartu ATM BRI lewat internet banking

Internet banking juga jadi salah satu tempat yang bisa dipakai untuk memblokir debit card BRI secara online. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi dan situs. Berikut penjelasan detailnya:

Cara memblokir ATM via web internet banking

Jika Anda memakai PC, maka cara termudah untuk memblokir kartu adalah lewat situs internet banking BRI, berikut ini langkahnya:

  1. Kunjungi ib.bri.co.id melalui browser yang ada di laptop. Misalnya Mozilla firefox.
  2. Masukkan user ID, password, dan nomor validasinya.
  3. Bila sudah berhasil login, klik menu Layanan Nasabah.
  4. Klik menu Disable dan Enable.
  5. Bila sudah masuk, silakan masukkan password internet banking dengan benar.
  6. Klik OK untuk konfirmasi.
  7. ATM sudah berhasil diblokir.

Jika ingin membukanya, silakan ulangi langkah di atas.

Cara blokir ATM BRI via aplikasi internet banking

Selain dapat diakses dari situs, kini Anda juga bisa mengakses internet banking BRI melalui aplikasi yang ada di smartphone. Fasilitas ini menyatu di aplikasi BRI mobile. Dia punya sub menu sendiri, yakni BRI internet banking.

Cara blokir ATM BRI via aplikasi internet banking

Untuk melakukan pemblokiran ATM melalui aplikasi ini, silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BRI mobile yang ada di HP.
  2. Pilih menu BRI Internet Banking.
  3. Masukkan user ID dan password.
  4. Pilih menu Pelayanan.
  5. Jika sudah masuk, klik pilihan Disable Enable Kartu.
  6. Pilih nomor rekening yang akan diblokir (disable).
  7. Masukkan password ibank BRI untuk konfirmasi terakhir kali.
  8. Jika sudah benar, klik OK.

Dengan layanan ini, Anda pun bisa membuka blokir tanpa langsung ke bank. Simpel dan mudah.

Namun, perlu diketahui bahwa layanan ini hanya berlaku jika Anda sudah mendaftarkan diri di layanan internet banking. Kalau belum, semuanya tidak bisa dilakukan.

Cara buka blokir ATM di kantor cabang terdekat

Karena tidak semua nasabah sudah mengaktifkan layanan BRI mobile dan internet banking, maka tidak semuanya bisa membuka blokir secara langsung. Mereka perlu berangkat ke kantor cabang terdekat untuk menerima bantuan dari customer service.

Jika Anda juga belum mengaktifkan layanan e-banking ini, silakan datang ke CS di kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu identitas, dan surat kehilangan dari kepolisian.

Selanjutnya, ambil antrean ke CS untuk melakukan pembuatan kartu baru. Anda akan diminta mengisi form khusus pembuatan ATM karena hilang atau rusak. Jadi silakan diisi dengan baik.

Jika sudah dipanggil ke depan, maka sampaikan kebutuhan Anda dengan runut. Petugas akan membantu dengan sigap dan cepat.

Untuk mengganti kartu ini biasanya ada biaya penggantiannya, tergantung jenis tabungan BRI yang Anda ambil dan jenis ATM-nya. Kisaran biayanya dari Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,-.

Tips mengamankan dana saat ATM hilang

Ketika ATM hilang, Anda jangan sampai terlalu panik. Pastikan tenang dan terus cek saldo terakhir dan mutasinya di mutaeasy.com. Lewat situs ini, Anda bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan menyeluruh.

Semua data dipaparkan dengan instan sehingga pemilik rekening bisa yakin bahwa dananya tidak bocor pada saat ATM-nya tertelan, rusak, atau hilang.

Begitulah cara blokir ATM BRI yang mudah dalam berbagai cara. Selamat mencoba dan semoga beruntung.